Apa sajakah yang menjadi struktur teks eksposisi?

Apa sajakah yang menjadi struktur teks eksposisi?

jAWABAN;

Struktur Teks Eksposisi Singkat

Dalam penyusunannya, sebenarnya teks eksposisi singkat enggak jauh beda dalam penyusunan teks opini. Secara umum, di dalamnya ada 3 struktur yaitu tesis atau pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang. Supaya kamu lebih memahaminya, berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk kamu.

1. Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis merupakan bagian awal dari teks eksposisi singkat yang biasanya berisi dugaan atau prediksi penulis. Quipperian bisa mengangkat suatu topik kemudian membahas permasalahan, fakta, gambaran, atau sudut pandang kamu. Eits, meskipun bersifat dugaan dan pendapat, kamu enggak boleh sembarangan juga, lho. Kamu harus tetap mengemukakannya dengan berlandaskan data-data yang valid, ya.

Karena teksnya bersifat pendapat, maka nantinya pembaca bisa menempatkan dirinya pada posisi yang sependapat ataupun pada posisi yang berseberangan dengan penulis. Biasanya struktur ini bisa kamu temukan pada awal kalimat, tapi enggak menutup kemungkinan juga kok, kamu bisa menemukannya di bagian akhir.

2. Argumentasi atau Alasan

Bagian kedua dari teks eksposisi singkat adalah argumentasi yang berisikan kalimat-kalimat pendukung dari tesis. Oh iya, selain berisi kalimat pendukung, kamu juga bisa memberikan argumentasi berupa sanggahan dari tesis yang tadi sudah dituliskan. Kalau kamu bisa memberikan keduanya pada teks eksposisi kamu, maka hal itu jauh lebih bagus.

3. Penegasan Ulang

Selanjutnya kita masuk ke bagian akhir dari struktur teks eksposisi singkat. Maksud dari penegasan ulang disini adalah bahwa kamu bisa melakukan penegasan kembali terhadap kesimpulan yang bisa diambil. Pengulangan tersebut bisa kamu lakukan berdasarkan argumen yang tadi sudah kamu ungkapkan pada bagian sebelumnya.

Tinggalkan komentar