ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan sejarah disebut

ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan sejarah disebut

Jawaban:

Arkeologi

Penjelasan:

Sebutan untuk ilmu mempelajari benda-benda peninggalan sejarah

Dalam melakukan penelitian sejarah, seorang sejarawan sangat membutuhkan bantuan dari disiplin ilmu lain, seperti antropologi, paleoantropologi, filologi, numismatik, hingga arkeologi. Arkeologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari benda benda peninggalan sejarah. Benda-benda peninggalan sejarah yang diteliti berupa peninggalan budaya manusia masa lalu atau yang disebut sebagai artefak.

Dengan demikian, Ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan sejarah di sebut dengan Arkeologi.

Pertanyaan lainnya:

Pertanyaan

Sejarah bisa dikategorikan ilmu dengan beberapa cirinya. Berikut yang menempatkan ciri sejarah dalam keilmuan sebagai pengalaman manusia adalah ….undefined

a. memiliki objekundefined

b. bersifat empiris

c. memiliki teoriundefined

d. memiliki eksistensiundefined

e. memiliki metodeundefined

Jawaban
jawaban yang tepat adalah B.

Sebagai sebuah disiplin ilmu pengetahuan, maka sejarah harus memiliki beberapa karakteristik yang berkaitan dengan pedoman akademis. Beberapa karakteristik tersebut adalah memiliki objek kajian, memiliki metode kajian, memiliki teori dan generalisasi, rasional dan empiris. Dari beberapa karakteristik tersebut, yang sangat berkaitan dengan pengalaman manusia adalah empiris. Hal ini karena empiris adalah sesuatu yang didasarkan pada pengalaman manusia di masa lalu. Sementara itu, sejarah sendiri selalu mendasarkan pada pengalaman-pengalaman manusia pada masa lalu.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Tinggalkan komentar