in

Kisah Anak Tukang Sayur, 53 Kali Gagal Beasiswa, Akhirnya Berhasil Kuliah di Amerika

Tekape.id – Aula Andika Fikrullah Al Balad (26), anak pedagang sayur di Aceh, berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah S2 di Lehigh University, Amerika.

Sebelum dinyatakan lolos, Andika telah 53 kali mencoba mendaftar untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Ia pun dikenal sebagai ‘scacehholarship hunter’ alias pemburu beasiswa.

Dilansir dari VOA Indonesia, Aula Andika Fikrullah Al Balad adalah anak dari tukang sayur di Gampong Lampasi, Darul Imarah, Aceh Besar.

Ia bercerita sejak tahun 2000, sang ibu membangun kios kecil yang beratapkan rumbia di depan rumah mereka untuk berjualan sayur.

Sebelum memliki kios tersebut, sang ibu Siti Narimah atau yang akrab dipanggil Mak Cut berkeliling kampung dari satu rumah ke rumahnya lainnya untuk berdagang sayur.

“Semenjak menikah dengan almarhum ayah, (ibu) itu sudah jualan sayur,” kata Aula.

Ayah dan 2 kakaknya meninggal

Ibu Aula, Siti Narimah atau Mak Cut sedang berdagang sayur

Aula adalah anak bungsu dari tujuh bersaudar. Dua kakaknya meninggal pada tahun 2004 karena sakit dan menjadi korban tsunami.

Di tahun yang sama, sang ayah Ridhwan Kr Is ditemukan meninggal di dekat sawah. Kala itu konflik Aceh sedang terjadi.

Aula kecil saat itu masih duduk di kelas lima SD.

Mak Cut pun menjadi orangtua tunggal. Aula dan kakak-kakaknya membantu sang ibu berjualan sayur untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Halaman 1 2 3

Rekomendasi