Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 53 54 55 56 57 58 & 59

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 53 54 55 56 57 58 & 59 Buku Tematik SD Subtema 2 Pembelajaran 1

Berikut kunci jawaban tema 5 kelas 4 SD / MI Subtema 2 Pembelajaran 1 halaman 54, 55, 57, 58, 59:

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 54 – 55

Ayo Membaca

Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin ialah raja dari Kerajaan Islam GowaTallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda, ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda. Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih. Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Ia berhadapan dengan Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda.

Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri. Sultan Hasanuddin mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan Bugis harus segera dihentikan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di sekitar kerajaannya untuk melawan Belanda.

Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas di Makassar, Sulawesi Selatan. Pemerintah bahkan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin.

Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman raja-raja Gowa di Sulawesi Selatan.

Kompleks pemakaman raja-raja merupakan peninggalan sejarah yang perlu dijaga kelestariannya. Kompleks pemakaman ini pun dijadikan objek pembelajaran sejarah bagi bangsa Indonesia.

Berdasarkan bacaan di atas, isilah tabel berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang Sultan Hasannudin?

Jawaban: Sultan Hasanuddin adalah pahlawan dan dia adalah raja dari kerajaan Gowayang ada di Sulawesi Selatan.

Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang Sultan Hasannudin?

Jawaban: Yang ingin saya ketahui dari Sultan Hasanudin adalah perjuangan beliau dalam melawan kesewenang-wenangan Belanda.

Diskusikanlah hasil pekerjaanmu dengan temanmu. Berdasarkan hasil diskusimu, informasi apa saja yang didapatkan tentang Sultan Hasanuddin?

Kamu juga dapat menambah informasi tentang Sultan Hasanuddin dengan bertanya kepada gurumu. Tulislah informasi lengkap tentang Sultan Hasanuddin berdasarkan informasi yang kamu peroleh dan sumber lain.

Jawaban:

Sultan Hasanuddin adalah salah satu Pahlawan Nasional. Ia merupakan raja ke-16 dari Kerajaan Gowa. Sultan Hasanuddin terkenal dengan keberaniannya dalam melawan usaha monopoli VOC.

Berikut biodatanya:

– Nama Asli: I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape

– Tanggal Lahir :12 Januari 1631, Gowa

– Meninggal :12 Juni 1670, Gowa

Sultan Hasanuddin memiliki julukan “Ayamn Jantan/Jago dari Timur” karena berani melawan Belanda yang di saat itu sedang melakukan perdagangan monopoli oleh VOC (Belanda).

Di awal perjuangannya, ia dan Kerajaan Gowa menentang dengan sangat keras terkait hak monopoli. Mereka berpikir bahwa kekayaan bumi ini digunakan untuk bersama-sama, buka untuk dimonopoli. Oleh karena itu, Gowa berusaha sangat keras untuk melawan Belanda.

Pertempuran mulai terjadi di mana-mana, termasuk Makassar. Tiada ampun, Gowa terus mencoba menyerang Belanda. Di pertempuran ini pun ada saja dilakukan perjanjian, namun selalu dikhianati oleh Belanda dan merugikan pihak Gowa.

Hingga akhirnya pada tanggal 18 November 1667, mereka mengadakan perjanjian Bungaya dan Sultan Hasanuddin pun bersedia menandatangani karena keadaan yang sudah mendesak.

Namun, perjanjian ini dilanggar oleh pihak Belanda yang merugikan pihak Gowa. Sehingga terjadi lagi perang pada 12 April 1668. Sayangnya, kerajaan Gowa mengalami kekalahan karena Belanda berhasil memasuki benteng terkuat dari Kerajaan Gowa.

Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang keberanian dan kegigihan dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.

Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.

Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban:

Kemerdekaan Indonesia ditebus oleh pengorbanan para pahlawan bangsa. Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk menghargai jasa para pahlawan dengan cara sebagai berikut:

– Dengan penganugerahan gelar pahlawan nasional.

– Mengabadikan nama para pahlawan sebagai nama jalan, gedung, dan sebagainya.

– Membangun tugu peringatan, monumen, atau patung untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.

– Memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan bangsa.

– Berziarah ke Taman Makam Pahlawan.

– Pada waktu upacara mengikuti dengan khidmat.

– Ikut mendoakan arwah para pahlawan.

– Melanjutkan perjuangan sesuai dengan kondisi sekarang.

– Turut menjaga bentuk peninggalan sejarahnya.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 57 – 58

Percobaan

Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cerimin

Langkah-langkah Percoban

1. Duduk bersama kelompokmu.

2. Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu.

3. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari.

4. Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak tiga kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).

5. Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.

6. Setiap anggota kelompok berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.

7. Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati.

8. Buat laporan tentang sifat cahaya di akhir kegiatan. Buatlah laporan dari percobaanmu.

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan: Percobaan Pemantulan Cahaya

Tujuan Percobaan: Membuktikan sifat cahaya dapat dipantulkan.

Alat-Alat: Cermin, alat tulis, buku.

Langkah Kerja:

– Duduk bersama kelompokmu.

– Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu.

– Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari.

– Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).

– Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.

– Berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.

– Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati.

Kesimpulan: Dari hasil percobaan membuktikan bahwa salah satu sifat cahaya yaitu dapat dipantulkan dapat dibuktikan dengan kegiatan berkomunikasi menggunakan cahaya.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 59

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 53 54 55 56 57 58 & 59 Buku Tematik SD Subtema 2 Pembelajaran 1, https://pontianak.tribunnews.com/2020/11/19/kunci-jawaban-tema-5-kelas-4-halaman-53-54-55-56-57-58-59-buku-tematik-sd-subtema-2-pembelajaran-1?page=all.

Editor: Wahidin

Tinggalkan komentar