in

Apa Manfaat Mengetahui Karakter Setiap Anggota Keluarga?

Apa Manfaat Mengetahui Karakter Setiap Anggota Keluarga adalah sebagai berikut:

1.menghasilkan komunikasi yg baik
2.kehidupan lebihi harmonis
3.mempererat tali persatuan dalam keluarga
4.menghindari perselisihan
5.mengenal sifat atau karakter dari masing masing anggota keluarga kita.

Manfaat Mengetahui Karakter Setiap Anggota Keluarga

1. Memahami sifat antar anggota keluarga

Keberagaman karakteristik dalam keluarga bukanlah seharusnya bukanlah menjadi hambatan, namun adalah kesempatan untuk mengetahui sifat masing-masing anggota keluarga. Karena salah satu faktor yang bisa mengurangi terjadinya kesalahpahaman dan masalah dalam keluarga adalah memahami sifat dari setiap anggota keluarga. Dengan mengetahui adanya keberagaman karakteristik setiap individu dalam keluarga harus menjadi acuan untuk berperilaku dan bertindak satu sama lain.

2. Membentuk rasa saling menghormati dan menghargai

Tidak hanya dalam kehidupan sosial, rasa saling menghormati antar manusia terkadang susah terbentuk bahkan dalam lingkungan keluarga. Agar mendapatkan manfaat hidup rukun dalam keluarga, bukan berarti selalu ikut campur dalam kepentingan setiap anggota keluarga. Justru dengan mengetahui setiap karakteristik individu dalam keluarga, seharusnya memunculkan rasa saling menghormati dan menghargai akan kepentingan anggota keluarga satu sama lain.

3. Mengetahui cara bersikap dalam menghadapi masalah

Ketika setiap anggota keluarga mengetahui karakteristik satu sama lain, harusnya secara otomatis sikap yang ditunjukkan antar anggota keluarga saat terjadi masalah juga berbeda. Contohnya seperti ketika salah satu anggota keluarga adalah seorang pemarah, maka sebaiknya menghidari kata-kata yang justru akan menambah panas suasana dan memperburuk keadaan. Permasalahan yang timbul tersebut nantinya bisa diatasi dengan manfaat musyawarah untuk kehidupan sehari-hari dalam lingkup keluarga.

4. Meminimalisir adanya perselisihan

individu di rumah adalah untuk mengurangi munculnya perselisihan maupun pertikaian yang terjadi dalam keluarga. Hal ini dikarenakan dengan adanya keberagaman karakteristik individu di dalam keluarga diharapkan ada anggota yang bisa menjadi penengah, yang mengalah juga yang membuat keputusan untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi. Sehingga masalah yang sedang terjadi bisa langsung diatasi tanpa harus berlarut-larut dengan emosi meledak-ledak yang malah bisa memecah keluarga.

5. Menjaga keharmonisan keluarga

Dengan mengetahui dan memahami karakteristik setiap individu dalam keluarga seharusnya dapat menjaga dan meningkatkan manfaat komunikasi dalam keluarga. Setiap karakteristik dalam keluarga tentunya memiliki posisi atau peran masing-masing untuk menjaga agar keluarga tetap harmonis. Kuncinya adalah menghilangkan jauh-jauh rasa egois, karena salah satu faktor yang bisa merusak keharmonisan keluarga adalah egois dan tidak mau mengalah satu sama lain.

6. Meningkatkan hubungan kekeluargaan

Memahami karakteristik dan sifat anggota keluarga satu sama lain harusnya dapat meningkatan kepekaan ketika salah satu anggota mengalami masalah atau saat membutuhkan bantuan. Hal ini ini harusnya bisa meningkatkan manfaat tolong menolong dalam keluarga. Selain meningkatkan hubungan antar anggota keluarga, juga dapat menghindari anggota keluarga merasa tersingkir ketika bermasalah dan tidak mendapatkan dukungan dari anggota keluarga lainnya.

Sumber: brainly.co.id

Rekomendasi