LENGKAP KUNCI JAWABAN Tema 2 Kelas 2 Bermain di Lingkunganku Halaman 2 3 4 6 7 8 9 10, 20 21 22 – 27
Berikut kunci jawaban tema 2 kelas 2 bermain di lingkunganku halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 9 dan 10:
kunci jawaban halaman 2
Bermain di Lingkunganku
Hari Minggu Beni dan Tiur bermain perahu kertas.
Beni belajar membuat perahu.
Beni sangat senang sekali.
Beni berjanji dengan teman-teman untuk bermain di rumah Udin minggu depan.
Banyak permainan yang dimainkan Beni dan teman-temannya.
Pada saat liburan, Beni dan teman-teman mengunjungi tempat wisata dan bermain di sana.
1. Apa saja jenis permainan yang Beni dan teman-teman lakukan?
Jawab:
Bermain perahu kertas dan bermain bola.
Selain itu, mereka juga bermain hula hoop.
2. Di mana saja mereka bermain?
Jawab:
Di rumah dan di lapangan bola.
3. Siapa saja yang ikut bermain?
Jawab:
Beni, Tiur, Udin dan teman-teman.
4. Kapan mereka bermain?
Jawab:
Hari Minggu dan ketika liburan.
5. Apa permainan kegemaranmu?
Jawab:
Bermain sepak bola.
6. Bagaimana cara melakukan permainan tersebut?
Jawab:
Bermain bola dengan menendangnya pakai kaki.
kunci jawaban halaman 3
Hari ini hari Minggu.
Setelah membantu ibu dan ayah,
Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama.
Mereka bermain perahu kertas.
1. Apa yang dilakukan Beni dan Kak Tiur?
Jawab:
Bermain perahu kertas
2. Pernahkah kamu melakukan kegiatan tersebut?
Jawaban:
Pernah
kunci jawaban halaman 4
Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.
1. Apa isi lagu yang telah kamu nyanyikan?
Jawab:
Isi lagu Berdayung karya AT Mahmud adalah ajakan kepada generasi muda untuk bekerja keras menuju masa dengan yang cerah.
Tantangan pasti ada, tetapi kita tidak boleh menyerah pada tantangan.
Justru tantangan harus semakin memicu kita untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.
2. Bagaimana cara kamu menyanyikannya?
Jawab:
Berikut ini cara menyanyikan lagu tersebut:
Lajulah perahuku laju
Meluncur di air biru
Lajulah perahuku laju
Ke tempat yang aku tuju
Jangan hirau angin datang
Biarkan bertiup kencang
Lajulah perahuku laju
Ke tempat yang aku tuju
kunci jawaban halaman 6
Bermain Perahu Kertas
Beni sangat senang bermain perahu kertas. Permainan ini sangatlah sederhana.
Satu lembar kertas bisa menghasilkan sebuah perahu.
Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di dalam baskom berisi air.
Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan air di saat hujan turun.
Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin. Beni sangat menyukai permainan ini.
– Apa isi dari teks yang telah dibacakan gurumu?
Jawab:
Beni sangat senang bermain perahu kertas.
– Dapatkah kamu menceritakannya kembali?
Jawab:
Iya, dapat.
– Berilah tanggapanmu terhadap cerita temanmu!
Jawab:
Bagus.
kunci jawaban halaman 7
Bacalah kembali teks “Bermain Perahu Kertas”!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut!
1. Apa saja benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
Jawab:
– Kertas yang dibuat menjadi perahu mainan
– Air
– Tempat air
2. Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?
Jawaban:
Masing-masing anak membut perahu sendiri, kemudian garis start dan finish akan ditentukan.
Semua akan bersiap di garis start dan ketika aba-aba maka perahu dihanyutkan.
Kemudian, anak-anak akan mengikuti perahunya dari tepian menuju garis finish.
kunci jawaban halaman 8, 9 dan 10
Beni membuat 2 buah perahu kertas.
Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas.
Kemudian, ayah juga membuat 2 buah perahu kertas lagi.
Jika digabungkan, berapa jumlah perahu semuanya?
Jawab:
2 + 2 + 2 = 6
Setelah digabungkan, jumlah perahu semuanya 6 buah
Diskusikanlah soal berikut dengan temanmu!
– 3 perahu + 3 perahu = 6 perahu kertas
Ada berapa kelompok perahu pada gambar tersebut?
Jawab:
Ada dua kelompok, kelompok warna biru dan merah.
Berapa jumlah perahu setelah digabungkan?
Dapat ditulis:
2 x 3 = 6 perahu
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!
