in

Cegah Virus Corona, Pemerintah Hanya akan Kirim Masker untuk WNI di China

Tekape.id – Teror virus corona yang melanda Tiongkok telah menghebohkan dunia, beberapa negara di dunia panik karena banyak warganya yang berada di Tiongkok khususnya Kota Wuhan berpotensi menjadi korban penyebaran virus mematikan tersebut.

Jepang dan Amerika serikat misalnya. Kedua negara ini telah bersiap mengevakuasi seluruh warganya dari Tiongkok. Jepang bahkan bersiap menyewa pesawat khusus untuk memulangkan seluruh warganya.

Alih-alih mengevakuasi WNI di Tiongkok, pemerintah Indonesia justru hanya akan mengirimkan masker untuk mencegah penularan virus corona menjangkiti WNI yabg berada di Tiongkok.

Seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal mengirimkan 10 ribu lembar masker ke China. Masker tipe N95 itu dikhususkan untuk mahasiswa Indonesia yang terisolasi karena virus corona di provinsi Hubei, seperti Wuhan.

Hal ini ditegaskan Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi, dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (28/1/2020).

“Dikirim besok (Rabu, 29 Januari 2020),” ujarnya.

Menurutnya pengiriman dilakukan sebagai respon BNPB atas permohonan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing. Sebelumnya KBRI Beijing memang mendapat instruksi untuk membagikan masker pada WNI namun sayangnya persediaan hampir habis.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo menegaskan pengiriman bantuan ke WNI di China tidak perlu menunggu status darurat. Ditegaskannya, ini diatur dalam UU Nomor 24 tahun 2007 terkait bencana non-alam dan Inpres No 4 tahun 2019.

“Tidak perlu menunggu status,” tegasnya.

China sudah mengisolasi 15 kota di Provinsi Hubei. Saat ini di China, sudah ada 107 orang tewas karena virus ini.

Halaman 1 | 2

Rekomendasi