Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 11 12 13 14 15 17 18

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 11 12 13 14 15 17 18 Buku Tematik SD dan MI K13

Kisah Ali Si Biji Energi

Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi.

Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi.

Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.

Sekarang, temukan sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.

tribunnews
(damaruta.com)

Kunci Jawaban Halaman 6

Sebagai sumber daya alam, jagung banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengolah dan menjualnya.

Amati gambar berikut dan sampaikan hasil pengamatanmu kepada teman di sebelahmu!

Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman sebelahmu!

1. Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?

Apabila permintaan jagung tinggi, maka stok persediaan jagung akan segera atau cepat habis, sehingga akan terjadi kelangkaan dan harga akan naik.

2. Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?

Agar permintaan jagung terpenuhi yaitu dengan:
– Peningkatan persediaan stok jagung dengan memperluas lahan, meningkatkan produksi pertanian jagung yang ada di Indonesia.
– Melakukan impor jagung dari negara lain.

Kunci Jawaban Halaman 7 & 8

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut!

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui contohnya adalah:
– Tumbuhan
– Hewan
– Sinar matahari
– Angin

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui contohnya adalah:
– Minyak bumi
– Emas
– Besi

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui:
– Tanah
– Hasil perkebunan
– Hasil pertanian

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:
– Batu bara
– Nikel
– Timah

3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.

Konstruksi (pembangunan perumahan). Ketika membangun rumah kita membutuhkan semen, pasir, lantai keramik, rangka besi, baja ringan dan kabel listrik.

Sumber daya alam di atas adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Bila batu kapur sebagai bahan semen, biji besi bahan rangka dan batu granit sebagai bahan keramik habis, kita tidak bisa lagi memperbanyak atau meremajakan sumber daya alam ini.

Membangun rumah juga memerlukan kayu untuk pintu dan jendela. Berbeda dengan jenis sumber daya alam sebelumnya, sumber daya alam dapat diperbaharui karena kita bisa menanam kembali pohon baru sebagai sumber kayu yang digunakan.

4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apa saja dampaknya bagi kelastarian sumber daya alam tersebut? Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Indonesia tentunya bangga dengan kekayaan alam yang berlimpah. Namun kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat berdampak menipisnya sumber daya alam. Sehingga kita harus menyelamatkan sumber daya alam dan wajib memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan bijak. Penggunakaan sumber daya alam yang berlebihan akan berdampak negatif terhadap kehidupan manusia.

Ayo Renungkan

– Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
– Apakah hal tersebut berguna dalam kehidupan sehari-hari?
– Bagaimana perasaanmu selama belajar?
– Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan bersama orang tuamu tentang pemanfaatan sumber energi matahari di lingkungan rumah dan sekitarnya. Kamu dapat melakukan pengamatan tentang pemanfaatan sumber energi matahari tersebut bersama orang tua.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17 & 18:

Kunci Jawaban Halaman 11

Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu tersebut. Apa yang kamu temukan?

Yang saya temukan dari notasi angka lagu menanam jagung adalah irama lagu 4/4. Terdapat notasi angka Do=1, Re=2, Mi=3, Fa=4, Sol=5, La=6, Si=7.

Terdapat angka 0 yang artinya adalah tanda istirahat. Juga ditemukan tanda titik setengah not angka yang menandakan bahwa not angkat sebelum tanda titik ketukannya bertambah. Misal 1, dibaca Do dengan 2 ketukan.

Terdapat juga dua notasi angka yang di atasnya diberi tanda garis. Ini mempunyai arti bahwa kedua not tersebut dibaca dalam satu ketukan atau masing-masing 1/8 ketukan, sehingga nana terdengar cepat.

Kunci Jawaban Halaman 12

Energi Air

Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum, air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.

Amatilah di sekitarmu. Tulislah sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu.

Manfaat air bagiku antara lain:
– Untuk minum
– Mandi
– Mencuci
– Makan
– Memasak
– Mambasuh kaki
– Berwudhu
– Bermain
– Olahraga renang
– Mencairkan cat air
– Memelihara ikan akuarium
– Menyiram tanaman

Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Karena hampir setiap hari memerlukan air.

