Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 22 23 24 25 26 27 28 29

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 22 23 24 25 26 27 28 29

Ayo adik-adik semangat terus untuk belajar dan menuntut ilmu pengetahuan.

Pada artikel ini akan dibahas kunci jawaban soal latihan Tema 3 Kelas 6.

Kunci jawaban dalam artikel ini hanya sebagai bahan belajar dari rumah.

(Artikel lain kunci jawaban lengkap buku tematik kelas 6 SD klik link)

Adapun soal dan pertanyaan dari halaman 22 sampai 31, terdapat pada Pembelajaran 3, Subtema 1: Penemu yang Mengubah Dunia.

Berikut Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Pembelajaran 3 Subtema 1:

Kita telah mengetahui beberapa tokoh yang berhasil mengubah kehidupan masyarakat dunia berkat penemuannya. Lalu, siapakah tokoh penemu di bidang olahraga?

Baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang para tokoh penemu tingkat dunia.

James Naismith

James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket. Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Pada halaman 22, 23 dan 24, siswa diarahkan untuk melakukan beberapa jenis latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

• 

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 25

Setelah berlatih, diskusikan hal berikut bersama beberapa teman di kelas!

1. Apakah kamu berhasil mencapai jumlah yang ditentukan saat melakukan Push Up Dan Sit Up? Jelaskan alasannya!

Jawaban: Ya, saya berhasil, karena saya mampu melakukan push up dengan jumlah yang ditentukan tanpa istirahat, dan terus dilakukan berulang hingga jumlah yang ditentukan tercapai.

2. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?

Jawaban: Saya tidak menemui adanya hambatan atau kesulitan yang berarti dalam melakukan ketiga gerakan tersebut, terkecuali saya melakukannya lebih dari batasan jumlah gerakan saya yang biasa saya lakukan, maka otot yang saya gunakan akan letih dan kram.

3. Bagaimana rencanamu ke depannya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?

Jawaban: Untuk meningkakan kebugaran tubuh, saya akan menambah gerakan lain selain ketiga gerakan di atas, seperti berlari, jalan cepat, mengkonsumsi makanan sehat seimbang, dan menjaga pola tidur.

4. Bagaimana variasi permainan yang dapat dikembangkan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?

Jawaban: Variasi untuk gerakan push up, pull up, sit up, dan loncat tegak adalah dengan mengabungkannya dalam satu gerakan berkesinambungan, pertama lakukan loncat tegak, kemudian mendarat, dan loncat kembali untuk melakukan pull up 1 kali, selesai pull up langsung duduk dan melakukan gerakan sit up 1 kali, kemudian balikkan badan hingga posisi telungkup dan melakukan push up satu kali, selanjutnya kembali berdiri dan ulangi gerakan di atas.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 26

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan.

Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:

Jawaban:

– Paragraf 1

Penemuan arus listrik oleh Michael Faraday.

– Paragraf 2

a. Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik atau gelombang yang mampu merambat walau tanpa media perantara.

b. Arus listrik yang dihasilkan dari generator di pusat pembangkit listrik, disalurkan melalui kabel jaringan listrik tegangan tinggi berupa menara-menara tinggi menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Kemudian arus listrik disalurkan menuju ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

– Paragraf 3

a. Saat tiba di rumah warga, arus listrik mengalir ke rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian ini biasanya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding untuk sakelar dan colokan listrik untuk digunakan pada peralatan elektronik.

b. Untuk dihubungkan ke berbagai peralatan elektronik seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

c. Rangkaian seri disusun secara bersambung atau sejajar dan paralel disusun secara berderet.

– Paragraf 4

a. Penggunaan rangkaian seri pada lampu senter dapat membuat nyala lampu senter lebih terang, namun menyebabkan baterai cepat habis.

b. Listrik berperan penting bagi manusia. Aktivitas sehari-hari dapat terhambat tanpa adanya listrik. Kita juga harus menggunakan listrik dengan bijaksana.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 28

Sekarang, kamu akan mencoba untuk menjadi penemu cilik! Ayo, kita lakukan!

Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya.

Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu seri sederhana.

Amati kembali gambar rangkaian seri pada lampu.

Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan kamu buat.

Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.

Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan menghasilkan kualitas cahaya yang berbeda.

Gambar Rancangan Lampu Seri Sederhana

.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 29 – 30

Ayo Menulis

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian seri sederhana yang kamu lakukan.

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan: Membuat rangkaian lampu seri sederhana

Tujuan Percobaan :
– Mengenal rangkaian dasar listrik
– Mengetahui proses aliran arus listrik
– Melatih kreativitas

Alat-alat:
– Alat: Tang dan cutter
– Bahan: Papan triplek, bohlam, fitting lampu, saklar, baterai, kabel, lem, dan solasi.

Langkah Kerja:

1. Membuat tanda pada triplek untuk menentukan titik letak masing-masing komponen.

2. Tempelkan dudukan baterai, saklar, dan fitting lampu di triplek sesuai titik yang telah ditentukan.

3. Kupas ujung kabel dengan cutter, lalu hubungkan ke terminal positif dudukan baterai.

4. Potong kabel tadi sesuai jarak dudukan baterai dan terminal saklar. Kupas ujung kabel tersebut lalu hubungkan ke terminal saklar.

5. Ulangi langkah 3 dan 4 untuk menghubungkan terminal saklar ke terminal fitting lampu serta terminal fitting lampu ke terminal negatif baterai.

6. Tempelkan sedikit solasi ke setiap sambungan kabel dengan terminal setiap komponen.

7. Pasang lampu ke masing-masing fitting lampu dan pasang baterai ke dudukan baterai.

8. Rangkaian selesai dibuat.

Kesimpulan: Rangkaian seri membuat arus listrik mengalir dalam satu jalur. Jika salah satu lampu dinyalakan, lampu yang lain juga menyala. Begitu juga ketika dimatikan.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 31

Kamu akan membuat rangkaian lampu paralel pada pertemuan berikutnya.

Diskusikan bersama teman dan guru kemungkinan susunan komponen– komponen pada rangkaian lampu paralel tersebut.

Sekarang kamu akan membuat daftar alat dan bahan untuk percobaan membuat rangkaian paralel sederhana dan membuat rangkaian lampu lalu lintas untuk minggu depan.

Kamu dapat membuatnya dalam satu kelompok kecil. Diskusikan pembagian tugas secara adil. Bekerja samalah dengan baik sehingga percobaan kalian minggu depan akan berjalan dengan lancar.

Jawaban:

Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Paralel

listrik_paralel.jpg
listrik_paralel.jpg (Istimewa)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id