Contoh Latihan Soal Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 11

Halo Sahabat TEKAPE.ID apa kabar? Pada kesempatan kali ini TEKAPE.ID akan membahas tentang Contoh Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPS Kelas 11.yuk kita simak soalnya berikut ini

Contoh Latihan Soal Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 11

 

1. Perairan laut di Indonesia memiliki karakteristik berbeda. Hal ini dapat dilihat dari kedalaman lautnya. Wilayah Indonesia bagian barat memiliki kedalaman laut yang lebih dangkal dibandingkan perairan laut di Indonesia bagian tengah dan timur, seperti Laut Banda. Faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini adalah ….

  1. adanya sedimentasi yang besar di perairan Indonesia bagian barat
  2. adanya perbedaan proses pembentukan morfologi laut di Indonesia
  3. kedalaman laut di Indonesia bagian timur dipengaruhi oleh kuatnya arus Samudra Pasifik
  4. pergerakan lempeng tektonik di Indonesia bagian barat tidak terlalu berpengaruh besar
  5. erosi vertikal yang cukup besar di dasar perairan laut Indonesia bagian timur

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Wilayah perairan laut di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satunya adalah perbedaan kedalaman laut di Indonesia bagian barat dan timur. Perairan laut Indonesia bagian barat cenderung tidak dalam dan memiliki kedalaman hingga beberapa ratus meter saja. Sementara, perairan laut di Indonesia bagian timur sangat dalam. Hal ini disebabkan oleh proses pembentukannya yang berbeda. Perairan laut di Indonesia bagian barat merupakan laut transgersi yang terbentuk akibat menaiknya permukaan air laut dan menyebabkan daratan menjadi tergenang. Sementara, beberapa perairan laut di Indonesia bagian timur merupakan laut ingresi. Laut ingresi ini adalah laut yang terbentuk karena adanya penurunan kerak samudra yang terjadi di dasar laut sehingga menyebabkan laut akan semakin dalam. Jawaban yang tepat adalah B.

2. Kebangkitan kekuatan maritim di Indonesia ditandai dengan adanya peristiwa ….

  1. Deklarasi Bangkok
  2. Deklarasi Djuanda
  3. UNCLOS 1978
  4. Proklamasi Kemerdekaan
  5. Seruan Sunda Kelapa

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Kekuatan maritim Indonesia mulai bangkit kembali dengan dicetuskannya Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957. Isi dari Deklarasi Djuanda adalah menyatakan bahwa Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang memiliki corak tersendiri dan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Selain itu, pada Deklarasi Djuanda dinyatakan pula bahwa batas laut teritorial Indonesia berubah menjadi 12 mil dari garis pantai pulau terluar, di mana sebelumnya batas ini masih mengacu pada peraturan Hindia Belanda tahun 1939 yang mengatur bahwa batas teritorial hanya berjarak 3 mil dari garis pantai setiap pulau. Jawaban yang tepat adalah B.

3. Perhatikan karakteristik bioma berikut ini:

  • banyak ditemukan di wilayah tropis
  • padang rumput yang diselingi pepohonan yang menyebar
  • curah hujan sedang dan tidak teratur antara 100-150 mm/tahun

Bioma yang memiliki karakteristik yang disebutkan pada soal adalah ….

  1. tundra
  2. gurun
  3. sabana
  4. hutan musim
  5. taiga

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Sabana merupakan padang rumput yang dipenuhi oleh semak-semak dan dikelilingi oleh beberapa jenis pohon yang menyebar. Sabana atau padang rumput tropis berada pada wilayah dengan curah hujan tidak teratur antara 100-150 mm/tahun. Bioma ini memiliki porositas batuan dan drainase yang cukup baik sehingga masih ada tumbuhan yang bisa hidup di sana, namun bioma ini tidak cukup basah untuk menjadi hutan. Jawaban yang tepat adalah C

4. Sumber daya alam di dunia terbagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui. Salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah air. Hal ini disebabkan oleh ….

  1. air mengalami siklus hidrologi
  2. air dapat diciptakan oleh manusia
  3. air mengalir dari hulu ke hilir
  4. air dapat ditampung sehingga tidak akan pernah habis
  5. air ditampung di sungai, danau, dan laut

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Air selalu terbarukan melalui siklus air atau siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah proses sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi, dan kembali ke atmosfer lagi melalui proses evaporasi air permukaan karena panas matahari, kondensasi awan, dan presipitasi hujan. Siklus hidrologi ini berjalan secara terus menerus. Dengan demikian, air tidak akan pernah habis dan dapat diperbarui bila dibandingkan sumber daya alam atau energi lainnya. Jawaban yang tepat adalah A.

5. Berikut ini yang merupakan contoh dari industri ekstraktif adalah….

  1. industri transportasi
  2. industri pertanian
  3. industri farmasi
  4. industri perbankan
  5. industri sepatu

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Industri ekstraktif adalah industri yang bahan bakunya diambil dari alam sekitarnya. Contohnya adalah industri pertanian, perikanan, pertambangan, perkebunan, dan peternakan. Jawaban yang tepat adalah B.

Tinggalkan komentar