in

Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk? Lihat disini Jawabannya

Tekape.id – Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk? mari simak penjelasan lengkap berikut ini ya sobat

Jawaban pendek:

Badan Keamanan Rakyat (BKR) didirikan pada 22 Agustus 1946.

Jawaban panjang:

BKR atau Badan Keamanan Rakyat didirikan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada 22 Agustus 1946 dan secara resmi dinyatakan berdiri dalam pidato Presiden Sukarno keesokan harinya tanggal 23 Agustus 1945.

Anggota BKR diisi sebagian besar dari para pekuda yang sebelumnya terbentuk dalam organisasi politik dan Mikiter pada jaman pendudukan Jepang seperti PETA (Pembela Tanah Air) dan Heiho.

BKR dibentuk di Jakarta dan di berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sementara daerah lain seperti Sumatra tidak membentuk BKR tapi membuat organisasi sejenis, misalnya Angkatan Pemuda Indonesia (API) di Aceh.

Peran BKR hanyalah menjaga keamanan dan ketentraman umum. Karena wewenang yang terbatas ini, timbul kekecewaan di kalangan para pemuda yang menuntut adanya suatu badan untuk mempertahankan kemerdekaan yang mulai rerancam dengan kedatangan kembali Belanda yang membonceng Sekutu.

Kekecewaan pemuda ini yang kemudian mendorong dibentuknya TKR atau Tentara Kemanan Rakyat pada 5 Oktober tahun 1945. TKR dibentuk untuk menangani ancaman kemerdekaan Indonesia oleh mulai datangnya kembali Belanda, dalam bentuk NICA (Netherlands Indies Colonial Administration).

Sumber: brainly.co.id

Rekomendasi

KUNCI JAWABAN Tema 7 Kelas 6 Halaman 99 100 101 102

Ini Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 162 163 164 165 166 167 168