KUNCI Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 103 104 105

KUNCI Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 103 104 105 Tema Ekosistem Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci jawaban ini sebagai pedoman saat belajar dan bagi orang tua sebagai bahan mengoreksi hasil belajar anak.

Pada Tema 5 ini memiliki judul Ekosistem dengan Subtema 2 berjudul Hubungan Antar Mahkhluk Hidup dalam Ekosistem.

Memiliki sejumlah pertanyaan dari halaman halaman 103, 104 dan 105 dari buku tematik Kelas 5 SD/MI Buku Edisi Revisi 2017 pada Pembelajaran 1.

Untuk kunci jawaban ini merupakan kelanjutkan dari rangkuman yang ditayangkan sebelumnya di Tribunpontianak.co.id.

embelajaran adik-adik sudah menyiapkan buku paket serta alat tulisnya, serta membaca dan memahami seluruh isi materi agar dapat menjawab semua soal sendiri.

Kunci jawaban ini hanya sebagai pedoman semata dalam belajar. Lebih diperuntukkan kepada orang tua dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Rangkuman kunci jawaban ini dikutip dari beberapa sumber diantaranya dari koesrow.blogspot.com

Subtema 3 Pembelajaran 1 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 100, 101, 102, 103, 104,105.

Berikut kunci jawaban dari tema 5 kelas 5 SD subtema 3 pembelajaran 1:

Ayo Membaca

Pada halaman 101-102 ini diminta untuk membaca naskah tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapatkan energi dari matahari. Hewan mendapatkan energi dari tumbuhan atau hewan lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun mampu membuat makanan sendiri. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut produsen. Banyak jenis makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka mendapatkan energi dari makanan yang mereka makan. Makhluk hidup yang memakan makanan tanpa bisa membuat sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang memakan hewan sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen yang memakan baik tumbuhan maupun hewan, yang dinamakan omnivor.

tribunnews

Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai makanan. Rantai makanan adalah hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu lalu menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa adalah semua hewan yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator adalah konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan.

tribunnews

Di dalam sebuah ekosistem, terdapat hubungan antara beberapa rantai makanan yang terjadi. Satu jenis hewan dapat terlibat dalam beberapa rantai makanan, demikian juga dengan produsen. Kumpulan dari berberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan. Di dalam jaring-jaring makanan, jumlah hewan yang terlibat makin banyak dan energi yang mengalir juga makin kompleks. Pada jaring-jaring makanan, dimungkinkan terjadi persaingan antarmakhluk hidup, baik di dalam rantai makanan, maupun di dalam jaring-jaring makanan. Setiap komponen yang ada dalam jaring-jaring makanan saling memengaruhi satu dengan yang lain. (Sumber: Scott Foresman. Science. 2009; IPA. Choirulamin. 2010)

Ayo Berlatih

Wakutnya mengerjakan beberapa tugas yang disajikan berdasarkan bacaan di atas.

=== Kunci Jawaban Halaman 103 ===

Mencari Arti Kosakata Baru

1. Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari bacaan di atas.

2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.

3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.

Jawabalah sesuai pengetahuan apa yang didapat berdasarkan naskah yang ada pada teks diatas.

Membuat peta pokok pikiran

tribunnews

sumber foto dari koesrow.blogspot.com

Berikut merupakan peta pokok pikiran dari teks rantai dan jaring makanan.

Ayo Berlatih

Kembali menjawab soal-soal

=== Kunci Jawaban Halaman 105 ===

1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?

Jawaban : Pada teks disebut Jaring-jaring makanan yaitu hubungan dari beberapa siklus rantai makanan pada suatu ekosistem.

2. Apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem?

Jawaban : Setiap makhluk hidup akan saling membutuhkan sehingga diperlukan interaksi antar spesies makhluk hidup dengan lainnya dalam berbagai hal termasuk untuk kebutuhan rantai makanan pada suatu ekosistem.

3. Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?

Jawaban : Pada Makhluk hidup yang terlibat dalam rantai makanan lebih sedikit dibanding jaring-jaring makanan. Aliran energi pada rantai makanan terjadi dalam satu arah, sedangkan aliran energi pada jaring-jaring makanan terjadi dalam arah yang lebih kompleks atau disebut juga sebagai pemangsa dan yang dimangsa.

Demikianlah kunci jawaban yang dapat dirangkum.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 103 104 105 Tema Ekosistem Subtema 2 Pembelajaran 1, https://pontianak.tribunnews.com/2020/11/17/kunci-jawaban-tema-5-kelas-5-halaman-103-104-105-tema-ekosistem-subtema-2-pembelajaran-1?page=all.
Penulis: Madrosid
Editor: Madrosid

Tinggalkan komentar