Berikut ini adalah manfaat air bagi manusia:

1. Air untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, curi dan pekerjaan lainnya.

2. Air untuk keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi, air mancur, dan lain-lainnya.

3. Air untuk keperluan industri, seperti untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.

4. Air untuk keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.

5. Air untuk keperluan pertanian dan petemakan

6. Air untuk keperluan pelayaran dan lain sebagainya.

Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih. Perhatikan gambar berikut.

Diskusikan dengan temanmu.

1. Mengapa anak tersebut minum?

– Anak tersebut merasa haus.
– Anak tersebut membutuhkan air untuk beraktivitas.

2. Mengapa anak tersebut mandi?

– Anak tersebut membutuhkan air untuk membersihkan diri dari kotoran.
– Anak tersebut mandi karena untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?

Ya. Mandi dan minum adalah kebutuhan manusia.

4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?

Ia tidak bisa minum dan mandi.

5. Apakah kita semua membutuhkan air bersih?

Ya, kita sangat membutuhkan air bersih. Air merupakan sumber kehidupan yang tak bisa dipisahkan dengan manusia. Oleh karena air merupakan sumber kehidupan maka tentunya kita harus menggunakan air yang bersih dan sehat supaya kita tidak terserang penyakit karena mengkonsumsi air yang tidak sehat.

6. Apakah semua makhluk hidup berhak untuk mendapatkan air bersih?

Ya. Setiap makhluk berhak mendapatkan air bersih karena air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi makhluk hidup, sehingga kita wajib menghemat penggunaannya.

7. Apa yang dimaksud dengan hak?

Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.

8. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.

– Hak atas persamaan. Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan.

– Hak untuk memiliki nama. Setiap anak berhak untuk mempunyai nama dan tercatat dalam dokumen negara.

– Hak untuk memiliki kewarganegaraan. Setiap anak berhak untuk diakui kewarganegaraannya oleh suatu bangsa secara resmi melalui penerbitan dokumen kewarganegaraan, meliputi akta kelahiran dan kartu tanda penduduk.

– Hak atas perlindungan. Setiap anak berhak dilindungi baik secara fisik, psikis, spiritual, dan moral.

– Hak atas makanan. Anak adalah cikal bakal masa depan suatu bangsa. Maka, ia harus terpenuhi kebutuhan utamanya, yang dalam hal ini adalah nutrisi.

– Hak atas pendidikan. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan yang layak.

– Hak atas kesehatan. Setiap anak berhak mendapatkan jaminan kesehatan yang memadai. Jaminan kesehatan mencakup imunisasi dasar saat bayi, makanan dengan gizi seimbang, akses ke Pos Layanan Terpadu (Posyandu) setiap bulannya, imunisasi dasar di sekolah, pemeriksaan gigi setiap enam bulan, termasuk juga pelayanan kesehatan reproduksi yang ramah remaja.

– Hak bermain. Masa kanak-kanak identik dengan masa asyiknya bermain. Bermain bagi anak merupakan bentuk pembelajaran juga. Pastikan anak memiliki waktu bermain setiap harinya.

Kunci Jawaban Halaman 13 & 14

Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Tulislah dalam diagram berikut.

tribunnews
(robihartoni.id)

Diskusikan dengan kelompokmu

1. Apa saja dampak dari kegiatan pada gambar A?

Jawab: Gambar A menggambarkan tentang gotong royong. Dampak dari gotong royong adalah pekerjaan menjadi cepat selesai. Selokan menjadi bersih.

2. Apa saja yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A?

Jawab: Jika kita tidak melakukan gotong royong, maka pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Sekolah juga akan menjadi kotor dan tersumbat.

3. Apa saja dampak dari kegiatan pada gambar B?

Jawab: Dengan menutup kran air di bak telah penuh sama saja kita sudah melakukan kegiatan menghemat air bersih. Jika kita tidak boros dalam menggunakan air bersih, maka secara tidak langsung kita sudah ikut menjaga ketersediaan air bersih tetap terjaga.

4. Apa saja yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B?

Jawab: Jika kita tidak menutup kran air padahal air sudah penuh, itu sama saja kita melakukan kegiatan pemborosan air, karena air menjadi terbuang percuma. Pemborosan pemakaian air bersih menyebabkan persediaan air bersih cepat habis.

5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B?

Jawab: Ya. Kita sebagai masyarakat yang baik, harus aktif dalam kegiatan gotong royong, karena dengan gotong royong membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mempererat rasa kekeluargaan. Kita juga harus menghemat air bersih, karena dengan menghemat pemakaian air bersih, kita juga sudah ikut menjaga sumber daya alam dengan baik.