1. … + … + … = …
Jawab:
1 + 1 + 1 = 3
3 x 1 = 3
2. … + … + … = …
Jawab:
4 + 4 + 4 = 12
3 x 4 = 12
3. … + … + … + … = …
Jawab:
2 + 2 + 2 + 2 = 8
2 x 4 = 8
4. … + … + … + … = …
Jawab:
4 + 4 + 4 + 4 = 16
4 x 4 = 16
5. Dua kelompok anak bermain lompat tali.
Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
a. Kalimat perkaliannya adalah:
Jawab:
2 kelompok x 5 anak = 10 anak
b. Nyatakan kalimat perkalian tersebut dengan penjumlahan berulang!
Jawab:
5 + 5 = 10
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua mengajak siswa berdiskusi tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Disclaimer: Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.
LIHAT JUGA kunci jawaban Tema 2 Kelas 2 SD halaman 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, dan 27 Subtema 1 Buku Tematik
Berikut ini jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk Kelas II SD/MI Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3.
Buku Tematik Terpadu Kelas 2 Tema 2 ini mempelajari materi Bermain di Lingkunganku.
Sementara Subtema 1 berkaitan tentang Bermain di Lingkungan Rumah.
Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, dan 27 untuk Pembelajaran 3.
Pembahasan Buku Tematik Tema 2 Kelas 2 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar.
Berikut kunci jawaban Kelas 2 Tema 2 halaman 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, dan 27 Subtema 1 Pembelajaran 3:
kunci jawaban halaman 20
1. Benda apakah yang dimaksud?
Jawab:
Kertas
2. Apakah kamu mempunyai benda tersebut?
Jawab:
Ya, aku mempunyai benda itu.
3. Bagaimana bentuknya?
Jawab:
Bentuknya, segi empat.
4. Apa kegunaannya?
Jawab:
Digunakan untuk menulis sesuatu.
kunci jawaban halaman 22
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Benda-benda di Sekitar Kita
Ada banyak benda di sekitar kita.
Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya.
Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya.
Contoh benda yang kasar antara lain batu, pasir dan kulit pohon.
Contoh benda yang basah adalah air.
Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas.
Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.
Bentuk benda juga beragam.
Ada yang bentuknya tetap.
Ada juga yang berubah.
Bentuk pensil dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda.
Sedangkan air di dalam gelas jika dipindahkan ke botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
Jawab:
Kata Halus, maknanya adalah lembut.
Kata Kasar, maknanya adlaah kasap, kesat, dan tidak halus waktu diraba.
Kata Basah, maknanya mengandung air atau barang cair.
Kata Tetap, maknanya tidak berpindah-pindah, tidak beranjak.
Kata Berubah, maknanya menjadi berbeda.
Keterangan:
MAKNA KATA
HALUS
Makna:
a. Lumat; kecil-kecil
b. Tidak kasar; lembut; licin
c. Baik (budi bahasa); sopan; beradab; tidak kasar (tentang perbuatan dan sebagainya)
d. Tidak tampak dan tidak dapat diraba; berupa roh
e. Bermutu; baik (tentang barang tenunan, ukir-ukiran, dan sebagainya)
KASAR
Makna:
a. Agak besar; tidak halus
b. Bertingkah laku tidak lemah lembut
c. Kasap; kesat; tidak halus waktu diraba
d. Tidak baik buatannya; gabas
e. Hanya dalam garis-garis besarnya (tidak dengan saksama, tidak dengan perincian yang teliti, hanya perkara yang besar-besar)
f. Dapat diraba (dilihat dan sebagainya);
g. Mentah; belum dibersihkan;
BASAH
Makna:
a. Mengandung air atau barang cair
b. Belum dikeringkan; masih baru
c. Banyak mendatangkan keuntungan (uang dan sebagainya)
TETAP
Makna:
a. Selalu berada (tinggal, berdiri, dan sebagainya) di tempatnya
b. Tidak berubah (keadaannya, kedudukannya, dan sebagainya)
c. Tidak berpindah-pindah; tidak beranjak
d. Selalu demikian halnya (tentang keadaan, perbuatan, dan sebagainya)
e. Tidak putus-putusnya; selalu; terus
f. Untuk selamanya (tidak untuk sementara)
g. Kekal selama-lamanya; lestari
h. Sudah pasti (tentu)
BERUBAH
Makna: menjadi berbeda
kunci jawaban halaman 23
Untuk menguji pemahamanmu, kerjakan latihan berikut!
Susunlah huruf-huruf berikut hingga membentuk kata yang dimaksud!
Jawab:
#
#
#
#
kunci jawaban halaman 24
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan berikut bersama teman kelompokmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1. Kertas
2. Batu
3. Piring
4. Gelas
Cara Kerja
1. Letakkan kertas di atas lantai! Perhatikan bentuk dan besarnya!
2. Ambil kertas tersebut dan pindahkan ke dalam piring. Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah bentuknya?
