in

7 Cara Merawat Aglonema Mudah dan Efektif

(Foto: istockphoto/ dropStock)

Cara Merawat Aglonema – Untuk kamu yang suka budidaya tanaman hias atau sedang iseng dengan kegiatan menanam aglonema, kenali dahulu langkah menjaga aglonema secara baik serta pas.

Tentunya dengan perawatan yang pas bisa memuluskan perkembangan serta perubahan aglonema dengan cara optimal dalam proses budidaya.

Karena, belakangan ini tanaman hias seperti aglonema seakan jadi trend serta kekuatan usaha yang memberikan keuntungan ditengah-tengah waktu epidemi virus corona (Covid-19). Ditambah harga aglonema juga tidak termasuk murah.

Asal mula Aglonema

Aglaonema atau aglonema satu diantara spesies tanaman hias yang gampang hidup di wilayah subtropis sampai tropis.

Mencuplik Planet House Plants, aglonema berasal serta tumbuh liar di rimba hujan Asia Tenggara, yang banyak diketemukan di Thailand, Indonesia, serta Malaysia. Nama Aglonema dicukil dari Bahasa Yunani Kuno yang bermakna ‘tanaman mengilap’.

Tanaman aglonema di Indonesia sering dikatakan sebagai ‘sri rezeki’. Sesuai nama lokalnya, tanaman ini dipercayai sanggup memberi energi positif untuk datangkan rezeki.

Tanaman yang ini jadi salah satunya flora yang diputuskan oleh NASA untuk tanaman yang efisien hilangkan polutan rumah tangga, seperti formaldehida serta benzena yang berada di udara.

Aglonema memang mempunyai banyak varietas, hingga berkesan ‘pasaran’ di Indonesia. Tetapi siapa kira harga aglonema dari mulai bibit aglonema widuri dibandrol dari mulai Rp150 ribu sampai Rp1,5 juta.

Penetapan harga aglonema sering dilandaskan pada banyaknya daun.

Panduan serta Langkah Menjaga Aglonema
Walau tanaman ini mempunyai karakter yang gampang tumbuh, tetapi untuk mengoptimalkan proses perubahan serta perkembangannya, pemilik masih membutuhkan segudang panduan yang harus dijalani.

Merilis Joy Us Garden, minimal ada tujuh langkah menjaga Aglaonema yang bisa diterapkan dengan cara mandiri. Beberapa cara ini minimal benar-benar bermanfaat buat aktor budidaya tanaman hias aglonema supaya hasil budidayanya tumbuh secara baik, hingga membuahkan nilai daya jual yang tinggi.

7 Cara Merawat Aglonema Mudah dan Efektif

1. Jauhi Paparan Cahaya Matahari Langsung

Aglaonema memang termasuk tanaman hias tidak manja, walau begitu tanaman ini rupanya akan tumbuh lebih bagus bila tidak dengan cara langsung contact dengan matahari.

Cahaya matahari yang cukup ialah kata kunci sukses menanam tanaman hias aglonema. Masalahnya contact matahari dengan cara bisa langsung membuat warna daun menjadi berubah kuning serta layu.

Varietas aglonema yang bermacam mempunyai karakter tingkat kepekaannya pada cahaya matahari. Ada yang menyukai tumbuh dalam tempat remang-remang seperti Aglaonema Nitidum, ada juga yang menyukai hidup dalam tempat jelas untuk mengoptimalkan warna daunnya, seperti Aglaonema Suzy.

2. Jauhi Temperatur Rendah atau Dingin

Merilis Plant Care Today, tanaman ini cuman mempunyai toleransi rendah pada temperatur yang dingin. Tanaman ini tidak menyenangi tumbuh dalam temperatur udara di bawah 16 derajat Celcius.

Oleh karenanya, tetap upayakan untuk memberinya kenyamanan serta kelembapan udara yang bagus walau Aglonema ditanam serta diletakkan di ruang.

3. Jangan Begitu Seringkali Disiram

Tanaman yang ini benar-benar sangat mudah tumbuh, hingga tidak perlu ribet dengan permasalahan konsumsi air. Pemilik harus pastikan tersedianya nutrisi serta airnya cukup semasa musim kering, dengan menyirami Aglaonema dua sampai 3x dalam seminggu.

Tetapi bila musim penghujan atau musim dingin datang. Pemilik harus kurangi konsumsi air, dengan cuman menyirami air satu sampai dua barangkali dalam seminggu.

Disamping itu, pakai air bersih untuk menyirami sisi tanaman serta basahi daunnya untuk memandikannya dari debu kotor sampai bakteri.

4. Mengatur Kelembapan Tanaman

Aglonema memerlukan perhatian pada kelembapan udara sekelilingnya. Begitu kering akan membuatnya tidak fresh, tetapi begitu basah justru akan jadikan akarnya busuk.

Oleh karenanya, akali dengan memberi kerikil di atas tanahnya. Selanjutnya siram dengan teratur serta beri perputaran udara pada tanaman lewat lubang pada pot atau wadah tanam aglonema.

5. Berikan Pupuk

Pupuk tidak hanya penting untuk tanaman buah, dan juga tanaman hias seperti aglonema. Tekankan konsumsi vitaminnya tetap terpenuhi dengan rajin memberikan pupuk. Pupuk alami seperti pupuk kompos makin menyuburkan tanaman yang ini.

Walau begitu, jauhi pemberian pupuk yang berlebihan, karena bisa mengganggu salah satunya proses perkembangbiakannya.

6. Pakai Tanah Organik

Tanah organik benar-benar dianjurkan menjadi media tanam aglonema. Tanah yang dari tersisa tumbuhan, hewan, serta manusia baik yang sudah alami dekomposisi lanjut atau yang mengalami proses dekomposisi bisa membuat tanaman cepat tumbuh subur serta sehat.

Disamping itu, kerjakan penelusuran teratur pada kualitas tanah. Jika situasi tanah sudah menggumpal, kering atau begitu basah, karena itu tukar dengan tanah yang baru.

7. Hancurkan Hama dengan cara Teratur

Pemilik harus pastikan situasi daun serta tangkai bebas dari hama-hama yang bisa mengganggu serta menghancurkan perkembangan aglonema. Beberapa salah satunya seperti laba-laba, kutu, tungau, sampai ulat bulu.

Semprotkan sedikit pestisida untuk menyingkirkan makhluk kecil yang bisa membuat aglaonema layu serta mati.

Nah, ke-7 langkah menjaga aglonema yang sudah dibahas, mudah-mudahan menjadi bahan rujukan sebelum Anda mengawali kegiatan hebat bertanam tanaman hias aglonema ini.

Rekomendasi