in

Cara Mengaktifkan Kartu Perdana Tanpa Registrasi, Mudah Banget Bro!!

Tekape.id – Ini cara Cara mengaktifkan kartu perdana tanpa registrasi, simak selengkapnya ulasan berikut ini sobat

Konsumen setia kartu SIM prabayar harus lakukan register kartu SIM dengan memakai nomor induk kependudukan (NIK) KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Ketentuan ini berlaku mulai 31 Oktober 2017 sampai 28 Februari 2018. Walau demikian, sekarang ini warga bisa lakukan register kartu SIM mereka.

Karena register kartu SIM prabayar dilaksanakan dengan KTP, bagaimana dengan siswa berumur di bawah 17 tahun yang masih belum mempunyai KTP. Dapatkah mereka lakukan register kartu SIM?

Tidak boleh cemas, siswa yang masih belum berumur 17 tahun dan belum mempunyai KTP masih dapat meregisterkan kartu SIM prabayar mereka. Triknya dengan memakai NIK yang tercantum pada kartu keluarga.

Hal ini ibarat disebut oleh Dirjen Kependudukan dan Pendataan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Bijak Fakrulloh saat umumkan register kartu SIM memakai data kependudukan di Kantor Kemkominfo beberapa lalu.

“NIK diberikan sejak bayi lahir, jadi semua penduduk punya NIK dan tertera di dalam Kartu Keluarga,” kata Zudan.

Dengan demikian, pelajar yang belum berusia 17 tahun dan belum memiliki KTP tetap bisa melakukan registrasi kartu SIM prabayar dan menikmati layanan telekomunikasi.
Sejauh ini, Kemkominfo menyampaikan format registrasi kartu SIM prabayar menggunakan NIK#NomorKK#. Sementara untuk pelanggan lama, registrasi ulang dilakukan dengan format ULANG#NIK#NomorKK dan mengirimkannya melalui SMS ke 4444.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perbedaan format registrasi yang diberlakukan oleh operator. Misalnya saja, untuk kartu SIM perdana Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Tri menggunakan format NIK#NomorKK#. Format pengguna XL Axiata adalah Daftar#NIK#Nomor KK dan format Telkomsel adalah Reg (spasi) NIK#NomorKK.

Lain lagi dengan registrasi ulang pelanggan lama. Indosat, Smartfren, dan Tri menggunakan format ULANG#NIK#NomorKK#.

XL Axiata menggunakan format ULANG#NIK#NomorKK dan Telkomsel menggunakan format ULANG (spasi) NIK#NomorKK#.

Registrasi Kartu 3 via SMS

Langkah register kartu 3 (Tri) berlaku sama untuk semuanya pemakai service prabayar. Bukan hanya untuk pemakai baru, pemakai lama harus juga lakukan register kartu Tri. Cara mendaftar kartu 3 dapat dilaksanakan lewat SMS atau langsung melalui website websitenya.

Register kartu 3 diwajibkan untuk semua pemakai berdasar Ketentuan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017. Tiap pemilik kartu SIM prabayar diwajibkan lakukan register memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP, dan nomor Kartu keluarga (KK).

Mengapa Harus Register Prabayar?
Argumennya simpel. Tanpa lakukan register prabayar, kartu SIM yang kamu punyai tidak bisa digunakan sama sekalipun. Pasalnya nomor yang tidak lakukan register prabayat akan dikunci, hingga dampaknya tidak dapat menghubungi dan SMS, tidak dapat terima telephone dan SMS, sampai tidak dapat terhubung koneksi internet. Dalam kata lain kartu pertama yang kamu membeli mati keseluruhan.

Dibalik pemblokkiran nomor yang tidak lakukan register prabayar juga ada argumen lain. Beberapa salah satunya untuk menahan teorisme, mengatasi penyebaran hoax (informasi bohong), sampai masalah amankan transaksi bisnis non-tunai karena identitas pemilik nomor terlilit dengan data yang benar

Cara mendaftar kartu 3 untuk pemakai baru dapat dilaksanakan melalui SMS tanpa dipotong ongkos. Supaya kartu pertama Tri kamu langsung bisa digunakan, kerjakan register lebih dulu. Register lewat SMS pada intinya lebih ringkas untuk beberapa pemakai baru, berikut beberapa langkahnya.

1. Buat SMS baru dari menu Pesan

2. Masukan nomor arah untuk mengirimi pesan: 4444

3. Tulis isi SMS dengan pola ini.

Pola register baru: REG [spasi] NIK#Nomor Kartu Keluarga#

Contoh register baru: REG 1234567887654321#3201060411300279#

4. Kirim data register sama pola.

Register karu Tri telah dipastikan sukses saat kamu telah terima pesan pemberitahuan balasan. Kalau sudah dipastikan tercatat, kartu mobile akan dipastikan aktif dan dapat kamu gunakan untuk terima atau membuat panggilan, mengirimi pesan, dan tentu saja memakai internet.

Registrasi Kartu 3 via Situs Web

Register kartu Tri melalui website dapat dilaksanakan dengan masukkan semua data pada formulir online. Pencatatan melalui website Tri mewajibkan kamu untuk masukkan 4 digit paling akhir pada ICCID kartu SIM kamu. ICCID ialah 16 angka yang berdi belakang kartu Tri.

Untuk pemakai iPhone dan iPad, kamu dapat mendapati ICCID dengan tentukan menu Seting > General > About > ICCID. Berikut cara mendaftar kartu 3 lewat website.

1. Membuka alamat situs register.tri.co.id

2. Tentukan “Register Kartu Prabayar”

3. Isi kolom formulir bernomor kartu SIM, NIK (nomor sama e-KTP), dan nomor Kartu Keluarga

4. Masukan 4 angka paling akhir nomor seri (ICCID) yang telah kamu tulis

5. Contreng kotak “I’m not a robot”

6. Kerjakan pemeriksaan kembali data register yang tercatat

7. Bila semua kolom telah berisi secara benar, click “Kirim”

Proses register sukses dilaksanakan bila kamu telah mendaftar data diri sama NIK yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil (Dukcapil). Kamu akan memperoleh nofikasi berbentuk SMS balasan saat register kartu 3 kamu telah sukses.

Menghapus Data Registrasi Kartu 3 via Website

Register kartu 3 harus dilaksanakan sendiri sesuai data pemakai kartu SIM. Bila nomor kamu tercatat atas nama seseorang, kamu dapat hapus data lewat menu UnReg dari website Tri. Berikut beberapa langkah untuk lakukan UnReg data NIK yang tidak tepat.

1. Membuka alamat situs register.tri.co.id

2. Tentukan “UnReg”

3. Isi kolom formulir bernomor kartu SIM yang aktif

4. Masukan NIK (nomor sama e-KTP)

5. Click “Meminta Code Rahasia” dan nantikan code itu dikirimkan lewat SMS ke nomormu

5. Contreng kotak “I’m not a robot”

6. Kerjakan pemeriksaan kembali data register yang tercatat

7. Bila semua kolom telah berisi secara benar, click “Kirim”

Kebalikannya, bila kamu mendapati NIK kamu tercatat atas nomor telephone seseorang, kamu dapat tiba ke gerai Tri paling dekat untuk lakukan laporan.

Rekomendasi

Ini Dia Cara registrasi kartu Telkomsel tanpa KK, Mungkin Sobat Belum Tau,

Cara Mudah Unduh Video Instagram Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara Mudah Unduh Video Instagram Tanpa Bantuan Aplikasi