6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban?

Jawab: Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi.

7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.

Jawab:

– Kewajiban mentaati segara peraturan di lingkungan masyarakat, karena membuat hidup kita tentram.

– Kewajiban menjaga kebersihan, karena dengan lingkungan bersih kesehatan masyarakat dapat terjaga.

– Kewajiban menjaga keamanan, karena dengan lingkungan yang aman hidup tentram dan damai.

– Kewajiban tolong menolong pada setiap warga, karena dapat menjalin persatuan dan kesatuan.

– Kewajiban membayar pajak, karena dengan membayar pajak, pembangunan dapat dilaksanakan.

tribunnews
(robihartoni.id)

Kunci Jawaban Halaman 15

Perhatikan gambar berikut!

tribunnews
(damaruta.com)

Air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib menghemat penggunaannya. Jadi, apa perbedaan hak dan kewajiban?

Jawab: Perbedaan kewajiban dan hak adalah kewajiban apabila tidak dilaksanakan akan dikenakan sanksi, sedangkan hak apabila tidak digunakan tidak akan dikenakan sanksi.

Kunci Jawaban Halaman 17

Bagaimana cara melakukan penaksiran ke ribuan?

Melakukan penaksiran ke ribuan dengan cara melihat angka ratusannya. Jika angka ratusannya di bagian belakang nilainya sama dengan 500 atau 500 ke atas, berarti dibulatkan ke ribuan atasannya. Jika nilai ratusannya di bawah 500, maka dibulatkan ke ribuan bawahannya.

Isilah tabel berikut

tribunnews
(damaruta.com)

Kesimpulan.
Bagaimana cara melakukan penaksiran?

Menaksir operasi hitung adalah melakukan penaksiran terhadap operasi hitung. Operasi hitung bisa penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Melakukan penaksiran adalah melakukan perkiraan. Jadi, menaksir itu sama dengan mengira, memperkirakan, mengira-ngira.

Caranya yaitu, dengan melakukan pembulatan terlebih dahulu, kemudian baru melakukan operasi hitung.

Kunci Jawaban Halaman 18

Berdasarkan data yang ditemukan oleh Siti. Jawablah pertanyaan berikut. Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.

1. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo.
Jawab: Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo 273 + 324 = 270 + 320 = 590

2. Jumlah air yang dgunakan di rumah Lani, Dayu, dan Udin.
Jawab: Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin 363 + 262 + 291 = 360 + 260 + 290 = 910

3. Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu, dan Edo.
Jawab: Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo 262 + 324 = 260 + 320 = 580

4. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin.
Jawab: Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin 273 + 324 + 363 + 262 + 291 = 270 + 320 + 360 + 260 + 290 = 1.500

5. Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu.
Jawab: Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu 273 – 262 = 270 – 260 = 10

6. Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani.
Jawab: Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani 363 – 262 = 360 – 260 = 100

7. Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo.
Jawab: Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo 324 – 291 = 320 – 290 = 30

Ayo Berlatih

Lakukan penaksiran operasi hitung berikut

tribunnews
(damaruta.com)

1. Bagaimana melakukan penaksiran ke puluhan, ratusan, ribuan?

– Penaksiran ke puluhan: membulatkan ke bilangan puluhan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan satuan sebelumnya.

– Penaksiran ke ratusan: membulatkan ke bilangan ratusan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan sebelumnya.

– Penaksiran ke ribuan: membulatkan ke bilangan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan ratusan sebelumnya.

2. Bagimana melakukan penaksiran ke ratusan ribu?

Penaksiran ke ratusan ribu: membulatkan ke bilangan ratusan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan ribu sebelumnya.

3. Apakah penaksiran membantumu dalam menghitung? Jelaskan.

Ya, penaksiran membantu dalam menghitung karena menyederhanakan angka yang dihitung.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 11 12 13 14 15 17 18 Buku Tematik SD dan MI K13, https://pontianak.tribunnews.com/2020/08/21/kunci-jawaban-tema-2-kelas-4-halaman-2-3-4-5-6-7-8-11-12-13-14-15-17-18-buku-tematik-sd-dan-mi-k13?page=4.

Editor: Rizky Prabowo Rahino

Tinggalkan komentar