Ayo ke tekape..!

Fadli Zon Raih Champion of Corruption Awards dari Parlemen Antikorupsi Afrika

Tekape.id – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mendapat anugerah Champion of Corruption Awards dari The African Parliamentarians Network againts Corruption (APNAC).

Anugerah itu diberikan atas komitmen Fadli selama menjadi Presiden The Global Organization of Parliamentarians against Corruption (GOPAC).

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (12/12/2019), penghargaan itu diberikan oleh Presiden APNAC Kenya Shakeel Shabbir Ahmed dalam acara The 7th Global Conference of Parliamentarians against Corruption pada 9-10 Desember di Doha, Qatar. Fadli merupakan Presiden GOPAC periode 2015-2017 dan 2017-2019.

Fadli dianggap berhasil membawa GOPAC sebagai organisasi internasional antarparlemen terbesar di dunia yang berfokus pada agenda pemberantasan korupsi dan good governance. Ada tiga isu utama yang diangkat GOPAC selama kepemimpinan Fadli, yakni pembangunan berkelanjutan, ratifikasi dan implementasi UNCAC, dan open parliament.

Dalam acara tersebut, Fadli juga dipercaya menjadi Wakil Presiden GOPAC 2019-2021. Dia bakal mendampingi Presiden GOPAC terpilih, yaitu Ketua Parlemen Qatar Ahmad al-Mahmoud.

Fadli, yang merupakan Waketum Gerindra, juga dipercaya memimpin Southeast Asian Parliamentarians Against Corruption (SEAPAC). Fadli Zon dipilih secara aklamasi.

Dia menyampaikan sejumlah hal yang harus menjadi fokus parlemen antikorupsi.

“Pertama, meningkatkan kapasitas pribadi. Anggota parlemen harus memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang pemberantasan korupsi, termasuk meningkatkan budaya integritas,” ucapnya.

Kedua, katanya, jaringan antarparlemen dunia harus diperkuat. Fadli menyebut parlemen Indonesia sudah lama menjadi lokomotif pemberantasan korupsi di kawasan Asia Tenggara.

“Di SEAPAC, parlemen Indonesia telah lama menjadi lokomotif pemberantasan korupsi di Asia Tenggara,” tuturnya.

Sumber: Detik.com

Apa pendapatmu?