3. Ambil batu dan letakkan di atas meja! Amat bentuk dan besarnya!
4. Pindahkan batu tersebut ke dalam gelas! Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah bentuknya?
5. Berdasarkan kegiatan ini, apa yang dapat kamu simpulkan?
Tuliskan simpulanmu pada kolom di bawah!
Jawab:
1. Bentuk dan besarnya tetap
2. Bentuk dan besarnya tetap tapi tempatnya berbeda dari lantai ke piring
3. Bentuk dan besarnya tetap
4. Bentuk dan besarnya tetap tapi tempatnya berbeda dari meja ke gelas.
Kesimpulannya, setiap benda tidak akan berubah bentuk dan besarnya kecuali ada campur tangan manusia.
kunci jawaban halaman 25
Diskusikanlah dengan teman sebangkumu!
Jawab:
3 + 3 + 3 + 3 = 4 x 3 + 12
kunci jawaban halaman 26
Ayo Berlatih
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!
1. 2 + 2 + 2 = 2 x 3 = 6
2. 5 + 5 = 5 x 2 = 10
3. 1 + 1 + 1 + 1 = 1 x 4 = 4
4. 4 + 4 + 4 + 4 = 4 x 4 = 16
5. Udin meletakkan kerikil pada 6 lubang pada permainan congklak. Setiap lubang diisi 5 kerikil.
a. Tulislah kalimat matematikanya!
Jawab:
kalimat matematika yang sesuai adalah
a = 6 x 5
a merupakan jumlah kerikil.
b. Tentukan hasilnya!
Jawab:
6 x 5 = 30
kunci jawaban halaman 27
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua mengajak siswa mengamati dan berdiskusi tentang keragaman bentuk benda.
Jawab:
Berikut ini 10 nama benda dan ciri-cirinya, yakni:
1. Mobil
Berfungsi sebagai alat transportasi untuk memudahkan orang berkendara.
Mobil dapat mempersingkat waktu ketika menempuh jarak suatu tempat ke tempat yang lain.
Ciri-cirinya, terdiri dari komponen benda lain baja, kaca, ban, besi.
Tergolong menjadi benda tak hidup.
2. Kursi
Ciri-cirinya, terbuat dari bahan seperti kayu, besi, dan plastik.
Tergolong menjadi benda tak hidup.
3. Bola
Ciri-cirinya, terbuat dari karet, memiliki bentuk bulat atau lingkaran.
Tergolong menjadi benda tak hidup.
4. Batu
Ciri-cirinya, bersifat keras dan dapat mengalami pelapukan biologi dengan adanya lumut yang hidup di batu.
Kemudian, batu berukuran kecil disebut juga kerikil.
Tergolong menjadi benda tak hidup.
5. Buku
Buku dimanfaatkan untuk menulis.
Terdiri dari lembaran-lembaran kertas yang diolah dari hasil kayu.
Kemudian, tergolong menjadi benda tak hidup.
6. Tanah
Tanah merupakan tempat hidup bagi berbagai jenis organisme, terutama tumbuhan.
Ciri-cirinya, kualitas tanah yang subur atau tidak dapat dilihat dari pH tanah, tekstur tanah dan kandungan unsur haranya.
Tergolong menjadi komponen tak hidup dalam ekosistem.
7. Tumbuhan
Ciri-cirinya, mempunyai akar, batang, dan daun.
Berdiri tegak diatas permukaan tanah.
Tergolong komponen biotik atau benda hidup di ekosistem.
Di dalam ekosistem berperan sebagai produsen karena menyediakan sumber energi untuk makhluk hidup lain.
8. Ikan
Masuk ke dalam kingdom atau kerajaan animalia.
Ciri-cirinya, memiliki sirip untuk berenang di habitatnya yaitu di air.
Dimanfaatkan manusia sebagai sumber protein.
9. Burung
Masuk ke dalam kingdom atau kerajaan animalia.
Ciri-cirinya, memiliki sayap untuk terbang.
Dimanfaatkan manusia untuk sumber pangan, peternakan dan hobi.
10. Jamur
Ciri-cirinya, tubuh terdiri dari benang-benang halus disebut hifa.
Dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan pangan, namun juga ada yang bersifat merugikan karena hidup secara parasit pada organisme lain.
Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul LENGKAP KUNCI JAWABAN Tema 2 Kelas 2 Bermain di Lingkunganku Halaman 2 3 4 6 7 8 9 10, 20 21 22 – 27, https://kaltim.tribunnews.com/2020/09/02/lengkap-kunci-jawaban-tema-2-kelas-2-bermain-di-lingkunganku-halaman-2-3-4-6-7-8-9-10-20-21-22-27?page=all.
Editor: Doan Pardede
Leave a Reply