in

Cara Menanam Bunga Aglonema Dan Tips Merawat Bunga Aglonema

Cara Menanam Bunga Aglonema – Tanaman hias aglonema atau sri rezeki ini sekarang sedang naik daun serta jadi terkenal di golongan penggemar tanaman hias.

Tanaman hias aglonema ini satu diantara tanaman hias yang tidak tampilkan indahnya bunga, tapi mempunyai daun yang paling eksotik serta menarik.

Tipe tanaman hias aglonema sangat bermacam. Tetapi, tanaman ini mempunyai keunikan berbentuk warna daun yang tetap mempunyai bintik warna hijau di celah daunnya.

Keelokan dari bintik warna daun yang dibuat berikut yang memberikan daya tarik tertentu dari tanaman hias aglonema ke beberapa penggemar tanaman hias.

Walau jadi diva tanaman hias serta memperoleh panggilan “Si Ratu Daun”, pemeliharaan serta perawatan tanaman hias aglonema ini tidak susah sama seperti seperti menanam tanaman hias yang lain.

Berikut Ini Cara Menanam Bunga Aglonema

Proses Pembibitan dengan Biji

Pembibitan biji bisa dilaksanakan dengan cari biji lebih dulu dari tanaman indukan yang telah berusia atau telah tua. Lantas, biji dicelup semasa 2 sampai 3 jam supaya bisa meransang perkembangan.

Penanaman memakai stek dengan menanam puncak dari aglaonema yang telah berusia.

Langkah lakukan pembibitan dengan stek yakni memangkas puncak indukan yang diambil. Pohon indukan itu minimal harus ada sampai 7 batas daun.

Sesudah lakukan pemangkasan puncak memakai gunting tanaman atau pisau yang tajam, lantas masukkan ke wadah kecil serta menempatkan di wilayah yang sejuk dan terlepas dari beberapa tipe masalah.

Proses Pembibitan dengan Cangkok

Pembibitan tanaman hias aglonema dengan cangkok ini benar-benar memerlukan kecermatan sebab bila tidak cermat, tangkai akan alami pembusukan.

Langkah memakai cangkok ialah memastikan tanaman indukan yang bewarna tangkai coklat serta kuat. Kupas sedikit tangkai yang sudah diambil menjadi indukan pembibitan cangkok itu.

Kamudian, melapisi dengan gabungan tanah sekam, humus, pakis serta pasir malang pakai plastik. Lantas, memberikan lubang kecil untuk perputaran udara serta lubang pengakaran.

Pembibitan dengan Pembelahan Anakan

Pembibitan dengan pembelahan anakan dengan memangkas akar sambung di antara indukan aglaonema dengan anakannya.

Media Tanam

Media tanam jadi hal penting yang penting diingat untuk mendukung perkembangan serta perubahan tanaman hias aglonema.

Ada banyak media tanam yang bisa dipakai, seperti sekam bakar, pakis, pasir malang, serta cocopeat.

Penyiraman

Penyiraman yang bagus untuk tanaman hias aglonema ialah dilaksanakan dengan sesuaikan jumlah air dengan media tanam. Disamping itu harus juga sesuaikan dengan situasi keadaan serta media tanam.

Pemupukan

Pemupukan benar-benar memengaruhi perkembangan serta perubahan tanaman hias aglonema. Pemupukan bisa dilaksanakan dengan cara teratur kira-kira sekali dua minggu. Pupuk yang umum dipakai ialah pupuk NPK.

Penyakit serta Hama

Penyakit serta hama ialah hal yang penting diingat supaya tanaman hias aglonema masih sehat.

Penyakit umum yang seringkali menyerbu tanaman hias ini ialah jamur fusarium yang akan mengakibatkan layu fusarium. Sedang ulat ialah hama yang seringkali menggangu tanaman ini.

Langkah untuk menahan tanaman hias aglonema dari beberapa penyakit serta hama pengganggu dengan memakai fungisida serta penyiraman air sabun.

Perawatan pada Waktu Kemarau

Saat masuk waktu atau musim kemarau karena itu tanaman hias aglaonema benar-benar membutuhkan perawatan spesial supaya daun indah yang ia punya supaya tidak alami kerusakan atau mati.

