Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 103, 104, 106

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 103, 104, 106 – Berikut kami sajikan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD atau MI buku tematik Subtema 2 Pembelajaran 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 halaman 103, 104, dan 106.

Dalam Tema 6, kunci jawaban buku tematik mengusung Cita-citaku.

Kemudian, Subtema 2 mengusung judul Hebatnya Cita-Citaku.

Berikut kami sajikan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD atau MI buku tematik Subtema 2 Pembelajaran 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 halaman 103, 104, dan 106.

Satu di antaranya siswa akan belajar tentang Hebatnya Cita-Citaku.

Tahukah kamu?

Pernahkah kamu melihat buku-buku cerita? Apakah buku cerita kesukaanmu? Apakah kamu juga punya penulis cerita kesayanganmu? Tahukah kamu apa yang dilakukan para penulis cerita atau sastra Indonesia?

Salah satunya adalah Clara Ng (bernama lengkap Clara Regina Juana, lahir 28 Juli 1973; umur 47 tahun, nama terakhir diucapkan adalah penulis Indonesia yang dikenal sebagai penulis fiksi dewasa dan buku anak

Buku-buku cerita seperti Kapan Hujan Berhenti, Ambilkan Bulan Yah, Aku Bisa Terbang merupakan beberapa karya penulis cerita anak Indonesia yang bernama Clara Ng.

Beliau telah menulis berbagai macam buku cerita anak yang sangat menarik. Tahukah kamu tentang penulispenulis cerita anak lainnya?

Kunci Jawaban Halaman 103

Ayo Berdiskusi

Penulis cerita anak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran mereka.

Tahukah kamu peran lain seorang penulis cerita anak yang kamu ketahui?
Jawaban:
Dapat mengetahui berbagai kisah yang dapat kita jadikan teladan

Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?
Jawaban:
Membaca buku cerita dapat digunakan sebagai hiburan

Apakah manfaat membaca untukmu?
Jawaban:
Membaca dapat menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan.

Seorang penulis cerita anak merupakan salah satu pekerja seni sastra. Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama.

Puisi juga merupakan salah satu contoh karya sastra. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan sering kali mempunyai makna yang dalam. Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.

Kunci Jawaban Halaman 104

Ayo Mencoba

Menjelaskan Makna Puisi

Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut.
1. Bayangkan cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan bagaimana cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu.

2. Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki.

3. Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh.

4. Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir serupa.

5. Tuliskan puisimu di dalam buku catatanmu.

6. Bacakan puisimu kepada teman sebangkumu.

7. Tukarkan puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu.

8. Cobalah untuk menuliskan makna puisi puisi temanmu di dalam sebuah paragraf. Tuliskan makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan.

9. Bacakan makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah.

Jawaban:

Cita-citaku Menjadi Dokter
Pengarang : Siti

Kuiringi langkahku dengan harapan
Semangat membara gapai tujuan
Demi cita-cita yang kuinginkan
Meski penuh cobaan dan tantangan

Seragam putih menebar senyuman
Pengabdian menjadi satu tujuan
Cekatan juga penuh kesabaran
Dipercaya dan penuh pengabdian

Penolong nyawa banyak orang
Yang sedang dalam kesusahan
Aku ingin seperti dia di masa datang
Jadi dokter untuk yang membutuhkan

Isi atau makna puisi:

Setiap hari aku berangkat sekolah dengan bersemangat untuk meraih cita-citaku meskipun banyak cobaan dan rintangan. Mengenakan seragam putih untuk mengabdi, cekatan, sabar, dipercaya, dan penuh pengabdian. Menolong orang yang sakit dan mereka yang sedang kesusahan. Aku ingin menjadi dokter untuk mereka yang membutuhkan di masa yang akan datang.

Kunci Jawaban Halaman 106

Ayo Berlatih

Indonesia memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda sesuai suku yang ada. Bahasa merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Dalam puisi, bahasa merupakan hal yang penting digunakan untuk menyampaikan pesan secara lisan dan tulisan.

Pernahkah kamu berkunjung ke tempat wisata yang berada di daerah lain di Indonesia? Mereka tentu memiliki keunikan yang membedakan dengan daerah lainnya. Salah satu yang membedakan antara satu daerah dengan daerah lainnya adalah bahasa daerah dan makanan khasnya.

Perhatikan gambar-gambar di atas! Makanan khas daerah kini menjadi hal yang paling diburu oleh para wisatawan lokal. Makanan khas daerah tentu saja dinamai dengan bahasa daerah setempat.

Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu!
1. Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Kali ini, kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.

2. Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton dengan ukuran yang sama.

3. Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.

4. Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.

5. Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna yang sama dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara. Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.

6. Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.

7. Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.

8. Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

Jawaban:

Ayo Renungkan

Puisi manakah yang paling kamu sukai?

Mengapa?

Nilai-nilai apakah yang kamu pelajari hari ini?

Bagaimana peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa?

Jelaskan pendapatmu!

Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

Demikian Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD atau MI buku tematik Subtema 2 Pembelajaran 5 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 halaman 103, 104, dan 106. (*)

Sumber: lampung.tribunnews.com

Tinggalkan komentar