in

Bagaimana cara mengoperasikan transistor bipolar ini agar dapat bekerja dengan semestinya?

Bagaimana cara mengoperasikan transistor bipolar ini agar dapat bekerja dengan semestinya?

Caranya adalah kita hubungkan transistornya ini dengan baterai yang kedua.

Dimana, kutub positif dari baterai yang kedua ini dihubungkan ke bagian semikonduktor tipe-P, yang tidak lain adalah bagian basisnya, dan kutub negatifnya ke bagian ke semikonduktor tipe-N pada bagian emitor dari transistornya.

Sehingga, pada bagian transistor yang dihubungkan dengan baterai yang kedua, akan menjadi mengalami kondisi panjar maju.

fungsi transistor adalah

Mari kita fokus pada bagiannya ini, saat elektron-elektron bebas yang berasal dari baterainya mengalir menuju semikonduktor tipe-N nya, maka akan terjadi aliran elektron-elektron dari semikonduktor tipe-N ke semikonduktor tipe-P nya. Dan elektron-elektronnya ini akan saling menempati holes yang tersedia di semikonduktor tipe-P nya.

Selanjutnya, elektron-elektronnya ini, secara bergantian, akan senantiasa berpindah-pindah ke holes di sebelahnya, hingga dapat melintasi dan keluar dari semikonduktor tipe-P nya untuk kembali ke baterainya.

Namun, ternyata elektron-elektron bebas yang mengalir dari baterai hingga sampai ke semikonduktor tipe-P nya, masih lebih banyak dibandingkan dengan yang keluar dan kembali ke baterainya dari semikonduktor tipe-P.

Kemanakah elektron bebas yang tersisa ini?

Nah, ternyata elektron-elektron bebas yang masih tersisa di dalam semikonduktor tipe-P nya ini akan mengalir ke semikonduktor tipe-N yang satunya lagi yang akhirnya keluar dan menuju ke baterai yang pertama! Sehingga aliran elektron dapat terjadi pada transistor tersebut dan arus listrik dapat dihasilkan.

Jadi dapat disimpulkan ya, agar transistor bipolar NPN ini dapat bekerja dengan semestinya, maka transistor ini perlu dihubungkan dengan baterai kedua yang dihubungkan ke bagian emitor dan basisnya.

Dengan mengatur besar kecilnya tegangan sumber tegangan yang kedua, maka kita bisa secara otomatis mengatur besar kecilnya arus listrik yang keluar dari emitornya. Karena, kalau sumber tegangan yang kedua semakin besar, maka makin besar juga arus listrik yang keluar dari emitornya, begitupun sebaliknya ya

Halaman |1 | 2 | 3 | |

Rekomendasi

Sebutkan ketiga kategori teori evolusi perubahan sosial

Bagaimana Sejarah Supersemar dan Awal Lahirnya Orde Baru