Sebab musim kemarau akan alami kenaikan temperatur yang mencolok. Hingga akan berlangsung penguapan hingga umumnya akan berlangsung pengguguran daun.

Langkah perawatan tanaman hias aglonema pada saat kemarau diantaranya dengan lakukan perawatan supaya mdia tanam masih terbangun kelembabanyannya.

Jaga Pengkilapan Daun

Ada beberapa langkah untuk bikin daun tanaman hias aglonema jadi mengkilap yakni dengan pemberian susu, ampas kelapa, serta air.

Tips Merawat Bunga Aglonema

Bunga aglonema sangat menarik buat sang penggemar bunga tanaman hias karena warna dan coraknya benar-benar berlainan, namun bila daun aglonema ini tidak mengkilap kemungkinan jemu kita lihat nya, di sini kita akan mengulas bagaimanakah cara supaya daun dari aglonema ini mengkilap serta tumbuh subur?

Tenang saja buat anda yang belum tahu triknya, di sini kita akan membahas, beberapa bahan supaya daun dari aglonema ini jadi berkilau serta tanamannya subur.

Kecuali memiliki bentuk yang cantik serta anggun, nilai usaha tanaman hias ini ternilai lumayan tinggi sesudah jadi tanaman hias yang cantik, merilis dari ilmubudidaya.com, berikut langkah menjaga tanaman yang juga dikenal dengan nama sri rezeki ini.

Oleh karena itu, mengenali langkah budidaya bunga aglaonema tentu saja akan memberikan keuntungan.

Baca di bawah ini beberapa bahan yang perlu kalian sediakan:

Alat yang Harus Disediakan

• Spons halus
• Susu bubuk
• Ampas Kelapa
• Air

1. Pertama kali mengambil air biasa untuk membersihkan daunnya agar bersih.

2. Langsung dilap satu-persatu daunnya

3. Setelah dibikin bersih memakai air bersih selanjutnya gosokkan dengan air susu ( bisa cair ) serta ampas kelapa.

Melapisi daun aglonema dengan air:

• Basahi spons dengan air bersih.

• Lap semua daun dengan spons itu.

• Aglonema akan nampak bertambah bersih mengilat.
Melapisi daun aglonema dengan susu:

• Campur air serta susu bubuk.

• Celupkan spons pada kombinasi itu.

• Lap semua daun dengan spons itu.

• Aglonema akan tumbuh bertambah subur sesudah dilapis dengan susu.

Melapisi daun aglonema dengan ampas kelapa.

• Beri daun aglonema lipstik dengan ampas kelapa.

• Daun tanaman ini akan nampak mengilat serta tumbuh subur.

Sesudah mengenali langkah menanam aglaonema, setelah itu langkah menjaga bunga aglaonema seperti berikut:

1. Lihat Media Tanam

Ada beberapa macam media tanam yang bisa dipakai untuk mendukung perkembangan tanaman ini:

• Sekam Bakar
• Pakis
• Pasir Malang
• Cocopeat

2. Penyiraman Tanaman

Penyiraman umumnya dilaksanakan dengan sesuaikan dengan jumlah air serta media tanam.

Penyiraman seharusnya memakai air bersih tanpa ada memiliki kandungan zat beresiko seperti kaporit.

Semakin lebih baik bila pakai air sumur dibanding air PDAM sebab memiliki kandungan kaporit.

3. Pemupukan

Beri pupuk sekitar sekali dalam dua minggu dengan cara teratur yang nanti akan mendukung perkembangan tanaman ini.

4. Lihat Penyakit serta Hama

Penyakit serta hama ialah hal penting yang perlu jadi perhatian sebab bisa mengganggu perkembangan tanaman. Penyakit umum yang seringkali menyerbu tanaman ini ialah jamur fusarium.

5. Perawatan Musim Kemarau

Musim kemarau adalah musim yang beresiko buat tanaman ini serta memerlukan perawatan spesial supaya daun masih indah.

Sebab berlangsungnya perkembangan temperatur yang mencolok pada musim kemarau, daun tanaman ini condong luruh. Hal penting untuk menahan ini dengan jaga kelembapan media tanam.

Rekomendasi