in

A, B, dan C mula-mula bersama-sama pergi berenang A pergi berenang setiap 6 hari sekali

image: youtube.com

A, B, dan C mula-mula bersama-sama pergi berenang A pergi berenang setiap 6 hari sekali. Ini merupakan pertanyaan kedua untuk Siswa SD kelas 4-6 belajar dirumah bersama TVRI jum’at tanggal 7 agustus 2020. Diharapkan agar kamu tetap bersemangat dalam menjalani program belajar dari rumah TVRI. Berikut ini kami berikan rangkuman materi beserta jawaban soal TVRI SD Kelas 4-6:

Program Belajar dari Rumah TVRI untuk kelas 4-6 SD adalah materi matematika tentang FPB dan KPK. FPB adalah singkatan dari Faktor Persekutuan Terbesar. Sedangkan KPK adalah singkatan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.

A, B, dan C mula-mula bersama-sama pergi berenang
image: youtube.com

Untuk mencari FPB dan KPK pada sebuah bilangan biasanya kita akan menggunakan pohon faktor. Teman-teman masih ingat, kan? Kalau lupa, bisa lihat contoh pohon faktor pada gambar di atas, ya. Nah, bilangan yang ingin diketahui FPB dan KPK harus kita bagi dengan bilangan prima.

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi oleh 1 atau bilangannya itu sendiri. Contoh bilangan prima adalah, 2, 3, 5, 7, 11, 13, 19, 23, dan seterusnya. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak rangkuman singkatnya, yuk!

Pada gambar di atas bisa dilihat kalau kita harus mencari FPB dan KPK dari 60 dan 84 menggunakan pohon faktor.

Kita harus membagi angka 60 dan 84 dengan bilangan prima hingga hasil di akhirnya sudah menghasilkan bilangan prima.

Kemudian buatlah faktor prima berdasarkan angka-angka yang ada pada pohon faktor.

Faktor prima dari 60 adalah 2 x 2 x 3 x 5 atau 22 x 3 x 5.

Faktor prima dari 84 adalah 2 x 2 x 3 x 7 atau 22 x 3 x 7.

Untuk mencari FPB gunakanlah pangkat yang sama dan paling kecil, di sini adalah 22 x 3 = 12. Jadi FPB dari 60 dan 84 adalah 12.

Halaman |1 | 2 | 3 | | |

Rekomendasi