Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 3 4 5 6 7 8 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 3 4 5 6 7 8 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

Berikut kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 pembelajaran 1 Subtema 1 halaman 3 4 5 6 7 8 yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 3

Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktivitas dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menyelesaikan soal-soal berikut ini.

Tuliskan keadaan cuaca berdasarkan gambar di bawah ini!

Tema 5 kelas 3 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 3
Tema 5 kelas 3 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 3 (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Jawaban:

Jika diurutkan dari atas:

1. Mendung

2. Cerah

3. Hujan

4. Cerah berawan

5. Berawan

***

Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 4

Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu.

Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan.

Di bawah ini adalah simbol-simbol cuaca. Amati baik-baik.

Amati cuaca selama lima hari. Lengkapi tabel di bawah ini. Gunakan simbol cuaca.

Jawaban:

Tergantung keadaan cuaca di sekitar tempat tinggal peserta didik.

Misal:

Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 4
Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 4 (Tribunnews.com/Arif Fajar Nasucha)

Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini yakni Cerah

***

Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 5

Tuliskan informasi yang kamu ketahui tentang keadaan cuaca sesuai dengan simbolnya.

Gunakan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.

Jawaban:

– Cerah

Cuaca cerah ini ditandai dengan matahari yang bersinar cerah, langit terang, awan yang ada di langit jumlahnya sangat sedikit, udara terasa hangat.

– Berawan

Sinar matahari sering tertutup oleh awan yang ada di langit.

Awan yang tebal menyebabkan langit menjadi agak gelap.

Cuaca berawan ini biasanya menandakan bahwa hujan akan turun di hari tersebut.

– Hujan

Cuaca hujan terjadi di mana terjadi jatuhnya titik-titik air ke permukaan bumi.

Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 6 7 8

Ayo Berlatih

A. Mengenal pecahan sederhana, Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam.

Perhatikan potongan kue A dan B di halaman 6.

Kue A

1. Satu dibagi 2 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.
3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2
atau seperdua.
4. Lambang pecahan seperdua adalah 1/2.
5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B
1. Satu dibagi 4 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.
3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4
atau seperempat.
Lambang pecahan seperempat adalah 1/4.
4. 1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.

Tulislah lambang pecahan untuk soal di bawah ini.

1. Berapa bagian pizza yang sudah dimakan Udin?

Jawaban:

1/4

2. Siti senang makan buah apel. Ia ingin membaginya pada Lani dan Dayu. Berapa bagiankah buah apel dipotong agar Siti, Lani, dan Dayu mendapat bagian yang sama?

Jawaban:

1/3

3. Ibu menyediakan satu roti panjang untuk sarapan pagi keluarga. Roti utuh ini dipotong menjadi 4. Setiap anggota keluarga akan mendapat berapa bagian roti?

Jawaban:

1/4

4. Saat udara panas, makan buah jeruk terasa menyegarkan. Beni ingin membagi jeruknya pada Edo. Dari satu buah jeruk, Beni dan Edo akan mendapat berapa bagian?

Jawaban:

1/2

5. Lani membawa kue bulan ke sekolah. Lani ingin membaginya untuk 4 orang. Satu bagian diberikan untuk Lani, Siti, Udin, dan Beni. Berapa bagian kue kah yang didapatkan setiap teman?

Jawaban:

1/4

6. Siti berulang tahun. Dia ingin berbagi martabak manis aneka rasa untuk teman-teman di kelas. Satu loyang martabak dipotong untuk 8 orang. Berapa bagian martabak untuk setiap orang?

Jawaban:

1/8

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 3 4 5 6 7 8 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1, https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/11/12/kunci-jawaban-tema-5-kelas-3-halaman-3-4-5-6-7-8-buku-tematik-subtema-1-pembelajaran-1?page=all.
Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Tiara Shelavie

Tinggalkan komentar