in

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 3 Halaman 172 173 174 175 176 177 178 179 181

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 3 Halaman 172 173 174 175 176 177 178 179 181

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 3 SD  Subtema 4 Pembelajaran 2  halaman 172, 173, 174, 175, 176, 177, 178, 179, 180, dan 181 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 172

Ayo Membaca

Menjadi Petugas Penerima Tamu

Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara.

Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu.

Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara.

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu.

Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan.

Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah.

Beni menjelaskan bagian barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas.

Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka.

Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.

>>> Halaman 174

Ayo Berlatih

Berikut ini denah yang digunakan Udin dan teman-teman.
Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan dan gambar denah yang diberikan!

Denah

1. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Udin dan Lani?

2. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Edo dan Dayu?

3. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Siti?

4. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Beni?

5. Siapakah yang paling banyak bertugas menjelaskan? Bagaimana cara kamu mengetahuinya?

Jawaban :

1. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah, yaitu gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa

2. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah, yaitu lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah

3. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah, yaitu ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3

4. Beni bertugas menjelaskan bagian barat sekolah, yaitu ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan

5. Siti yang paling banyak bertugas menjelaskan

Nama siswa : Udin dan Lani

Bagian yang dijelaskan : 2 bagian (gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa)

Nama Siswa : Edo dan Dayu
Bagian yang dijelaskan : 3 bagian (lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah)

Nama Siswa : Siti
Bagian yang dijelaskan : 3 bagian (ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3)

Nama Siswa : Beni
Bagian yang dijelaskan : 2 bagian (ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan)

Ayo Menulis

Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!
Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.

Contoh:

Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.
Cobalah menemukan pikiran pokok dari bacaan “Menjadi Petugas Penerima Tamu”

>>> Halaman 175 – 176

Tuliskan pada tabel berikut ini!

Pikiran pokok pada paragraf pertama adalah

Jawaban :
SD Nusantara kedatangan tamu.

Pikiran pokok pada paragraf kedua adalah

Jawaban :
Udin dan teman-teman berbagi tugas.

Pikiran pokok pada paragraf ketiga adalah

Jawaban :
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik.

Pikiran pokok pada paragraf keempat adalah

Jawaban :
Para juri memberikan pujian.

Cobalah menuliskan gabungan pikiran pokok dari semua paragraf secara berurut.

Jawaban :
SD Nusantara kedatangan tamu. Udin dan teman-teman berbagi tugas. Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian.

Apa yang kamu temukan dari tulisan tersebut?

Kamu akan menemukan rangkaian kalimat yang saling berhubungan. Kalimat tersebut akan
membentuk sebuah cerita yang lengkap. Untuk menulis sebuah cerita, mulailah dengan menuliskan pikiran pokok. Lalu, kembangkan cerita dari setiap pikiran pokok yang telah ditentukan.

Ayo Mengamati

Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu.
Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.
Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat.

>>> Halaman 178

Ayo Berlatih

Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan ini menunjukkan sikap pengamalan Pancasila.
Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan!
Tuliskan bunyi dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!

 bunyi dan lambang dari sila Pancasila www.simplenews.me

Jawaban :

Pancasila merupakan dasar negara bagi bangsa Indonesia. “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta, kata Panca yang mempunyai arti “Lima” dan Sila yang berarti “Dasar“. Secara harfiah Pancasila adalah lima dasar. Pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan sebuah dasar negara bangsa Indonesia.
Pembahasan

1. Ketuhanan Yang Maha Esa = Bintang

Pernyataan : Mengerjakan semua tugas dengan bertanggung jawab
Kenapa bintang? Karena simbol bintang ini merupakan simbol kesucian dan kesakralan.

2.  Kemanusiaan yang adil dan beradab = Rantai emas

Pernyataan : Membagi tugas dengan rata dan sesuai dengan keahlian.
Simbol ini memiliki makna bahwa kehidupan manusia yang turun temurun dan adanya saling keterkaitan antara manusia.

3. Persatuan Indonesia = Pohon beringin

Pernyataan : Bekerja sama mengerjakan tugas.
Simbol ini di jadikan simbol kekuatan dan perlindungan sesuai jiwa sila ketiga Pancasila.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan = Kepala banteng

Pernyataan : Berdiskusi menentukan program.
Simbol ini di gunakan sebagai simbol kebesaran. Pada masa perjuangan melawan penjajah pun simbol ini telah di gunakan untuk meningkatkan semangat juang untuk mencapai kemerdekaan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Ind dan kapas

Pernyataan : Memberi kesempatan semua berpendapat.
Padi melambangkan kondisi kecukupan makanan dan kapas melambangkan kondisi kecukupan pakaian. Simbol ini bermakna sebagai perwujudan bangsa Indonesia untuk mencapai kehiduan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Ayo Bercerita

Manakah dari contoh sikap tersebut yang pernah kamu lakukan?
Ceritakan kepada teman-temanmu!

Jawaban:

Saya pernah diberi tugas kelompok dari guru, kelompok saya Bekerja sama mengerjakan tugas hingga selesai dan dapat nilai yang baik. alhamdlillah

Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam. Sila ketiga berpesan agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia.
Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah.

Ayo Mencoba

Melalui kerja sama kita juga dapat memenangkan sebuah perlombaan.
Cobalah mempraktikkan kerja sama dalam permainan berikut ini!

Nama permainan berikut ini lompat tali. Permainan ini harus dilakukan secara berkelompok. Ada yang bertugas memegang tali. Ada juga yang bertugas menjadi pemain.

Ikuti tahapan permainan berikut ini!

Bermain Lompat Tali

1. Tentukan dua pemain untuk memegang tali.
2. Pemain berdiri di dekat tali.
3. Ayunlah tali sambil diputar melewati badan pemain.
4. Pemain mengangkat kedua kaki secara bersamaan saat posisi tali berada di bawah.
5. Meloncatlah dengan benar dan upayakan tali
6. Tali mengenai kaki pemain berarti tiba saatnya berganti peran.

Pemain lompat tali akan berganti tugas menjadi pemegang tali. Petugas pemegang tali akan berganti menjadi pemainlompat tali.

Semua pemain harus bekerja sama dalam permainan tersebut. Kerja sama yang baik membuat permainan menjadi lebih menyenangkan. Kerja sama yang baik juga membuat permainan lebih aman dan nyaman.

Begitupun rakyat Indonesia juga harus bekerja sama. Bekerja sama untuk membangun Indonesia agar menjadi negara besar. Bersamasama menghadapi tantangan. Bersama-sama menghadapi gangguan yang menghalangi tercapainya cita-cita.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id 

Rekomendasi

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 3 Halaman 188 189 190 191 192 193 194 195 196

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 3 Halaman 151 152 153 154 155 156 157 158 159