apa hubungan informatika dan mata pelajaran atau bidang lain

apa hubungan informatika dan mata pelajaran atau bidang lain

Hubungan antara informatika dan mata pelajaran lain maupun bidang-bidang lainnya sangat erat karena informatika adalah ilmu komputer yang menekankan pada analisis data dalam kuantitas besar berbasis komputasi. Untuk memahami informatika maka seseorang perlu menguasai mata pelajaran yang berfokus pada logika kompleks seperti matematika. Perangkat lunak (software) yang menjadi alat utama dalam teknik informatika sendiri dikembangkan berdasar pada persamaan matematika dan juga algoritma.

Pembahasan
Selain berkaitan erat dengan mata pelajaran seperti matematika dan fisika, teknik informatika juga tentu bersinggungan dengan bidang-bidang lainnya seperti sistem informasi, sistem informasi manajemen, ilmu informasi, rekayasa perangkat lunak, keamanan informasi, rekayasa komputer dan masih banyak lagi lainnya. Tentu sistem komputasi dalam mengolah data digunakan banyak bidang lain sehingga akan terus bersinggungan dengan Teknik Informatika.

Informatika sendiri dimaknai sebagai ilmu yang secara khusus mempelajari pemanfaatan komputer dalam mengorganisir serta menganalisis data ataupun informasi dalam kapasitas besar dengan berbasis pada prinsip komputasi. Bisa juga dikatakan bahwa secara umum, informatika ini fokus mempelajari sifat, susunan dan juga interaksi berbagai sistem yang digunakan dalam mengumpulkan dan memproses data termasuk penyimpanannya.

Cakupan ilmu teknik informatika sangat luas dan umum sehingga kemudian terlahir beberapa bidang ilmu yang berkaitan seperti:

Teori informasi, bidang ini secara khusus mempelajari konteks matematis data dan informasi.
Ilmu komunikasi, bidang ini secara khusus mempelajari cara pengumpulan, pengelompokan, penyimpanan, akses hingga penyebaran informasi dalam rangka mendukung kebutuhan sosial serta kemasyarakatan.
Informatika sosial, adalah bidang yang khusus mempelajari dan menganalisis aspek sosial keberadaan teknik informatika contohnya pemanfaatan teknologi dan pengaruhnya pada kehidupan sosial, kelembagaan teknologi informasi yang turut dipengaruhi oleh aspek sosial dan lain-lain.
Dan masih banyak lagi lainnya.

Tinggalkan komentar