Bagaimana Proses Pertumbuhan Pada tanaman paku yang berkembang biak menggunakan spora

Bagaimana Proses Pertumbuhan Pada tanaman paku yang berkembang biak menggunakan spora?

Selamat pagi untuk kamu siswa dan siswi SD Kelas 4-6, hari ini kamu akan belajar dengan materi Proses Pertumbuhan pada Tumbuhan

Belajar dari rumah TVRI di hari ini ada 2 soal. Dan berikut ini soal dan jawabannya

1. Bagaimana Proses Pertumbuhan Pada tanaman paku yang berkembang biak menggunakan spora?

Jawaban:

Proses Pertumbuhan Pada tanaman paku yang berkembang biak menggunakan spora adalah sebagai berikut:

  • Pada tumbuhan paku, spora dibentuk pada daun. Spora terletak di dalam kotak spora atau sporanium yang berkumpul di dalam sorus.
  • Sorus adalah kumpulan kotak spora. Sorus terletak di bagian tepi bawah daun, berupa bintik-bintik kecokelatan.
  • Daun yang bisa menghasilkan spora disebut daun fertil. Jika sporanium pecah, spora keluar dan jatuh di tempat yang cocok.
  • Spora tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan paku baru.

2. Mengapa pertumbuhan vegetatif buatan dengan cara menempel dapat menghasilkan tanaman yang lebih baik?

Karena dengan cara menempel dapat menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki gabungan sifat unggul, sehingga menghasilkan tanaman yang lebih baik.

Proses Pertumbuhan pada Tumbuhan

Pertumbuhan tanaman merupakan hasil dari berbagai proses fisiologi, melibatkan faktor genotipe yang berinteraksi dalam tubuh tanaman dengan faktor lingkungan.

Proses tersebut yaitu pertambahan ukuran, bentuk, dan jumlah. Ciri-ciri pertumbuhan pada tanaman yang tampak sebagai fenotipe utamanya dipengaruhi oleh faktor genotipe, sedangkan ciri-ciri lainnya ditentukan oleh pengaruh lingkungan sehingga pertumbuhan merupakan fungsi dari genotipe x lingkungan.

Dalam usaha pertanian, aspek pertumbuhan tanaman mengacu pada tujuan utamanya yaitu memaksimalkan laju pertumbuhan dan hasil panen melalui manipulasi genetik dan lingkungan

Definisi Pertumbuhan Tanaman

Secara umum, pertumbuhan didefinisikan sebagai proses pembelahan dan pemanjangan sel. Pertumbuhan tanaman dalam arti terbatas menunjuk pada pertambahan ukuran yang tidak dapat balik, mencerminkan pertambahan protoplasma dan bobot kering pada tanaman.

Laman 1 2 3

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

close