Jelaskan Proses Pembuatan Kertas Mulai Dari Kayu Sampai Jadi Buku

Pertanyaan;

Jelaskan Proses Pembuatan Kertas Mulai Dari Kayu Sampai Jadi Buku

Jawaban;

Awalnya Kayu yang sering digunakan dalam proses pembutan kertas di Indonesia umumnya adalah kayu jenis berserat pendek yang rapuh sepeti Akasia sehingga mudah diolah dan dicampur dengan kayu yang berserat panjang contohnya pohon pinus untuk menguatkan kertas. Proses pencampuran ini dilaukan dengan menggunakan mesin pembuat kertas (paper machine).

pembuatan pulp/bubur kertas

  1. Kayu diambil dari hutan produksi kemudian dipotong – potong atau lebih dikenal dengan log. Log disimpan ditempat penampungan beberapa bulan sebelum diolah dengan tujuan untuk melunakan log.
  2. Setelah itu dibuang kulitnya dengan mesin pengupas kulit kayu atau yang sering juga dikenal dengan istilah De – Barke
    1. Kayu dipotong – potong menjadi ukuran kecil (chip) dengan mesin chipping. Pada proses ini Chip yang sesuai ukuran diambil dan yang tidak sesuai diproses ulang.
    2. Chip dimasak didalam digester untuk memisahkan serat kayu (bahan yang diunakan untuk membuat kertas) dengan lignin. Proses pemasakan ini ada dua macam yaitu Chemical Pulping Process dan Mechanical pulping Process. Hasil dari digester ini disebut pulp (bubur kertas). Pulp ini yang diolah menjadi kertas pada mesin kertas (paper machine).

    proses pemasakan ini ada dua macam yaitu Chemical Pulping proses dan Mechanical pulping proses. Hasil dari digester ini disebut pulp (bubur kertas). Pulp ini yang diolah menjadi kertas pada mesin kertas (paper machine).

    Proses Pembuatan Kertas

    1. Pulp diolah dibagian Stock Preparation. Bagian ini berfungsi untuk meramu bahan baku seperti: menambahkan pewarna untuk kertas (dye), menambahkan zat retensi, menambahkan filler (untuk mengisi pori – pori diantara serat kayu), dll. Bahan yang keluar dari bagian ini disebut stock (campuran pulp, bahan kimia, dan air)
    2. Dari stock preparation masuk ke pembersihan dengan alat yang disebut Cleaner.
    3. Dari cleaner stock masuk ke Headbox (pemanas) yang berfungsi untuk membentuk lembaran kertas (membentuk formasi) diatas Fourdinier Table.
      Fungsinya untuk membuang air yang berada dalam stock (dewatering). Hasil yang keluar disebut dengan web (kertas basah). Kadar padatnya sekitar 20 %.
    4. Kemudian masuk ke Press Part berfungsi untuk membuang air dari web sehingga kadar padatnya mencapai 50 %. Cara kerja mesin press part ini adalah kertas masuk diantara dua roll yang berputar. Satu roll bagian atas di beri tekanan sehingga air keluar dari web.
    5. Terakhir ke Dryer berfungsi untuk mengeringkan web sehingga kadar airnya mencapai 6 %.

    Tahap Finishing

    Akhirnya, kertas yang kering dililitkan pada gulungan besar (paper roll), di mana akan diproses lebih lanjut tergantung penggunaannya akhir. Kertas diratakan dan dipadatkan lebih jauh dengan melewati rol logam yang disebut dengan calenders.

    Nah itu dia gambaran mengenai proses pembuatan kertas semoga bisa memberikan wawasan untuk kamu, terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa.

Tinggalkan komentar