apa perbedaan informatika dan tik

apa perbedaan informatika dan tik

Jawaban:

Perbedaan TIK dan Informatika:

Informatika merupakan perluasan dan pendalaman dari muatan TIK yang pada awal pemberlakuan Kurikulum 2013 yang penerapannya diintegrasikan kepada seluruh mapel melalui pembelajaran berbasis TIK.
Memiliki cakupan materi, proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang berbeda.
Pada informatika, peserta didik tidak hanya sebagai pemakai (user) saja namun lebih menekankan pada kemampuan mengidentifikasi masalah dan mengusulkan solusinya kemudian secara kreatif menghasilkan produk produk teknologi infromasi dengan kaidah ilmu informatika, rekayasa perangkat keras, perangkat lunak, pengolahan data dalam bentuk digital menjadi informasi.
Pembahasan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah bagian dari muatan lokal.

TIK adalah segala hal yang mencakup pemanfaatn peralatan teknis untuk memroses dan menyampaikan informasi. Fokus TIK adalah bagaimana memanfaatkan produk – produk teknologi informasi dalam menunjang tugas – tugas profesional atau kegiatan sehari – hari agar lebih kreatif, optimal, dan efisien.

Informatika sebagai bagian dari tahapan Kemendikbud dalam menghadapi industri 4.0 di dunia pendidikan.

Informatika adalah disiplin ilmu komputer yaitu data dan informasi pada mesin berbasi komputasi. Istilah informatika dipakai sebagai padanan istilah informatics, computer science, dan computing.

Materi penunjang Informatika:

Teknik Komputer
Jaringan Komputer / Internet
Analisis data
Dampak sosial Informatika
Programming

Tinggalkan komentar