Ayo ke tekape..!

Viral, Seorang Pria Masuk Got Karena Saluran Mampet…

Tekape.id – Sebuah video tentang seorang pria yang masuk ke dalam got viral di media sosial Twitter dan Instagram.

Unggahan tersebut pertama kali dibagikan oleh Yulius Iskandar, warga Padasuka, Kota Bandung, melalui akun media sosial Twitter-nya @juliuzickboy.

Hingga Minggu (29/12/2019) sore, unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak lebih dari 22.000 kali dan disukai oleh lebih dari 33.000 akun.

Dalam unggahannya, Yulius menyertakan video berdurasi 45 detik.

Video tersebut memperlihatkan seorang pria dengan badan yang separuhnya tengah berada di dalam got yang mampet serta seseorang di depannya yang berdiri memegangi tangga.

Beberapa saat kemudian, pria itu membenamkan diri masuk ke dalam got tersebut.

Mereka yang memegang tangga berujar, “Manusia gorong-gorong”.

Beberapa saat kemudian, setelah pria tersebut membenamkan seluruh tubuhnya, air perlahan surut.

Ketika pria tersebut kembali ke atas, ia  mengacungkan jarinya sambil mengatakan, “rasa strawberry”.

Saat dikonfirmasi, pengunggah video itu, Yulius mengatakan, peristiwa yang terekam di video itu terjadi di Perempatan Gang Dharma Bhakti dan Gang H. Syahroni Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Adapun pria yang berada di dalam video tersebut bernama Mang Uha (pria di dalam got) dan Mang Oho (pria yang memegangi tangga).

“Kemarin itu kondisi saluran mampet. Di video itu, merupakan got akhir dari RW-RW lain. Pusatnya di situ,” cerita Yulius saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/12/2019).

Yulius menceritakan, Mang Uha memang kerap dimintai tolong untuk membantu mengatasi masalah got dan gorong-gorong yang tersumbat.

“Kebetulan Mang Uha di lingkungan ini memang spesialisnya nyebur ke got dan gorong-gorong. Dia udah ngerti medan, udah biasa. Tahu tersumbatnya di mana, sampah yang harus diambil di mana,” kata Yulius.

Terkait video tersebut, Yulius menceritakan, kejadian itu merupakan inisiatif Mang Uha dan Mang Oho karena air tergenang dan warga yang melintas mengeluhkan bau.

“Langsung terjun masuk aja ke dalam, bongkar sampah-sampah kayak pembalut, baju, diambil alirannya langsung lancar lagi,” cerita Yulius.

Menurut Yulius, Mang Uha adalah sosok humoris. Oleh karena itu, tak heran jika pernyataan “Rasa strawberry” dilontarkannya saat keluar dari got.

“Karena memang orangnya suka bercanda. Sempat keminum, dia enggak dirasa.

Ya udahlah rasa strawbery, bercandanya dia,” ujar Yulius.

Yulius mengatakan, Mang Uha dan Mang Oho setiap harinya bekerja sebagai pekerja serabutan yang kerap dimintai warga membenahi genteng, sumur, dan sebagainya.

Mengenai video yang viral, Yulius mengaku, bukan dia yang merekamnya. Dia tinggal satu kecamatan dengan Mang Uha. Video itu didapatkan dari temannya.

“Saya dapat dari temen videonya. Saya posting pengen nanya ke wali kota apakah layak dapat penghargaan. Akirnya jadi viral di-repost media-media juga, selebritis, dan banyak di-retwit. Saya secara pribadi pengen mengapresiasi,” kata dia.

Pada Minggu (29/12/2019) pagi, Yulius menemui Mang Uha dan Mang Oho. Ia dan beberapa orang lainnya datang membawa beberapa bantuan dari para netizen.

“Bantuan berupa uang, pakaian, sepatu, HP. Karena Mang Uha belum punya HP,” kata dia.

Hal ini dilakukan karena tindakan Mang Uha dan Mang Oho demi kepentingan banyak orang.

Sumber: kompas.com

Apa pendapatmu?