in ,

KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 1 2 4

KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 6 SD
KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 6 SD

KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 1, 2, 4, 5, 7, 8, 9 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku

 

Kunci Jawaban Halaman 1

Ayo Amati

berbagai produk yang ada di sekitarmu! Produk tersebut bisa berupa pakaian yang kamu pakai, temanmu, dan gurumu kenakan, atau produk lain yang ada di sekitar kelas. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksi produk tersebut? Lengkapi tabel berikut!

Jawab:

1. Batik asal Indonesia

2. Boneka asal Tiongkok

3. Permadani asal Turki

4. Mobil asal Jepang

 

Kunci Jawaban Halaman 2

Globalisasi memungkinkan beragam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui berbagai makanan dari negara lain seperti pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain. Produk Indonesia juga bisa ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menjadikan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.

Diskusikan bersama teman tentang beragam hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang globalisasi.

Tuliskan pada kolom berikut!

Jawab:

Apa globalisasi itu?

Bagaimana dampak positif globalisasi?

Bagaimana dampak negative globalisasi?

Tukarkan pertanyaanmu dengan kelompok lain dan diskusikan jawabannya bersama-sama.

 

Kunci Jawaban Halaman 4

1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini?

2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?

3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut?

Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman dan tuliskan jawabannya

Jawab:

1. Bentuk Kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara, di antaranya Kerjasama pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN.

2. Dalam pertemuan ke 44 Menteri Luar Negeri ASEAN, Indonesia berperan sebagai tuan rumah.

Berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh.

Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo.

Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

3. Angklung membantu menciptakan iklim yang kondusif.

Para tamu undangan terlihat bahagia dan senang.

Sehingga pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan

bilateral berlangsung sukses.

Tugas Mandiri

Carilah informasi tentang berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial dan budaya yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara ASEAN.

Kamu bisa mencari informasi tersebut di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, atau artikel-artikel berita di media elektronik.

 

Kunci Jawaban Halaman 5

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi

Jawab:

Bidang Sosial

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusian kepada negara-negara yang dilanda bencana alam atau konflik.

Contohnya, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban topan haiyan di filipina.

Selain itu Indonesia juga memberikan bantuan untuk para pengungsi di Rakhine State di Myanmar.

Bidang Budaya

Indonesia turut berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Asean.

Misalnya, mengirim tim kesenian untuk mengikuti dan mempromosikan kesenian dan budaya Indonesia ke berbagai negara di dunia.

Mengundang seniman dari negara tetangga untuk mengadakan pentas seni di Indonesia.

Menyelenggarakan festival dan pekan film.

Mengadakan festival seni.

 

Ayo Membaca

Pembangkit Listrik Tenaga Air Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai Tahukah kamu? Listrik mempunyai peranan penting di era globalisasi. Bagaimana produksi listrik di era globalisasi ini? Ayo, kita diskusikan. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.

Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

 

Kunci Jawaban Halaman 7

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut.

Jawab:

tribunnews
Kunci Jawaban Halaman 7 Tema 4 Kelas 6 SD.(Damaruta.com)

Kamu telah memahami tentang proses menghasilkan energi listrik dengan komponen-komponen utama pada pembangkit tersebut.

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator/dinamo. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator/ dinamo.

Pada pusat pembangkit dari waduk-waduk besar, energi listrik yang dihasilkan juga sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan listrik warga di banyak wilayah.

Di daerah perdesaan yang belum terjangkau aliran listrik dari pemerintah, warga terkadang membuat pembangkit listrik secara mandiri dengan memanfaatkan aliran air dari sungai atau air terjun yang ada di daerahnya. Pembangkit tersebut tentunya menghasilkan energi listrik yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik warga sekitar saja. Pembangkit listrik tersebut dinamakan pembangkit listrik mikrohidro yang memanfaatkan sumber energi alternatif dari aliran air yang ada di lingkungan sekitar.

Amati gambar pembangkit tenaga listrik mikrohidro pada gambar.

 

Kunci Jawaban Halaman 8

Cermati kembali proses menghasilkan energi listrik pada teks sebelumnya. Tuliskan proses dihasilkannya energi listrik oleh pembangkit listrik mikrohidro.

Kamu dapat menambahkan gambar pada tulisanmu.

Jawab:

Air sungai yang mengalir dari hulu bukit dengan mengalir dan melewati kincir air.

Kemudian, energi potensial air menggerakan turbin atau dinamo.

Energi gerak tersebut, diubah menjadi e energi listrik oleh generator/ dinamo.

Sehingga, energi listrik dibagikan ke perumahan oleh saluran transmisi.

Pada pusat pembangkit dari waduk-waduk besar, energi listrik yang dihasilkan juga sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan listrik warga di banyak wilayah.

 

Kunci Jawaban Halaman 9

Kerja Sama dengan Orangtua

Amati benda-benda yang ada di sekitarmu (pakaian, barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan kendaraan). Apakah kamu menemukan produk-produk yang berasal dari lintas negara? Catat temuanmu pada tabel di bawah ini.

Jawab:

tribunnews
Kunci Jawaban Halaman 9 Tema 4 Kelas 6 SD.

 

Buatlah kesimpulan berdasarkan temuanmu sehubungan dengan globalisasi.

sumber: pontianak.tribunnews.com

Demikian tadi tentang KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 1, 2, 4, 5, 7, 8, 9 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. semoga bermanfaat.

Rekomendasi