Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 SD Halaman 139 140 141 142 143

Tekape.id – Ini adalah Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 SD Halaman 139 140 141 142 143, lihat selengkapnya berikut ini ya

Buku Tematik kelas 3 SD Tema 5 revisi 2018 berjudul Cuaca.

Kemudian Subtema 3 Buku Tematik berjudul Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran di halaman 139 140 141 142 143.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut ini kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 SD halaman 139 140 141 142 143 Subtema 3: Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia.

Pembelajaran 3

Halaman 139

Ayo Berlatih

Perubahan cuaca tak hanya berpengaruh pada hasil panen. Akan tetapi, juga berpengaruh pada alat transportasi. Saat cuaca hujan, mobil, angkutan kota, bahkan bus akan melaju dengan pelan. Sore itu, Lani akan pergi ke rumah Opa. Ia berangkat naik bus bersama Mama. Perjalanan ditempuh seperempat hari. Cukup lama dan membuat Lani bosan. Lani menulis soal-soal pecahan. Ini dilakukan untuk mengusir rasa bosannya. Apakah kamu dapat memecahkan soal-soal pecahan buatan Lani?

Yuk, kita coba selesaikan bersama!

1. Di dalam bus, Lani membuka bekal makanannya. Lani membawa kue lapis yang sudah dipotong menjadi 10 bagian sama besar. Lani makan 3 potong kue. Mama makan 2 potong kue. Berapa bagian kue yang dimakan Lani dan Mama?

Jawaban:

139 1

Halaman 140

2. Lani membawa bekal buah apel. Satu buah apel dipotong menjadi 8 bagian. Lani makan 4 bagian. Papa makan 2 bagian. Berapa bagian buah apel yang dimakan Lani dan Papa?

Jawaban:

140 2

3. Sebelum berangkat, Mama menggoreng pempek lenjer. Satu lenjer dipotong menjadi 6 bagian. Lani makan 2 potong. Mama juga makan 2 potong. Berapa potong pempek lenjer tersisa untuk Papa?

Jawaban:

140 3

4. Saat haus, Lani minum air putih dari sebuah botol air mineral. Lani baru meminum seperempat air dalam botol. Mama pun minum seperempat air dalam botol. Berapa banyak air yang telah diminum oleh Lani dan Mama?

Jawaban:

140 4

Halaman 141

Ayo Membaca

Cerita Opa

Lani tiba di rumah Opa dengan perasaan senang. Opa pandai bercerita. Berbagai kisah Opa ceritakan. Lebih sering pengalaman Opa saat muda dulu. Kali ini, Opa bercerita pengalamannya naik pesawat saat hujan.Saat itu, Opa diajak berlibur oleh mama dan papanya. Mereka naik pesawat. Opa senang sekali terbang di udara. Melihat pemandangan di bawah yang sangat indah.Tiba-tiba, Opa merasakan guncangan. Pramugari mengumumkan cuaca mulai hujan. Suara petir terdengar menggelegar. Awan putih berganti kelabu. Bersyukur, tak lama kemudian cuaca mulai berubah. Ketika masuk wilayah yang dituju, cuaca cerah. Matahari terlihat bersinar. Pesawat pun dapat mendarat dengan aman di bandara.

Halaman 142

Ayo mengamati

Carilah kata-kata di bawah ini!

Jawaban:

142

Berapa kata yang dapat kamu temukan?

Jawaban: 10

Halaman 143

Ayo Bercerita

Lani ikut lega mendengar akhir cerita Opa. Ia juga berharap dapat merasakan naik pesawat. Akan tetapi, bukan pada saat hujan. Apakah kamu sudah pernah naik pesawat pada saat hujan? Atau terjadi hujan saat naik kendaraan lain? Ceritakan pengalamanmu di depan kelas. Berceritalah dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Jawaban:

Aku belum pernah naik pesawat saat hujan. Tetapi aku pernah naik kereta bersama Ibu saat hujan. Pada hari Minggu, aku ikut Ibu pergi ke rumah Bibi yang ada si Solo. Saat menunggu kereta datang, langit sudah mulai mendung. Aku sangat senang saat kereta sudah datang. Aku masuk kereta dan langsung duduk dekat jendela.

Tak lama kemudian hujan datang dengan sangat deras. Aku takut karena ada suara petir menggelegar. Lalu Ibu menggenggam tanganku agar tidak ketakutan lagi.

Sampai di tempat tujuan, syukurlah hanya gerimis kecil. Aku dan Ibu memakai payung agar tidak basah.

*)Disclaimer:

Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Sumber Buku: Kusmawati, Yun dkk. 2013. Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 5 Pengalamanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber: tribunnews.com

Tinggalkan komentar