in ,

Alasan Pemprov Jabar Bangun Kolam Renang Senilai Rp1,5 M: Ridwan Kamil Cedera Lutut

Tekape.id – Pemprov Jabar akan merevitalisasi sejumlah ruangan di Gedung Pakuan, Kota Bandung. Gedung Pakuan merupakan rumah dinas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Revitalisasi yang dimaksud meliputi kolam renang dan penataan taman. Kabiro Umum Setda Pemprov Jabar, Iip Hidayat, menuturkan, pembangunan kolam renang dibutuhkan untuk menunjang fasilitas olahraga gubernur.

“Kolam renang itu juga sebenarnya dibikin untuk memenuhi kebutuhan kebugaran atau fasilitas olahraga. Apalagi, Pak Ridwan Kamil ‘kan cedera lutut, tidak disarankan untuk lari, olahraga yang gitu. Nah, disarankannya berenang,” ucap Iip melalui sambungan telepon, Kamis (14/11).

Iip mengatakan, total anggaran yang diperlukan untuk merevitalisasi Gedung Pakuan senilai Rp 4,1 miliar. Akan tetapi, Iip belum merinci total anggaran yang dialokasikan untuk revitalisasi kolam renang.

“Itu [anggaran kolam renang] harus ditanyakan ke pemborongnya, ‘kan itu komponennya banyak. Nah, untuk kolam renang saja berapa,” tuturnya.

Iip menuturkan, revitalisasi Gedung Pakuan dikerjakan melalui proses lelang. Sebelum pelaksanaan, terlebih dahulu dikawal oleh kejaksaan dan mendapat izin dari bagian Cagar Budaya. Sebab, kata Iip, Gedung Pakuan merupakan salah satu bangunan Cagar Budaya di Bandung.

Iip memastikan kolam renang yang akan dibangun berukuran tidak terlalu luas dan berbentuk persegi panjang. Terkait desain, dia mengaku belum dapat menjelaskannya secara rinci.

“Dan kolam renangnya kecil persegi panjang saja. Tapi lengkapnya, mah, nanti dijelaskan, takutnya miss,” ungkapnya.

Sementara itu, Iip menyebut, revitalisasi taman dilakukan untuk memberi ruang penjamuan yang lebih kekinian. Tak hanya itu, taman dibuat untuk meminimalisasi biaya penggunaan AC yang berlebihan.

Menurut Iip, revitalisasi taman juga dapat memberi kesan terbuka pada masyarakat ataupun tamu yang datang.

Halaman 1 2

Rekomendasi

Written by Devina Putri