Jawaban TVRI Selasa 5 Januari 2021 Kelas 1 2 3 4 5 6

TVRI Selasa 5 Januari 2021 Kelas 1 2 3 4 5 6

Kelas 1 Episode 2: Aturan di Rumah

– Sinopsis

Mengupas tentang ‘Aturan di Rumah’, Kiki kali ini akan mengajak kamu untuk mengenali rumah, ruangannya dan aturan di rumah seperti merapikan tempat tidur.

Selain itu, bersama-sama membaca cerita “Meri Si Kidal”, memahami kosakata baru dari materi Balima, dan menulis huruf akhir pada kata.

– Kompetensi Literasi

1. Mengenali rumah, ruangan dan aturan di rumah seperti merapikan tempat tidur.

2. Membaca terbimbing ditemani orangtua dengan materi bacaan “Meri Si Kidal”.

3. Memahami kosakata baru dari materi BALIMA.

4. Menulis huruf akhir pada kata.

– Kompetensi Numerasi

1. Mengenal kiri dan kanan.

– Penguatan Karakter

1. Mengajak siswa untuk belajar bekerjasama.

Baca juga: Apa Itu Kebiri Kimia yang Jadi Hukuman Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak?

– Panduan untuk Orangtua

Sebelum tayangan:

Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut.

Anak juga menyiapkan alat tulis.

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi anak dari melihat tayangan:

1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya.

Orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang katakata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya.

Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.

2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.

3. Bimbing anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.

4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.

5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.

6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.

7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya

——————–

Kelas 2: Denah dan Tata Letak Dapurku

Salih dan Saliha adalah kakak beradik yang sering beda pendapat, tapi kompak saat akan melakukan kegiatan merapikan benda-benda di rumah.

Keduanya didampingi karakter kakak yang menjadi ketua kelas di sekolahnya.

Kakak akan mendampingi dalam menjelaskan tentang bekerja sama.

Kisahnya diangkat dari lembar cerita “Asyiknya Bekerja Sama” yang ditampilkan dalam bentuk ilustrasi serta suara narator yang bercerita.

– Kompetensi Literasi

1. Memahami aturan meletakkan benda-benda yang ada di rumah.

2. Menyimak cerita dan menjawab pertanyaan tentang cerita.

3. Menceritakan kembali isi cerita.

4. Memahami denah dan tata letak benda di dapur.

5. Menggambar dan menulis informasi dari membuat denah dapur.

– Kompetensi Numerasi

1. Menentukan letak benda dan jarak benda berdasarkan arah dari kanan ke kiri.

2. Melengkapi denah berdasarkan petunjuk yang diketahui.

3. Menggambar denah.

4. Menyelesaikan soal terkait letak benda berdasarkan arah dari kanan ke kiri.

– Penguatan Karakter

Beriman, bertakwa pada Tuhan YME dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis,bergotong-royong, kreatif dan berkebhinekaan global.

——————————-

Kelas 3 Episode 2: Aturan di Rumahku

Hari ini, Kak Jo menjelaskan tentang fungsi aturan di dalam rumah.

Ia juga membacakan cerita “Asyiknya Bekerja Sama” yang menampilkan kakak-beradik Salih dan Saliha yang bekerja sama membereskan kamar.

Di episode kali ini, kamu diajak menebak nama hewan yang akan hidup di kasur jika kasur tidak rajin dibersihkan.

Setelah itu, membuat denah rumah lengkap dengan ukuran jarak antar ruangan sebagai tugas besok.

– Kompetensi Literasi

Siswa dapat menjelaskan dalam bentuk paragraf singkat manfaat denah rumah dan tata letak benda dengan menggunakan kosakata terkait serta kewajiban dan haknya saat menggunakan benda-benda yang ada di rumah.

Siswa dapat mendemonstrasikan pemahamannya terhadap denah rumah dan pentingnya aturan dalam meletakkan benda-benda di ruangan melalui pembuatan peta harta karun atau rumah impian.

– Kompetensi Numerasi

Siswa mampu menentukan lokasi dengan menggunakan sistem koordinat sederhana.

– Penguatan Karakter

Berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotongroyong, kreatif, bernalar kritis, mandiri.

——————————–

Kelas 4 Episode 2: Roda dan Gaya Gesek

Dalam episode berjudul “Roda dan Gaya Gesek’ kali ini, kamu akan mempelajari bagaimana menghitung sudut dengan busur derajat, roda pada transportasi, dan mengamati sudut pada roda.

Selain itu, kamu juga akan diajak untuk mengetahui bagaimana mengukur sudut jari-jari roda.

– Literasi

1. Roda dan gaya gesek.

2. Ukuran roda pada transportasi yang berbeda.

3. Latihan kosakata.

– Numerasi

1. Mengamati sudut pada roda.

2. Mengukur sudut jari-jari roda.

– Penguatan Karakter

1. Kritis dalam menerima informasi dan gagasan.

2. Mandiri dan bertanggung jawab dalam belajar.

3. Teliti dalam melakukan pengukuran.

4. Cermat membaca speedometer.

5. Jujur dalam melaporkan hasil pengukuran.

——————————–

Kelas 5 Episode 2: Transportasi Darat

Di episode tayangan kali ini, kamu akan ditemani Kak Kinan, Deni dan Sita.

Bersama mereka, kamu diajak mengenal beragam transportasi darat dan fungsinya, seperti kendaraan dengan mesin, dan kendaraan tanpa mesin.

Kamu juga diajak berlatih menggunakan kata depan.

– Literasi

1. Mengenal beragam transportasi darat dan fungsinya.

2. Mengenal delapan kosakata baru: sarana, moda, polutan, hela, motor, daya angkut, tonase, kapasitas.

3. Berlatih menggunakan kata depan.

– Numerasi

1. Membuat bak gerobak berbentuk kubus tanpa tutup.

2. Membuat jaring-jaring dari satu bangun ruang.

– Penguatan Karakter

Berakhlak mulia, mandiri, kreatif

—————————

Kelas 6 Episode 2: Kereta Api Sejak Dulu Hingga Kini

Melanjutkan episode sebelumnya, Angga dan ayahnya sudah sampai di rumah setelah mengunjungi stasiun.

Mereka membicarakan alat transportasi yang pernah Angga gunakan, dan berapa jumlah orang yang dapat ditampung.

Pak Ilham, teman ayahnya yang seorang masinis, juga menjelaskan soal perkembangan kereta api sesuai zaman dan keuntungan menggunakan kereta.

Literasi

1. Mengenali perkembangan kereta api.

2. Membandingkan dan berlatih alat transportasi kereta api.

3. Mengenal dan berlatih kata depan.

Numerasi

1. Mengenal volume bangun ruang.

2. Mengaitkan dan berlatih muatan alat transportasi dengan volume bangun ruang.

Penguatan Karakter

1. Berakhlak mulia.

2. Bernalar kritis.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Tugas TVRI Selasa 5 Januari 2021 Kelas 1 2 3 4 5 6 Tema 5 Subtema 1 Episode 2, https://pontianak.tribunnews.com/2021/01/04/tugas-tvri-selasa-5-januari-2021-kelas-1-2-3-4-5-6-tema-5-subtema-1-episode-2?page=all.
Penulis: Nasaruddin
Editor: Nasaruddin