in

Aliansi Umat Muslim Surabaya Gelar Aksi Bela Uighur di Konjen China

Tekape.id – Ribuan orang yang menamakan Aliansi Umat Islam menggeruduk Konjen Republik Rakyat China di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya. Kedatangan mereka ingin menyuarakan aksi bela Uighur.

Pantauan media di lapangan, massa yang terdiri dari laki-laki, perempuan, dan anak-anak mulai berdatangan seusai salat Jumat.

Sementara itu, ratusan personel polisi dan tim asmaul husna tampak berjaga-jaga di depan konjen China yang telah dikellilingi kawat berduri.

Foto: Amir Baihaqi

Tak hanya itu, berbagai poster dukungan kepada muslim Uighur dan bendera tauhid juga mereka bentangkan. Adapun poster yang mereka bawa antara lain bertuliskan ‘Save Uyghur Duka Uyghur Duka Kita’, ‘Stop Genocide Muslim Uyghur’, ‘Ada Apa dengan Uyghur’, ‘We Love Muslim Uyghur’ dan ‘Pray for Uyghur’.

“Kita wajib membela muslim uighur kita akan tunjukan kepada dunia dan kepada saudara muslim uighur bahwa masih ada yang peduli kepada nasib mereka,” seru salah satu orator dari atas mobil komando, Jumat (27/12/2019).

Akibat aksi di depan konjen China itu, arus lalu lintas di sepanjang Jalan Mayjen Sungkono dari arah Jalan Adityawarman terjadi kemacetan panjang. Hal itu disebabkan karena sebagian badan jalan dipenuhi massa aksi.

Sumber: detik.com

Rekomendasi

Massa Aksi Bela Muslim Uighur Mulai Datangi Kedubes China

Gabungan Ormas Islam Geruduk Kedubes Tiongkok, Bela Muslim Uighur