Apa fungsi ide pokok bacaan

Apa fungsi ide pokok bacaan

Ide pokok adalah sebuah ide pada paragraf yang mengandung inti dan digunakan untuk membangun sebuah paragraf. Ide pokok dapat kita temukan dalam kalimat utama.

Pembahasan

Setiap paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Pada kalimat utama terdapat ide pokok paragraf tersebut. Kalimat penjelas tujuannya adalah menjelaskan detail dari ide pokok. Ide pokok paragraf biasanya terungkap secara jelas atau terlihat pada kalimat yang ada dalam paragraf. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Fungsi dari ide pokok adalah menjelaskan inti dari suatu paragraf. Dengan mengidentifikasi ide pokok, kita dapat mengetahui ide utama dari paragraf tersebut.

Misalnya:

Reptilia adalah segala jenis hewan yang berjalan melata atau merayap. Contohnya adalah ular, kadal, buaya, dan penyu. Mereka bertulang keras dan memiliki sisik pada kulit. Umumnya mereka bertelur di darat, walaupun ada juga reptilia yang melahirkan anak. Reptilia adalah hewan berdarah dingin. Suhu tubuhnya menyesuaikan suhu udara luar. Namun hal ini tidak berarti hewan reptilia suka daerah dingin. Reptilia tidak tahan hawa dingin. Tidak ada reptilia yang tinggal di daerah kutub.

Kalimat utama dari paragraf di atas terletak di awal paragraf, yaitu “Reptilia adalah segala jenis hewan yang berjalan melata atau merayap”. Ide pokok dari paragraf ini adalah pembahasan tentang reptilia. Dari ide pokok ini kita dapat mengetahui apa isi dari keseluruhan paragraf.

sumber: brainly.co.id

Tinggalkan komentar