ketika sedang belajar bersama murid di kelas hal apa yang membuat ibu dan bapak guru tersenyum

ketika sedang belajar bersama murid di kelas hal apa yang membuat ibu dan bapak guru tersenyum

jawaban nya adalah sebagai berikut

Jawab : Bertemu dan menyapa dengan murid.

Pertanyaan lainnya:

1. Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi kekuatan dan kelemahan murid

Benar

Salah

2. Ingatlah kembali cerita Pak Doni dengan asesmen diagnostiknya. Misalnya, ada kelompok murid yang tergolong mahir, tindakan apakah yang bisa Pak Doni lakukan untuk murid-murid tersebut?

A. Memberikan modifikasi tugas sesuai kebutuhan

B. Memberikan modifikasi latihan sesuai kebutuhan

C. Memberikan modifikasi panduan sesuai kebutuhan

D. memberikan tantangan lebih atau kegiatan pengayaan yang sesuai

E. Guru dan murid memiliki kesempatan untuk berkembang bersama dan saling mengeksplorasi

3. Perhatikan beberapa tahapan penyusunan asesmen diagnostik berikut.

1. Melaksanakan asesmen dan mengolah hasilnya.

2. Menganalisis rapor murid tahun sebelumnya.

3. Mengidentifikasi kompetensi yang akan diajarkan.

4. Menggunakan data hasil asesmen untuk merencanakan pembelajaran yang lebih bermakna dan tepat sasaran.

5. Menyusun instrumen asesmen untuk mengukur kompetensi peserta didik.

6. Menggali informasi tentang murid, seperti latar belakang keluarga, motivasi, minat, serta ketersediaan sarana dan prasarana.

Urutan manakah yang sesuai dalam menyusun sebuah asesmen diagnostik?

A. 2-1-3-5-6-4

B. 2-3-6-1-5-4

C. 2-3-5-6-1-4

D. 3-1-5-2-6-4

E. 3-1-5-6-2-4

4. Mengidentifikasi kemampuan prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah langkah pertama dalam merancang asesmen diagnostik.

A. Benar

B. Salah

5. Perhatikan hasil asesmen diagnostik guru PJOK untuk praktik gaya bebas, ditentukan ada beberapa level yang akan menjadi indikator tercapainya tujuan pembelajaran, yaitu:

Level 1: Pengenalan air dan masuk kolam renang.

Level 2: Kontrol nafas, mengapung, dan posisi badan yang stabil.

Level 3: Dorongan lengan, istirahat lengan, dan gerakan tungkai.

Level 4: Mengkoordinasikan gerakan lengan dan tungkai serta pengambilan nafas.

Level 5: Jarak tempuh yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan murid.

Kategori yang sesuai ketika siswa sudah mampu mencapai level 3 dan proses pembelajaran di level 4 adalah

A. Mahir

B. Cakap

C. Layak

D. Berkembang

6. Ingatlah kembali hasil asesmen diagnostik guru PJOK terkait praktik renang dengan gaya bebas. Untuk siswa dengan tipe 1 (masih takut air), tujuan pembelajaran yang kurang sesuai adalah …

A. Mempraktikkan kontrol nafas

B. Melakukan gerakan tungkai

C. Mengapung di dalam air

D. Posisi badan yang stabil

E. Masuk kolam renang tanpa takut

7. Hasil observasi guru terhadap murid yang berisi aneka indikator yang harus dikuasai murid dinamakan

A. Catatan anekdotal

B. Foto berseri

C. Lembar amatan

D. Hasil karya

E. Ceklis

8. Perhatikan pernyataan berikut.

Membuat catatan yang berisi keterampilan spesifik yang perlu dikembangkan.

Menentukan indikator turunan dari tujuan pembelajaran.

Membuat pemetaan berdasarkan tingkat penguasaan murid.

Tahapan dalam menyusun lembar amatan adalah

A. 1-2-3

B. 1-3-2

C. 2-3-1

D. 2-1-3

E. 3-1-2

9. Perhatikan pernyataan berikut.

1. Menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid.

2. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.

3. Dapat membantu guru untuk menyusun laporan perkembangan murid yang lebih bermakna.

4. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.

Keuntungan menggunakan lembar amatan adalah

A. 1, 2, dan 3

B. 2, 3, dan 4

C. 1, 2, dan 4

D. 1, 3, dan 4

Tinggalkan komentar