in ,

Kenapa Seseorang bisa Mengidap Sindrom Down?

Kenapa Seseorang bisa Mengidap Sindrom Down?
Kenapa Seseorang bisa Mengidap Sindrom Down?

Halo sahabat setia TEKAPE.ID kali ini kita akan belajar tentang Kenapa Seseorang bisa Mengidap Sindrom Down?. Langsung saja kita simak ya.

 

Kenapa Seseorang bisa Mengidap Sindrom Down?

 

Sindrom down itu adalah kondisi saat seseorang, yang sejak lahir mengalami keterbelakangan perkembangan fisik dan juga mental. Penyebabnya adalah adanya abnormalitas pada perkembangan kromosom dalam tubuh mereka.

 

Kalau orang-orang dengan fisik dan mental yang normal, dalam dirinya hanya memiliki 2 kromosom ke-21. Sementara, para pengidap sindrom down memiliki 3 kromosom ke-21. Kita juga bisa menyebutnya dengan terjadinya triplikasi atau trisomi pada kromosom ke-21

 

Masih berkaitan dengan sindrom down, mutasi kromosom adalah perubahan yang nggak diduga-duga terjadi pada kromosom. Seringnya tuh, perubahan ini disebabkan oleh masalah yang terjadi selama meiosis (proses pembelahan sel gamet). Apa tuh meiosis? Meiosis ituuu adalah proses pembelahan sel gamet. Oh ya, selain meiosis, perubahan juga bsia terjadi karena mutagen (radiasi, kimia).

 

Ternyata, mutasi kromosom inilah yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada jumlah kromosom dalam sel. Kaya yang sebelumnya udah dijelasin, kalau sindrom down itu terjadi karena trismoi ke-21, atau seseorang yang memiliki 3 kromosom ke 21. Padahal, normalnya itu hanya 2 kromosom ke-21.

 

Manusia itu memiliki 46 pasang kromosom. Penulisan kromosom pada perempuan yaitu 46, XX. Penulisan kromosom pada laki-laki yaitu 46, XY. Sedangkan pada Sindrom Down, penulisannya adalah 47, XX+21 atau 47, XY+21.

 

Untuk kasus pengidap sindrom down, mereka kan mengalami abnormal kromosom, nah abnormal kromosom ini disebut juga sebagai aneuploidi. Sel aneuploidi seperti ini adalah akibat dari adanya kerusakan pada kromosom, ataaau karena adanya kesalahan non-disjungsi yang terjadi selama meiosis atau mitosis.

 

non-disjungsi itu adalah kondisi saat kromosom homolog gagal berpisah dengan benar saat terjadinya pembelahan sel. Hasilnya, tubuh individu bisa mengalami tambahan kromosom, atau bahkan kehilangannya.

Nah, Sindrom down adalah contoh dari kondisi yang diakibatkan oleh non-disjungsi pada autosomal atau non-generatif sel.

Autosomal adalah sifat keturunan yang ditentukan oleh gen pada autosom. Sedangkan autosom adalah jumlah kromosom yang mengandung gen. Nah kandungan gen yang dimaksud di sini, adalah kandungan gen untuk sesuatu yang sama sekali nggak berhubungan dengan penentuan jenis kelamin.

Wah wah wah, ternyata menarik juga ya. Meskipun punya beberapa kelemahan seperti saat mengucapkan kata-kata, tapi para pengidap sindrom down ini memiliki perilaku yang lembut, ramah, periang, sabar, bahkan toleransi yang tinggi lho. Yaa ada juga sih yang keras kepala, suka melawan, depresi, atau memiliki kecemasan berlebih, tapi itu dalam jumlah persentase yang kecil.

Hmm ternyata, penyebab dari sindrom down itu karena adanya mutasi kromosom ya. Kamu sendiri sudah paham kan? Yaa kalau kamu masih penasaran sama analisis biologinya

 

Oke, Kenapa Seseorang bisa Mengidap Sindrom Down? sudah terjawab ya.

Rekomendasi