in

Fungsi Hukum Pada Dasarnya Adalah

Tekape.id –  halo sobat tekape, untuk kamu yang sedang mencari jawaban atas soal Fungsi Hukum Pada Dasarnya Adalah? lihat selengkapnya berikut ini

Fungsi hukum pada dasarnya adalah….

A. melindungi kepentingan manusia
B. mengatur pergaulan
C. menciptakan keadilan dan kemanfaatan
D. menumbuhkan kesadaran hukum
E. menciptakan keamanan sekolah​

Jawaban:

A. melindungi kepentingan manusia

Penjelasan:

Setiap manusia pada dasarnya membutuhkan perlindungan dari manusia lainnya. Sehingga, fungsi hukum juga untuk memberikan perlindungan terhadap kepentingan bersama. Adanya rasa terlindungi dan berkeadilan ini dapat tercapai apabila manusia menegakkan hukum dengan baik.

Jawaban tersebut dilansir dari situs brainly.co.id

Fungsi Hukum Beserta Tujuannya yang Perlu Diketahui

Tiap manusia mempunyai ketentuan jalani kehidupan setiap hari. Ketentuan ini umumnya berbentuk perintah atau larangan untuk lakukan suatu hal yang umum dikatakan sebagai hukum. Ini diaplikasikan diantaranya supaya warga terlindung dari bermacam teror dan kejahatan.

Jalani kehidupan setiap hari, warga memerlukan hukum untuk capai kesejahteraan bersama. Hukum dibuat untuk mengendalikan dan batasi bermacam jenis rutinitas warga supaya tercipta satu tatanan hidup yang aman, teratur, dan berkeadilan.

Indonesia adalah negara hukum yang mengendalikan masyarakat negara dalam melakukan hak dan kewajibannya. Ini sama seperti yang tertera dalam UUD 1945 Pasal 1 ayat (3). Di mana hukum jadi kewajiban di kehidupan negara dan bangsa sebab ada hukum bisa membuat keteraturan dan keadilan pada warga.

Hukum adalah ketentuan atau tradisi yang secara sah dipandang mengikat, yang ditetapkan oleh penguasa atau pemerintahan. Hukum dapat disimpulkan selaku undang-undang, dan ketentuan untuk mengendalikan pertemanan hidup warga.

Pada umumnya, hukum bisa disimpulkan selaku ketentuan berbentuk etika dan ancaman yang dibuat untuk mengendalikan perilaku manusia dengan arah jaga keteraturan, keadilan, dan menahan berlangsungnya tindak kejahatan. Disamping itu, hukum jadi dasar untuk warga dalam lakukan satu perlakuan dan memperoleh kejelasan pada pelindungan hukum.

Manusia mempunyai karakter berkuasa yang bisa melakukan perbuatan dan berkeinginan sesuai kemauannya. Jika kemauan dan tekadnya ini tidak terbatasi, karena itu manusia dapat jadi teror untuk manusia yang lain. Bahkan juga karakter kekuasaan manusia bisa mengeksploitasi dan mendalami dunia.

Hingga hukum dibuat diantaranya untuk batasi ruangan gerak manusia supaya tidak melakukan perbuatan sesuai kehendak dirinya. Peranan hukum diantaranya adalah terbentuknya satu tatanan warga yang aman, tenteram, dan berkeadilan. Di bawah ini fungsi-fungsi hukum yang harus dipahami.

1. Jaga Hubungan Manusia
Peranan hukum yang pertama adalah mengendalikan jalinan manusia supaya terbentuk keteraturan dan diinginkan sanggup menahan berlangsungnya masalah kebutuhan yang mempunyai potensi memunculkan perselisihan.

Disamping itu, peranan hukum tingkatkan dan meningkatkan jalinan antar manusia sesuai aturan hukum yang berjalan. Hingga ini bisa membuat perlindungan kebutuhan manusia, baik secara pribadi atau barisan.

2. Membuat perlindungan Kepentingan Bersama
Tiap manusia pada dasaranya memerlukan pelindungan dari manusia yang lain. Hingga, peranan hukum untuk memberi pelindungan pada kebutuhan bersama. Ada rasa terlindung dan berkeadilan ini bisa terwujud jika manusia menegakkan hukum secara baik.

Hingga dengan menegakkan hukum dengan baik, manusia bisa terlepas dari bermacam teror di sekitarnya. Dengan patuhi, menegakkan, dan melakukan hukum yang berjalan, karena itu kebaikan bersama bisa terealisasikan.

3. Mewujudkan Keadilan Sosial

Peranan hukum selanjutnya yakni selaku fasilitas untuk merealisasikan keadilan sosial. Hukum dibuat dalam rencana membuat perlindungan dan jaga kebaikan bersama supaya keadilan sosial bisa diwujudkan. Warga mempunyai arah yang perlu diraih, karena itu dibuat hukum selaku salah satunya alat atau fasilitas dalam merealisasikan harapan itu.

4. Membuat Keteraturan dan Kedisiplinan Warga

Hukum berperan untuk membuat keteraturan dan kedisiplinan warga. Hukum bisa batasi gerak seorang dalam lakukan bermacam rutinitas, hingga hukum berperanan penting dalam menahan berlangsungnya sikap yang menyelimpang. Dengan patuhi dan meneggakan hukum dengan baik, karena itu bisa membuat keteraturan dan kedisiplinan warga.

Rekomendasi

JAWABAN Soal Ulangan UAS/PAS Tema 4 Kelas 3 Tema SD Subtema 1

Harga Emas Antam Hari Ini 30 November 2020