KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 101 104 105 106

KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 101 104 105 106 Jawaban Subtema 3 Tentang Sehat itu Penting

KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 101 104 105 106 

Berikut Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 101 104 105 106

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 101

Sore hari Edo bermain ke rumah Udin. Edo melihat banyak buku cerita di rumah Udin. Edo bermaksud meminjam satu buku cerita yang berjudul “Kancil dan Siput”.

Udin pun meminjami buku ceritanya kepada Edo. Edo bergegas pulang setelah Udin meminjaminya buku. Tidak lupa Edo mengucapkan terima kasih dan berpamitan sebelum meninggalkan rumah Udin.

Sikap baik apakah yang perlu kamu teladani dari diri Udin? Sikap baik apa pula yang perlu kamu teladan dari diri Edo? Mengapa kamu harus meneladan, sikap baik dari Udin dan Edo? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

1. Sikap baik Udin yang perlu diteladan adalah

Jawab:

Sikap baik Udin yang perlu diteladan adalah bersedia berbagi dengan meminjamkan buku cerita kepada Edo.

2. Sikap baik Edo yang perlu diteladan adalah

Jawab:

Sikap baik Edo yang perlu diteladan adalah meminta izin ketika akan meminjam buku, mengucapkan terima kasih, serta berpamitan ketika meninggalkan rumah Udin.

3. Alasan meneladan sikap Udin dan Edo karena

Jawab:

Alasan meneladan sikap Udin dan Edo karena mereka berdua menjaga kerukunan dan saling menghormati satu sama lain.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 104

Berdasarkan cerita bergambar di atas, siapakah yang memiliki sikap sombong dan pongah? Bagaimanakah pendapatmu terhadap sikap tersebut?

Jawab:

Hasil simpulan

Yang memiliki sikap sombong dan pongah adalah kancil.
Sikap tersebut merupakan sikap yang tidak baik, karena memandang rendah orang lain dan menganggap dirinya yang paling hebat. Sikap ini tidak boleh ditiru, karena kesombongannya pula kancil berhasil dikalahkan oleh siput dengan kecerdikannya.

Kamu telah membaca sebuah cerita bergambar atau disingkat cergam. Kamu tentu bisa juga membuat cerita bergambar seperti di atas. Apa sebenarnya cerita bergambar itu? Bagaimanakah cara membuat cerita bergambar?

Cergam merupakan kependekan dari cerita bergambar.

Cergam mengandung pengertian perpaduan gambar dan teks yang berbaur menjadi satu kesatuan serta mengandung keindahan dan cerita yang bermakna.

Itulah yang dimaksud dengan cerita bergambar.

Apakah yang dimaksud dengan gambar bercerita? Ungkapkan pendapatmu mengenai gambar cerita. Tuliskan dalam kolom berikut.

Cerita bergambar adalah

Jawab:

Cerita bergambar atau sering juga disebut komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Gambar tersebut dapat bercerita terntang persoalan kehidupan sehari-hari, ataupun peristiwa tertentu. Sebuah gambar bercerita harus dapat menunjukkan proses suatu kejadian yang saling terkait atau berkesinambungan dari sebuah kejadian.

Ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan dalam membuat gambar
cerita. Beberapa langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Tentukan ide/gagasan/tema yang akan dibuat.

2. Tentukan karakter tokoh utamanya dan karakter dari tokoh pembantunya yang ada dalam cerita.

3. Buat alur cerita sederhana secara garis besar yang menggambarkan isi cerita, kemudian masing-masing bisa dikembangkan.

4. Mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 105

Kamu telah memahami langkah-langkah membuat gambar cerita. Sekarang coba kamu praktikkan membuat gambar cerita satu adegan gambar saja. Ceritanya sebagai berikut. “Suatu hari kancil sedang berbicara serius dengan kura-kura”. Gambarlah pada kolom kosong berikut.

Tahukah kamu, kancil termasuk hewan mamalia. Kancil memiliki jantung yang terdiri atas 4 ruang, yaitu 2 atrium dan 2 ventrikel. Jantung mamalia telah dilengkapi dengan sekat-sekat yang sempurna serta cabang-cabang dari pembuluh aorta lebih banyak. Bagaimanakah peredaran darah pada hewan mamalia seperti kancil? Bagaimana cara memelihara kesehatan pada organ peredaran darah hewan seperti kancil?

Organ peredaran darah pada hewan berbeda-beda. Coba kamu cari informasi mengenai organ peredaran darah hewan dan cara memeliharanya. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawab:

1. Nama Hewan = Ikan

Organ Peredaran Darah = Jantung dan Pembuluh Darah

Gangguan pada Organ Peredaran Darah = Amubiasis

Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah = Memberi makanan yg sehat untuk ikan.

2. Nama Hewan = Kucing

Organ Peredaran Darah = Jantung dan Pembuluh Darah

Gangguan pada Organ Peredaran Darah = Kolesterol karena menghambat peredaran FFSrah.

Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah = Memberi vaksin, rajin membersihkan kandang, dan memberi makanan yang sehat.

3. Nama Hewan = Burung

Organ Peredaran Darah = Jantung dan Pembuluh Darah

Gangguan pada Organ Peredaran Darah = Gangguan jantung, berdarah luka-luka kapiler darah mudah pecah.

Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah = Rutin menjaga kesehatan burung dengan memberi makanan yang sehat, rajin membersihkan kandang, serta memberi vaksin.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 106

Apa saja yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran ini? Apakah kamu sudah memahami semua yang kamu pelajari? Tuliskan pada kolom berikut?

Hasil renungan, ya saya sudah memahami semua yang dipelajari. Hari ini saya belajar tentang cerita bergambar dan cara memelihara organ peredaran darah pada hewan.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 101 104 105 106 Jawaban Subtema 3 Tentang Sehat itu Penting, https://pontianak.tribunnews.com/2020/11/05/kunci-jawaban-tema-4-kelas-5-sd-halaman-101-104-105-106-jawaban-subtema-3-tentang-sehat-itu-penting?page=all.

Editor: Syahroni

Tinggalkan komentar