in

KPK Tunjuk 2 PLT Jubir Gantikan Febri, ini Orangnya

Tekape.id – Untuk sementara, KPK akan memiliki 2 pelaksana tugas juru bicara atau Plt Jubir KPK. Kelak KPK akan membuka lelang jabatan terbuka untuk jabatan tersebut secara definitif.

Dua Plt Jubir tersebut adalah Ipi Maryati dan Ali Fikri. Ipi sedianya adalah staf pada Biro Humas KPK, sedangkan Ali sehari-hari bertugas sebagai jaksa penuntut umum KPK.

Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan tugas Ipi dan Ali berbeda meski sama-sama sebagai Plt Jubir KPK. Ipi akan lebih condong pada bidang pencegahan, sedangkan Ali akan berfokus pada bidang penindakan.

“Saya pribadi ini merupakan tanggung jawab yang mau tidak mau harus siap. Ini sementara sampai secara definitif ditetapkan nanti,” ujar Ipi saat diperkenalkan sebagai Plt Jubir KPK bidang Pencegahan, Jumat (27/12/2019).

Ipi mengatakan Jubir KPK merupakan tugas yang memiliki beban dan standar yang tinggi. Sebab, ia menilai dua sosok jubir KPK sebelumnya, yakni Johan Budi dan Febri Diansyah, memiliki kapabilitas dan kemampuan yang sangat mumpuni.

“Karena KPK hanya mengenal 2 jubir. Pertama, Pak Johan Budi; dan Pak Febri Diansyah. Kita akui kapabilitas mereka mumpuni saya dan Ali saat ini ditunjuk menjadi Plt jubir merupakan beban bagi kami. Sekali lagi, tapi prinsipnya kita berharap dengan dua jubir Plt ini, agar lebih banyak pihak dari KPK yang dikonfirmasi oleh kawan,” ucapnya.

Ipi mengatakan bersama Ali akan meneruskan apa yang sudah menjadi tradisi di KPK, salah satunya soal informasi perkembangan kasus. Dia mengaku siap melakukan perubahan-perubahan jika memang diperlukan.

“Informasi pemeriksaan harian tetap berlanjut praktek yang sudah berlanjut kita akan lanjutkan. Tapi sekali lagi bahwa kita baru ditunjuk hari ini. Kami ditunjuk dan diminta jadi ini harus kami lakukan mungkin terkait penindakan lebih ke Mas Ali. Jadi teknis mekanisme kita akan usahakan teknis yang sudah baik kita lanjutkan tapi kalau ada masukan kita sangat terbuka,” tuturnya.

Sebelumnya, Firli Bahuri menunjuk dua Plt jubir yang nantinya memiliki tugas berbeda, yaitu bidang pencegahan dan bidang penindakan. Ipi Maryati akan menjadi Plt Jubir KPK dalam bidang pencegahan, sedangkan Ali Fikri akan lebih fokus pada bidang penindakan.

Posisi Jubir KPK sebelumnya diemban Febri Diansyah, yang juga Kabiro Humas KPK. Namun kini Febri lebih memilih fokus pada jabatannya sebagai Kabiro Humas KPK.

Halaman 1 2

Rekomendasi

Written by Devina Putri