in

Contoh Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 12

Contoh Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 12
Contoh Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 12

Halo Halo sahabat TEKAPE.ID khususnya kamu yang berada di jenjang SMA dan mengambil jurusan IPA! Selamat menghadapi minggu UTS ya. Untuk membantu kamu mempersiapkan diri, kali ini TEKAPE.ID sudah mempersiapkan latihan dan pembahasan Soal UTS Bahasa Inggris Kelas 12. Yuk, mari kita bahas.

 

1. Raisa : I don’t know whether I will take the scholarship or not. It does not cover the plane ticket. I don’t have enough money for it.
Hamish : …
Raisa : Thank you a million. That’s very kind of you.

Which of the following setences best fill the blank?

  1. I’ll find a sponsor for you, if you want.
  2. Can you find a sponsor?
  3. You’d better to leave the scholarship.
  4. I don’t mind if you don’t take it.
  5. I’ll be happy, if you take it.

Jawaban : A
Pembahasan
Dalam percakapan tersebut, kita bisa lihat kalimat kuncinya ada pada Raisa yang tidak punya uang untuk membeli tiket pesawat, lalu berikutnya ia mengucapkan terima kasih kepada Hamish. Ini berarti Hamish menawarkan (offering) Raisa sesuatu. Jawaban B tidak tepat karena “can you find a sponsor?” mengandung unsur meminta (requesting), sementara jawaban C tidak tepat karena itu berupa suggestion. Jawaban D bertentangan dengan respon yang mengucapkan terima kasih. Jawaban E yang tidak sesuai dengan percakapan. Maka jawaban yang paling tepat ialah A, yakni Hamish akan menemukan sponsor untuk Raisa jika Raisa mau.

 

2. Dian : The cake is scrumptious! I love it.
Joni : … another piece?
Dian : Thank you. You should tell me the recipe.
Joni : I will.

Which of the following offering expressions best fill the blank?

  1. Do you mind if you have
  2. Would you like
  3. Shall you hav
  4. Can I have you
  5. I will bring you

Jawaban : B
Pembahasan
Dian merasakan kelezatan dari kue buatan Joni, dan Joni pun menawarkan (offering) Dian untuk menambah kue. Jadi, ekspresi yang tepat adalah jawaban B. Jawaban A, C, dan D tidak menunjukkan offering expression, dan E tidak menunjukkan awal dari sebuah pertanyaan.

 

3. Fitri : The French homework is really hard. I don’t feel like to do it.
Rahmat : … to help you?
Fitri : It sounds great. Thanks, Rahmat!

Which of the following offering expressions best fill the blank?

  1. Do you mind if I
  2. Would you like me
  3. Shall I
  4. Can I
  5. I will

Jawaban : B
Pembahasan
Dalam percakapan tersebut, Fitri merasa kesulitan dalam mengerjakan PR bahasa Perancis, dan Rahmat menawarkan bantuan. Kata kuncinya adalah to help, setelah titik-titik. Jawaban A, C, D, dan E tidak bisa diikuti oleh bentuk infinitive (to + V1). Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

4. The following phrase, Dear Mr. Gilhooley, from the passage above functions as a….

  1. salutation
  2. introduction
  3. body
  4. closing
  5. signature

Jawaban : A
Pembahasan
Jawaban B salah karena introduction berfungsi untuk menjelaskan pekerjaan apa yang Anda lamar dan dari mana Anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut. Sementara body berisi penjelasan megapa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut dan mengapa Anda berhak menerima posisi tersebut (pengalaman atau latar belakang Anda disebutkan dalam bagian ini). Closing merupakan penutup yang biasanya berisi ucapan terima kasih atas pertimbangan dari pihak perusahaan atau perihal wawancara. Signature berisi tanda tangan. Jadi, jawaban yang paling tepat ialah A (salutation) yang biasanya menggunakan kata dear …

 

5. The second paragraph from the passage above functions as a….

  1. salutation
  2. introduction
  3. body
  4. closing
  5. signature

Jawaban : C
Pembahasan
Jawaban A salah karena salutation berisikan kata “dear”. Jawaban B salah karena introduction berfungsi untuk menjelaskan pekerjaan apa yang Anda lamar dan dari mana Anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut. Sementara closing merupakan penutup yang biasanya berisi ucapan terima kasih atas pertimbangan dari pihak perusahaan atau perihal wawancara. Signature berisi tanda tangan. Jadi, jawaban yang paling tepat ialah C (body) karena pada paragraf tersebut pelamar menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut menarik.

Rekomendasi