Untuk kelas 3: Jelaskan sifat-sifat kubus!

Sifat Sifat Kubus adalah:

  1. Memiliki 6 sisi
  2. Semua sisi memiliki luas yang sama
  3. Memiliki 12 rusuk
  4. Semua rusuk sama panjang
  5. Memiliki 8 titik sudut
  6. Memiliki 12 diagonal bidang
  7. Memiliki 4 diagonal ruang
  8. Memiliki 6 bidang diagonal

Tugas belajar dari rumah TVRI berlanjut hari ini, Selasa 9 Juni 2020.

Untuk materi yang akan ditonton, disesuaikan dengan tingkat kelas dan jenjang pendidikan.

Khusus kelas 1-3 SD, materi belajar, Selasa 9 Juni 2020 adalah Matematika: Mengenal Bangun Ruang.

Adapun untuk kelas 4-6 SD, bisa menonton tayangan TVRI X-Sains: Mekanisme Sistem Organ mulai pukul 09.00 WIB.

Setelah menyaksikan tayangan di TVRI, ada soal yang harus kamu jawab.

Oleh karena itu Sebelum menyaksikan tayangan, ada baiknya siswa diminta menyiapkan alat tulis dan berdoa.

Berikut ini tekape.id sajikan pertanyaan dan jawabannya:

Tuliskan masing-masing 2 benda di rumahmu yang memiliki bentuk tabung, kerucut, balok, kubus, prisma, dan bola!

Jawab:

Tabung: gelas, kaleng susu, toples

Kerucut: topi ulang tahun, tumpenng, topi petani, kukusan

Balok: tahu, akuarium, bak kamar mandi, batu bata

Kubus: dadu, kotak makan

Prisma: tenda (prisma segitiga), lemari (prisma segi empat)

Bola: bola voli, kelereng

Gambarkan 3 bola dengan ukuran yang berbeda, lalu urutkan dari yang paling kecil!

Jawab

Disclaimer: artikel ini hanya digunakan oleh orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Tugas Kelas 4-6 SD

Siswa kelas 4, 5 dan 6 SD bisa menonton tayangan TVRI X-Sains: Mekanisme Sistem Organ mulai pukul 09.00 WIB.

Setelah menyaksikan tayangan di TVRI, ada soal yang harus kamu jawab. Oleh karena itu siapkan alat tulis dan jangan lupa berdoa.

Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali.
Mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut.
Menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya.

Dua gelas ukur berukuran besar dan kecil. Gelas besar diisi air dan gelas kecil posisi telungkup di dalam gelas besar. Volume air 750 cm3. Iwan dan Bedu masing-masing menghembuskan udara ke dalam gelas dengan sedotan. Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!

Jawab:

Berdasarkan tayangan, kapasitas paru-paru bisa dihitung dengan jumlah udara yang ditiupkan.

Pada soal tersebut, sudah diketahui Iwan mampu meniupkan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3 udara.

Dengan demikian, bisa disimpulkan kapasitas paru-paru Iwan lebih besar.

Bagaimanakah proses terjadinya pencernaan makanan dalam sistem alat pencernaan kita? Coba Jelaskan!

Jawab:

Pertama, makanan akan dicerna dalam rongga mulut secara mekanik.

Berbagai organ yang ada dalam rongga mulut seperti gigi, lidah, kelenjar mulut, turut ambil bagian dalam proses ini.

Makanan yang sudah dikunyah oleh gigi kemudian akan masuk ke kerongkongan melalui faring

Faring sendiri merupakan persimpangan saluran dari rongga mulut ke kerongkongan.

Berikutnya, makanan akan sampai di lambung.

Makanan kembali diproses dengan berbagai enzim ketika sampai di usus halus.

Di sana terjadi proses pencernaan makanan agar menjadi unit-unit kecil yang diserap ke dalam pembuluh darah usus.

Selanjutnya makanan akan sampai di usus besar, tempat untuk menyerap air dan mineral dari sisa-sisa makanan.

Tuliskan tiga bagian darah! Coba jelaskan fungsi masing-masing dalam tubuh kita!

Jawab:

Eritrosit atau sel darah merah, untuk mengangkut oksigen dan karbondioksida ketika terjadi pertukaran gas dalam tubuh.

Leukosit atau sel darah putih, sebagai antibodi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Plasma darah untuk mengedarkan sari makanan.

Trombosit atau keping darah untuk membantu pembekuan darah.

Sumber: pontianak.tribunnews.com