in

Chipset Exynos 1080 akan Hadir Di ke Dua Ponsel ini, Samsung atau Vivo?

Chipset Exynos 1080 akan Hadir Di ke Dua Ponsel ini, Samsung atau Vivo?

Samsung pekan ini mengumumkan akan merilis prosesor andalan barunya, Exynos 1080. Kedengarannya tidak semenarik ketika Qualcomm melepas Snapdragon unggulan terbaru, tapi perlu Anda tahu ini adalah chip A78 pertama di industri yang didasarkan pada proses 5nm.

Apalagi, smartphone pertama yang ditenagai oleh SoC ini kabarnya adalah Samsung Galaxy A72. Seri tersebut biasanya diluncurkan Samsung pada penghujung tahun.

Parameter Kunci Samsung Exynos 1080

Samsung Exynos 1080 akan menggunakan proses LPE 5nm paling canggih milik Samsung, yang merupakan dua generasi setelah proses 8nm yang digunakan pada generasi sebelumnya Exynos 980. Pada saat yang sama, Exynos 1080 juga akan menggunakan Cortex-A78 dan Cortex-A55 ARM terbaru.

Arsitektur CPU cluster ganda. Plus, akan ada GPU terintegrasi yang ditingkatkan ke Mali-G78 terbaru ARM.

Dilaporkan bahwa performa CPU dari prosesor ini dapat ditingkatkan hingga 20%, dan performa GPU dapat ditingkatkan hingga 25%. Poin berjalan AnTuTu bisa mencapai 650.000, setara dengan Snapdragon 865 Plus saat ini.

Samsung secara resmi akan merilis Exynos 1080 pada Q4 tahun ini. Selain Samsung Galaxy A72, vivo akan menjadi merek lain yang meluncurkan smartphone dengan chip tersebut.

Handphone akan muncul di kuartal empat (Q4) tahun 2020. Namun saat ini, Giz China mengutarakan, industri tidak dapat mengklaim smartphone mana yang akan muncul di pasaran lebih cepat dengan Exynos 1080. Dugaannya antara vivo X60 atau Galaxy A72?

Samsung atau vivo

Terkait ponsel mana yang akan lahir dengan Exynos 1080, toko ritel di China sudah mengiklankan Vivo X60. Ponsel dikatakan sebagai unggulan profesional di bidang pencitraan. Pastinya, penerus seri Vivo X50 harus mendapatkan kamera yang mumpuni.

Namun, belum ada detail mengenai smartphone tersebut. Informasi ini diterbitkan oleh orang dalam Ice Universe yang terpercaya atas rumor-rumornya di dunia maya.

Saat ini, Samsung Exynos 990 SoC adalah chip andalan perusahaan Korea yang dipasang di smartphone premiumnya. Mereka termasuk seri Galaxy S20 dan Note20.

Exynos 990 20% lebih cepat dari pendahulunya. Dan menggunakan dua inti kinerja Mongoose-5, dua inti kinerja menengah Cortex-A76 dan empat inti ‘kecil’ Cortex-A55 untuk tugas latar belakang dan efisiensi.

Jadi, dengan dirilisnya chip baru, Samsung membuat SoC-nya bekerja lebih cepat daripada model sebelumnya. Bagaimanapun, chip proses 7nm menampilkan kombinasi chip ARM dan Samsung sendiri.

Setelah Exynos 990 menghadapi kritik yang cukup besar karena tertinggal dalam kinerja dari rekan-rekan Snapdragon-nya, masih harus dilihat apakah Samsung kembali sepenuhnya menggunakan chip ARM saja, dalam SoC andalannya yang akan datang.

Sebelumnya, beberapa media mengabarkan bahwa Samsung sedang mempersiapkan perang smartphone tahun depan. Diperkirakan 300 juta handphone akan dikirim pada tahun 2021, atau meningkat 15%.

Sumber: sindonews

Rekomendasi

5 Kode Redeem Mobile Legend (ML) 12 Oktober 2020

List! Harga HP OPPO Terbaru Oktober 2020, Mulai 1juta sampai 30juta an