Prinsip pembelajaran adalah panduan atau landasan yang membantu menentukan bagaimana proses pembelajaran sebaiknya dilaksanakan. Prinsip pembelajaran merupakan dasar yang digunakan untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif.

Berikut ini adalah beberapa prinsip pembelajaran yang umum dikenal:

  1. Pembelajaran adalah proses yang aktif dan partisipatif, bukan hanya penyerapan informasi pasif.
  2. Pembelajaran terbaik terjadi ketika siswa memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi, mencoba, dan mengalami sesuatu sendiri.
  3. Pembelajaran yang terfokus pada kebutuhan individu siswa lebih efektif daripada pembelajaran yang terfokus pada kebutuhan kurikulum atau guru.
  4. Pembelajaran terbaik terjadi ketika siswa merasa aman dan terhindar dari tekanan yang tidak perlu.
  5. Pembelajaran yang terpadu dan terintegrasi dengan situasi nyata lebih efektif daripada pembelajaran yang terpisah dari konteks nyata.
  6. Pembelajaran terbaik terjadi ketika siswa diberi umpan balik yang tepat waktu dan bermakna.
  7. Pembelajaran terbaik terjadi ketika siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah.
  8. Pembelajaran terbaik terjadi ketika siswa merasa terlibat dan merasa memiliki kepemilikan terhadap proses belajar mereka sendiri.

Berikut ini adalah beberapa prinsip pembelajaran yang berpihak pada siswa (student-centered learning):

Pembelajaran yang terfokus pada kebutuhan individu siswa
Pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara mandiri

Pembelajaran yang memberikan pilihan dan fleksibilitas bagi siswa dalam memilih cara belajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka
Pembelajaran yang memberikan umpan balik yang tepat waktu dan bermakna bagi siswa

Pembelajaran yang mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis

Berikut ini adalah beberapa contoh yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada siswa:

Pembelajaran yang terfokus pada kebutuhan guru dan kurikulum, bukan kebutuhan siswa

Pembelajaran yang menekankan penyerapan dan pemahaman konsep yang terbatas, bukan pengembangan keterampilan yang lebih luas

Pembelajaran yang membatasi kesempatan siswa untuk memilih cara belajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka

Pembelajaran yang tidak memberikan umpan balik yang tepat waktu dan bermakna bagi siswa

Pembelajaran yang tidak mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis