Kriteria Pendonor dan Manfaat Plasma Darah Menurut Ahli Epidemiologi

Kriteria Pendonor dan Manfaat Plasma Darah Menurut Ahli Epidemiologi

Halo adik-adik pembaca TEKAPE.ID, sekarang kita lanjutkan belajarnya ya
masih tentang Kriteria Pendonor dan Manfaat Plasma Darah Menurut Ahli Epidemiologi

seperti yang sedang kamu cari

Kriteria Pendonor dan Manfaat Plasma Darah Menurut Ahli Epidemiologi

Ahli Epidemiologi sekaligus ketua tim kajian ilmiah Covid-19 Poltekkes Kemenkes Pontianak dan Ketua Muhmamadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kalbar, Dr. Malik Saepudin SKM,M.Kes menyampaikan terkait kriteria penggunaan terapi plasma darah untuk penanganan covid-19.

Berdasarkan dari Balai pengawasan obat Amerika. FDA atau setingkat Balai pengawasan Obat DNA Makanan (POM) di Indonesia, dikatakannya telah memberikan izin untuk menggunakan plasma guna merawat pasien Covid-19 di Amerika.

Meskipun bukti ilmiah keefektifan terapi ini masih belum terbukti, namun izin tersebut dikatakannya tetap dikeluarkan atas dasar otorisasi penggunaan darurat karena wabah.

“FDA mengatakan uji coba awal menunjukkan penggunaan terapi ini aman dan ampuh menurunkan tingkat resiko kematian akibat Covid-19,  sehingga meminta warga Amerika yang telah pulih dari Covid-19 untuk segera mendonorkan plasmanya,” kata Malik Saepudin .

Disampaikannya untuk kriteria yang diizinkan otoritas AS untuk mendonorkan plasma darahnya adalah sebagai berikut:

1. Orang yang telah pulih sepenuhnya dari Covid-19-19, dibuktikan dengan lembar diagnosa yang menyatakan pernah positif Covid-19.

2. Sudah karantina dua pekan setelah dinyatakan sembuh.

3.Minimal berusia 17 tahun dengan berat badan 110lbs (50kg).

4. Dalam kondisi sehat dan negatif dari penyakit menular lainnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa saat ini sejumlah penelitian uji klinis di seluruh dunia sedang dilakukan, hal tersebut untuk melihat manfaat dan efektivitas terapi plasma darah.

“Indonesia juga melakukan penelitian terapi plasma darah yang dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah lembaga,” lanjutnya.

Berdasarkan penelitian dan data yang ada, lanjut Dr. Malik, ada beberapa manfaat terapi plasma darah untuk Covid-19.

Pertama, mengurangi kematian. Dalam studi yang melibatkan 70 ribu pasien Covid-19 ditemukan penggunaan terapi plasma darah dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien.

Pasien yang dirawat disampaikannya akan lebih awal dan mendapatkan plasma yang mengandung antibodi tingkat tinggi mendapatkan manfaat terbesar dalam metode pengobatan ini.

“Pasien memiliki kelangsungan hidup 35 persen lebih baik dibandingkan yang tidak mendapatkan pengobatan terapi plasma darah. Pengurangan risiko kematian sebesar 35 persen merupakan angka yang tinggi untuk sebuah penyakit. Studi dari rumah sakit Houston Methodist AS juga mendapati terapi plasma darah secara signifikan mengurangi angka kematian pada pasien Covid-19,” ujarnya.

Kedua, mempercepat proses penyembuhan. Terapi plasma darah dapat mempercepat proses penyembuhan pada pasien Covid-19 berat dan kritis.

Saat menerima donor plasma yang mengandung antibodi, plasma dapat langsung bekerja dalam tubuh pasien melawan virus corona.

Berbeda jika dibandingkan saat pasien hanya mengandalkan kekebalan tubuhnya masing-masing.

Ketiga, Proses yang cepat. Terapi plasma darah Covid-19 dapat dilakukan dengan cepat.

Pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 dapat mendonorkan darah mereka. Alat akan memisahkan sel darah merah dan plasma yang akan digunakan.

Sel darah merah, lanjutnya, akan dikembalikan ke dalam tubuh pendonor dan hanya akan mengambil plasma darah saja.

Sebagaimana plasma darah itu akan ditransfusikan kepada pasien Covid-19. Hal tersebut dikatakannya lantaran Studi di China telah menunjukkan dalam beberapa hari, penggunaan plasma menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada pasien Covid-19 dengan gejala berat.

“Maka sebaiknya pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Kalbar segara melakukan upaya pengobatan metode plasma ini sebagai ikhtiar yang terbaik pada saat ini bagi masyarakat yang telah terpapar Civid-19 yang jumlahnya terus meningkat. Semoga

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Ini Kriteria Pendonor dan Manfaat Plasma Darah Menurut Ahli Epidemiologi, https://pontianak.tribunnews.com/2020/11/27/ini-kriteria-pendonor-dan-manfaat-plasma-darah-menurut-ahli-epidemiologi?page=all.
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Jamadin

Tinggalkan komentar