Asesmen nasional adalah? Apa saja dampak negatif ujian nasional yang digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum(akm)

Tekape.id – Apa itu asesmen nasional dan apa saja yang dilakukan saat asesmen nasional?
Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

asesmen nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. … Memberi gambaran tentang karakteristik esensial sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Apa yang dilakukan saat Asesmen Nasional=Setiap peserta asesmen nasional akan mengerjakan dua jenis tes serta dua survei, yaitu tes literasi membaca, tes numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar

Apa saja dampak negatif ujian nasional yang digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum(akm)?​

Jawaban:

Dampak negatif penggantian UN menjadi Asesmen Kompetensi Minimum adalah sebagai berikut.

Pemerintah maupun lembaga pendidikan membutuhkan waktu untuk pengembangan AKM agar mampu diimplementasikan dengan baik. Hal ini akan memakan anggaran dalam jumlah besar serta penerapannya di awal yang berisiko mengalami banyak tantangan serta hambatan.

Penjelasan:

Keberadaan AKM sendiri dimaksudkan untuk menghilangkan masalah UN selama ini. UN dianggap menjadi beban terutama bagi peserta didik. UN dianggap kurang baik karena perjuangan peserta didik selama bertahun-tahun ditentukan hanya dari ujian yang berlangsung selama beberapa hari.

Sumber: brainly.co.id

Tinggalkan komentar