Kunci jawaban soal ipa kelas 7 semester 2 halaman 16

Halo Sahabat TEKAPE.ID apa kabar? Pada kesempatan kali ini TEKAPE.ID akan membahas tentang Kunci jawaban soal ipa kelas 7 semester 2 halaman 16 yuk kita simak soalnya berikut ini

 

Kunci jawaban soal ipa kelas 7 semester 2 halaman 16

Bagian-bagian yang ditunjuk pada gambar yaitu,  

1 Kuncup

2 Daun

3 Ranting

4 Batang

5 Bunga

6 Buah

7 Akar

 

Pembahasan

Tumbuhan tersusun atas organ – organ yaitu, akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Masing-masing organ pada tumbuhan memeliki fungsi masing-masing yang mana fungsi tersebut saling menunjang satu sama lain. Berikut pengertian dan fungsinya :

Akar, merupakan bagian tumbuhan yang terdapat di dalam tanah.  Akar tersusun atas sel-sel epidermis, korteks, dan silinder pusat. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar, dan pangkal akar. Berdasarkan bentuknya ada dua jenis akar yaitu, akar serabut (dimiliki oleh tumbuhan jenis monokotil ; padi, jagung, kelapa) dan akar tunggang (dimiliki oleh tumbuhan dikotil ; mangga, jambu, jeruk, dan kacang-kacangan). Akar berfungsi sebagai penegak, karena akar berfungsi untuk menguatkan berdirinya batang, berfungsi untuk menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah, membantu penyerapan oksigen di udara (tanaman bakau), berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan (pada tanaman umbi-umbian).

Batang, merupakan bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, merupakan tempat melekatnya daun, bunga, dan buah. Batang dan ranting merupakan bagian yang sama. Nah, batang memiliki fungsi yang sangat penting loh, yaitu sebagai penyongkong tubuh tumbuhan, mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan, sebagai alat respirasi / pernapasan (melalui lentisel), sebagai alat transportasi air dan mineral dari akar ke daun, serta mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Batang juga berfungsi sebagai penghubung daun dan akar, sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan (tanaman umbi batang), dan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.

Daun, merupakan bagian tumbuhan yang mengandung klorofil (zat hijau daun) yang berperan penting dalam proses fotosintesis. Selain itu, daun juga berfungsi untuk penguapan air, sebagai alat respirasi tumbuhan (melalui stomata), sebagai tempat terjadinya transpirasi, gutasi, dan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.

Bunga, merupakan alat perkembangbiakan generatif tumbuhan. Bagian bunga terdiri dari tangkai, mahkota, kelopak, benang sari (alat kelamin jantan), dan putik (alat kelamin betina). Bunga memiliki fungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif tumbuhan, untuk menarik perhatian serangga agar dapat membantu proses penyerbukan, menghasilkan biji, sebagai wadah meyetunya gamet jantan (mikrospora) dan gamet betina (makrospora).

Buah, merupakan bagian tumbuhan yang terbentuk dari hasil pembuahan serbuk sari dan sel telur. Nah, fungsi buah yaitu sebagai cadangan makanan, alat perkembangbiakan, pelindung biji dari berbagai faktor yang dapat merusak biji, dan sebagai sumber vitamin bagai manusia dan hewan.

Biji, merupakan bagian tumbuhan yang berperan dalam perkembangbiakan dan perbanyakan. Biji bersal dari bakal biji yang berkembang setelah proses pembuahan. Biji memiliki bentuk yang bermacam-macam dan terdiri dari bagian-bagian yaitu kulit biji, inti biji, dan tali pusat. Nah biji memliki fungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif, sebagai calon tanaman baru untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan, sebagai cadangan makanan ketika awal pertumbuhan biji di luar buah.

sumber: brainly.co.id

Tinggalkan komentar