in

Apa itu Dogecoin? Apa Anda Sudah Punya DogeCoin

tekape.id – Dogecoin ialah cryptocurrency terpanas dan paling aneh di planet ini.

Nilai keseluruhan dogecoin yang tersebar nyaris $ 50 miliar – cukup untuk mata uang digital yang diawali sebagai gurauan.
Ini ialah cryptocurrency paling bernilai No. 5 di pasar, menurut CoinMarketCap , sudah bertambah lebih dari 6.000% tahun ini.

Harga dogecoin naik 2x lipat kembali di hari Jumat sesudah CEO Tesla ( TSLA ) Elon Musk men-tweet mengenai itu untuk beberapa kalinya (semakin banyak mengenai itu sesaat lagi). Keinginan Dogecoin naik banyak sekali di bulan April, itu dengan singkat menghancurkan mekanisme perdagangan cryptocurrency Robinhood.
Apakah itu dogecoin?

Seperti semua cryptocurrency, dogecoin ialah mata uang digital yang bisa diperoleh dan dipasarkan seperti investasi dan dibelanjakan seperti uang.

Walau tiap crypto unik, dia mempunyai beberapa kecocokan dengan beberapa rekannya yang lebih populer – kodenya didasari pada skrip untuk litecoin, misalkan. Tapi ada banyak ketidaksamaan khusus.
Tidak seperti bitcoin, yang sudah memutuskan 21 juta sebagai jumlah terbatas dari mata uang digital, dogecoin mempunyai 129 miliar koin yang tersebar dan terus akan membuat blok koin baru ada untuk ditambang tiap tahun. Itu sisi dari argumen satu dogecoin sekarang ini dipandang seputar tiga sen dan bitcoin berharga seputar $ 62.000.

Walau cryptos makin diterima sebagai mata uang untuk beli barang, dogecoin tidak sering dipakai dalam dunia riil. Ini mempunyai beberapa pasar khusus, terhitung memakai dogecoin untuk memberikan panduan ke seniman online.

Dan pembanding intinya – komune online yang aktif – ialah yang membuat mata uang ganjil demikian membahagiakan. Group, yang aktif di Reddit, sudah kumpulkan uang (dalam dogecoin, sudah pasti) untuk maksud amal, dan di tahun 2014 sukses menggalang dana dari sponsor untuk memperoleh sopir Nascar Josh Wise untuk memasang iklan dogecoin di mobilnya.

“Dogecoin bukan instrumen numismatik deflasi alternative karena ini ialah eksplorasi leisured yang memiliki sifat inflasi dari pembangunan komune di seputar asset kripto,” catat Usman Chohan, ekonom di University of New South Wales Business School, dalam sebuah makalah yang diperbaharui di bulan Februari mengenai mata uang digital.
Bagaimana awalannya?

Dogecoin dibikin 6 Desember 2013, oleh sepasang insinyur piranti lunak sebagai gurauan.
Billy Markus, seorang programmer IBM dari Portland, Oregon, siap-siap untuk membandingkan crypto-nya dari bitcoin, yang dipendam dalam mistis dengan pembuat anonim dan pada waktu itu menarik satu kelompok kecil penambang. Markus ingin cryptocurrencynya terbuka untuk umum, menurut Chohan.

Markus cari dana untuk merealisasikan mimpinya yang aneh dan mendapati Jackson Palmer, yang bekerja untuk Adobe ( ADBE ). Palmer beli domain dogecoin.com – anggukan untuk meme “doge” yang berada di semua internet pada waktu itu.

Website menggangguk ke asal leluconnya pada bagian teratas: Maskot Shiba Inu-nya ialah gambar pertama di halaman, mengikuti meme yang menginspirasinya, yang tampilkan anjing yang serupa yang dikitari oleh beberapa kumpulan text Comic Sans dengan bahasa Inggris yang terputus-putus.

Di dogecoin.com, maskotnya dikasih judul: “Dogecoin ialah mata uang digital peer-to-peer open source, dicintai oleh Shiba Inus di penjuru dunia.”
Kenapa mendadak demikian terkenal?

Dogecoin tidak lagi gurauan. Reputasinya sudah naik – secara astronomis, tahun ini – beberapa disokong oleh adopsi arus khusus bitcoin dan cryptocurrency yang lain.

Tetapi Elon Musk ialah simpatisan dogecoin yang paling keras dan paling mencolok. Salah satunya tweet anehnya ke 50 juta penganutnya bisa mengirimi kenaikan crypto. Itu yang terjadi di bulan April, saat Musk men-tweet “Doge Barking at the moon” dan membagi photo lukisan kreasi seniman Spanyol Joan Miró, yang dengan judul “Anjing Menggonggong di Bulan.”

Dogecoin nikmati status kultus di papan pesan internet Reddit, di mana group terkenal – tidak seperti group WallStreetBets ada di belakang reli GameStop – putuskan awalnya tahun ini untuk menggerakkan nilainya “ke bulan.” Dogecoin naik lebih dari 600% sesudah dorongan itu.

Apa itu investasi yang pintar atau tak tetap jadi pertanyaan aktif. Bitcoin yang lebih aktif diperjualbelikan serta lebih diterima secara luas runduk pada volatilitas yang ekstrim, hingga dogecoin dapat roboh tanpa peringatan. Tetapi kebangunannya tahun ini benar-benar mengagetkan.
Tidak memperoleh keuntungan dari perkembangan koin yang naik ialah Markus, yang jual semua dogecoinnya saat ia di-PHK di tahun 2015. Ia memakainya untuk beli Honda Civic.

Rekomendasi

Ini Faktor yang mendorong harga Dogecoin tembus rekor tertinggi

Haruskah Anda berinvestasi dalam dogecoin? Lihat Prediksi Para Ahli