Apa yang dimaksud Teks Eksplanasia

Apa yang dimaksud Teks Eksplanasia

Teks Eksplanasi adalah Bentuk Teks yang Menjelaskan Peristiwa

eksplanasi adalah sebuah bentuk teks yang isinya tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, serta hal lainnya bisa terjadi. Dengan kata lain, teks eksplanasi membantu untuk menjelaskan secara detail akan runtutan sebuah proses.

Hal tersebut tidak lepas dari adanya peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di lingkungan sekitar, di mana selalu terdapat hubungan antara sebuah sebab akibat dan proses. Maka dari itu, dengan adanya teks eksplanasi, setiap detail dari kejadian yang terjadi di sekitar tidak hanya diamati maupun dirasakan saja, namun teks eksplanasi akan membantu untuk menjadikan sebuah peristiwa sebagai bahan pembelajaran.

Apabila menilik pengertian teks eksplanasi menurut Mahsun, teks eksplanasi adalah susunan sebuah struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), serta interpretasi (penutup).

Pada bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Lalu di bagian deretan penjelasan berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Selanjutnya, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi, di mana bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh untuk dicantumkan atau tidak.

Setelah memahami pengertian bahwa teks eksplanasi adalah teks yang memiliki susunan-susunan tertentu, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/9/2020).

sumber: hot.liputan6.com

 

Tinggalkan komentar