Apa yang dimaksud polykromotik?

Apa yang dimaksud polykromotik?

  1. Monokromatik adalah cahaya yang hanya terdiri dari satu warna (satu panjang gelombang) dan tidak dapat diuraikan lagi
  2. Polikromatik adalah cahaya yang terdiri dari lebih dari satu warna (satu panjang gelombang) dan dapat diuraikan menjadi beberapa cahaya lain

Pembahasan:

Secara umum cahaya dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

1. Cahaya Polikromatik

Cahaya polikromatik adalah cahaya dengan beberapa gelombang yang berbeda-beda frekuensi dan panjang gelombangnya. Karena setiap frekuensi cahya berbeda menghasilkan warna berbeda pula, berarti cahaya ini di dalamnya memiliki beberapa warna. Cahaya polikromatik akan mengalami penguraian atau dispersi, yaitu pemisahan cahaya-cahaya berwarna berbeda penyusunnya.

Contoh cahaya polikromatik adalah sinar matahari. Ketika sinar matahari dilewatkan melalui uap ait yang bertindak seperti prisma, sinar matahari akan menyebar menjadi warna komponennya dan membentuk pelangi.

2. Cahaya Monokromatik

Cahaya monokromatik adalah cahaya yang hanya terdiri dari satu jenis frekuensi dan panjang gelombang yang seragam. Ini berarti cahaya monokromatik adalah cahaya satu warna. Karena hanya berupa kympulan satu frekuensi saja maka cahaya monokromatik tak dapat diurai.

Contoh cahaya monokromatik adalah cahaya pada lampu LED, yang memiliki warna tertentu saja.

sumber: brainly.co.id

Tinggalkan komentar