in

Apa saja jenis dan sifat sumber sejarah ?

Apa saja jenis dan sifat sumber sejarah ?

Sifat Sumber Sejarah

Sifat sumber sejarah dibagi 2, yaitu:
a. Sumber Primer, yaitu apabila sumber atau penulis sumber terlibat secara langsung, melihat, atau mendengarnya secara langsung sebuah peristiwa.
b. Sumber Sekunder, yaitu apabila sumber atau penulis sumber mendapatkan cerita dari orang lain. Ia bukanlah orang yang terlibat secara langsung, melihat, atau mendengarnya sendiri.

3. Jenis-jenis Sumber Sejarah

a. Sumber tertulis (dokumen), merupakan sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis yang mencatat peristiwa yang terjadi di masa lampau. Misalnya : kronik catatan peristiwa, buku peringatan, buku harian, notulen, resolusi, dll.
b. Sumber benda (artefact), merupakan bahan-bahan peninggalan masa lalu yang berujud bangunan atau benda-benda yang merupakan warisan kebudayaan masa lampau, seperti: foto, alat-alat perlengkapan seperti senjata, perhiasan, anic-manik, dan berbagai bentuk bangunan seperti candi, masjid, dll.

c. Sumber lisan, merupakan keterangan langsung dari para pelaku atau saksi-saksi daripada peristiwa sejarah, atau dari orang-orang yang menerima keterangan itu secara lisan dari orang lain. Sumber lisan diperoleh melalui hasil wawancara dengan para pelaku, saksi dan orang-orang yang dianggap tahu tentang sebuah peristiwa.

Rekomendasi

Sebutkan sifat-sifat kepahlawanan

Sebutkan sifat-sifat bahan katun