in

Berikut Ini Bahan Yang Dibuat Dengan Teknik Menyulam Adalah

Berikut Ini Bahan Yang Dibuat Dengan Teknik Menyulam Adalah

a. kayu
b. benang
c. bambu
d. rotan

Jawaban: B.benang

Langkah Awal Menyulam bagi Pemula

Siapa saja bisa menyulam, asal sabar. Anda bisa memulainya dengan mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menyulam seperti berikut ini.

1. Memilih Kain
Beda kain, beda pula hasil yang didapat. Ada beberapa kain yang lebih pas digunakan untuk menyulam. Mengutip Cutesy Craft, linen dan katun adalah kain terbaik untuk menyulam.

Namun, bukan berarti Anda tak bisa menyulam di kain lain. Anda bisa mencoba berkreasi dengan kain blacu, kanvas, atau karung goni sekali pun. Hanya saja, menyulam di atas kain kanvas umumnya memerlukan tenaga ekstra saat menusukkan jarum karena tekstur bahan yang agak keras.

Jangan berhenti sampai di sana. Jika sudah lancar, Anda bisa berkreasi lagi dengan bahan-bahan lainnya. Anda bisa mencoba menyulam di sepatu berbahan kanvas, baju polos yang ingin Anda kreasikan, hingga jaket atau celana jin.

2. Memilih Benang
Pilih benang sulam dengan beberapa warna. Benang dengan label DMC cukup mudah ditemukan dan memiliki kualitas yang baik.

Benang sulam umumnya akan terasa lembut di tangan. Benang jenis ini cocok untuk digunakan pada berbagai motif, termasuk bagi Anda yang ingin memberikan gradasi warna pada sulaman.

Selain benang sulam, Anda juga bisa memanfaatkan benang katun dan wol yang biasa digunakan untuk merajut.

3. Embroidery hoop
Ada banyak jenis embroidery hoop yang tersedia. Untuk tahap awal, pilih embroidery hoop berbahan kayu atau plastik dengan diameter sekitar 15 sentimeter.

4. Memilih Jarum
Seperti embroidery hoop, ada banyak jenis jarum sulam di luar sana. Jarum tajam dengan mata (lubang) yang cukup besar tepat jika digunakan untuk menyulam. Mata yang besar diperlukan untuk benang sulam yang umumnya lebih tebal dari benang jahit biasa.

Jika bingung, Anda disarankan untuk memilih satu paket yang berisi beberapa jarum dengan berbagai ukuran. Gunakan sesuai kebutuhan.

Dengan teknik sulam, Anda bisa membuat beberapa barang. Mulai dari sarung bantal, taplak meja, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi