KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 111 112 113 114 115 116 119 120 121

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 111 112 113 114 115 116 119 120 121

Pada buku tematik Tema 8 Kelas 4 terdapat 3 subtema diantaranya Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku, Subtema 2: Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku dan Subtema 3 : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Selengkapnya soal juga terdapat pada subtema 2 Pembelajaran 6 dalam Tema 8  kelas 4 tentang Lingkungan Tempat Tinggalku.

Kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 4 Subtema 2  pembelajaran 6 halaman 111, 112, 113, 114, 115 , 116 , 117 , 118, 119, 120, dan 121 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 111

***Ayo Mengamati***

Gambar di atas menunjukkan peta daerah Papua. Apa keunikan daerah Papua menurutmu? Tuliskan pada tempat di bawah ini.

Jawaban :
1.Papua memiliki salju abadi, tidak pernah mencair.
2. Lukisan misterius di gua kontilola
3. Papua memiliki danau tertinggi.
4. Papua memiliki pasir putih di atas bukit.
5. Kuliner khas Papua yang super unik.

Papua memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu burung cenderawasih.

Pernahkah kamu membaca cerita rakyat Papua tentang burung cenderawasih?
Bacalah bacaan berikut.

>>> Halaman 112 – 113

***Ayo Membaca***

Asal Usul Burung Cenderawasih

Asal Usul Burung Cenderawasih www.simplenews.me

Di suatu daerah di Papua tinggal seorang anak laki-laki bernama Kweiya. Kweiya tinggal bersama ibu dan adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya. Mereka menjebak Kweiya sehingga dia tersesat di hutan.

Kweiya yang tersesat di hutan mencoba untuk bertahan hidup. Dia membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit binatang hasil buruannya dia pintal menjadi benang. Kweiya berencana untuk membuat sayap dari benang pintalannya.

Setelah Kweiya pergi, ibunya sangat sedih. Adik-adik Kweiya berbohong bahwa Kweiya pergi karena tidak mau tinggal bersama mereka lagi. Ibu Kweiya tidak percaya. Ibu Kweiya berusaha mencari tahu kebenarannya. Adik bungsu Kweiya yang jujur memberitahu ibu kebenarannya. ”Bu, kak Kweiya tidak meninggalkan kita. Dia dijebak oleh kakak-kakak sehingga tersesat di hutan.” Jelas adik bungsu Kweiya.

”Benarkah yang kau katakan itu anakku? Kalau begitu ibu harus mencari Kweiya,” sahut ibu Kweiya.

Ibu Kweiya segera pergi ke hutan. Dia berjalan tanpa kenal lelah sambut terus memanggil-manggil Kweiya sekuat tenaga. Tidak ada sahutan. Sampai akhirnya ibu Kweiya melihat seekor burung muncul dari pepohonan. Eee… eee… eee…. Begitu suara burung yang muncul di hadapan ibu Kweiya. Ibu Kweiya terkejut, ternyata burung itu adalah Kweiya yang menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Kweiya telah berubah wujud menjadi seekor burung yang indah.

Ibu Kweiya mengikuti Kweiya dan mengambil sejumput pintalan benang. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya seperti yang telah dilakukan Kweiya. Dalam sekejap, ibu Kweiya berubah menjadi seekor burung. Dia segera terbang bersama Kweiya. Adik-adik tiri Kweiya ternyata menyaksikan ibunya dan Kweiya yang telah berubah menjadi burung. Mereka menyesali perbuatan jahatnya. Namun, penyesalan itu telah terlambat. Kweiya dan ibunya telah berubah menjadi burung yang kini dikenal sebaga burung cendrawasi.
Disadur dari:Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2016.

>>> Halaman 114

***Ayo Berdiskusi***

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Diskusikan mengenai cerita fiksi di depan. Apa isi dari cerita fiksi di depan? Tuliskan hasil diskusi kelompok mu pada tempat di bawah.

Jawaban :

Isi dari cerita di atas adalah kisah seorang Ibu, kweiya dan saudara tirinya yang jahat. Saudara tiri kweiya tidak menyukai dirinya dan menjebaknya sehingga kweiya tersesat dihutan dan berpisah dengan ibunya.

***Ayo Berlatih***

Masih bersama kelompokmu pada kegiatan sebelumnya, carilah cerita fiksi selain yang ada dalam buku ini. Kemudian, bacalah cerita fiksi yang telah kamu temukan. Tuliskan judul, isi, beserta tokoh-tokoh yang ada dari cerita fiksi tersebut. Tuliskan pada tempat berikut.

Jawaban :
Judul : Roro Jonggrang
Isi :
Sinopsis cerita Roro Jonggrang ini menceritakan tentang Bandung Bondowoso yg ingin menikahi roro jongrang tetapi roro jonggrang meminta syarat, syaratnya ia harus membuat 1000 candi utknya,kemudian bondowoso pun menyetujuinya ia membuat 1000 candi dalam 1 malam dengan bantuan jin.kemudian roro jonggrang membuat rencana agar jin itu menyangka bahwa pagi telah datang,akhirnya jin2 itu menghentikn membuat candinya sehingga candi trsb menjadi 999 candi itu kurang satu kemudian bindowoso mengutuk roro jonggrang mjd candi akhirnya genap 1000 candi.
Tokoh-tokoh yang ada di cerita Roro Jonggrang  adalah Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso, Raja Prambanan, Raja Pengging

Unsur apalagi yang menjadikan Papua daerah unik? Ya, Papua memiliki kesenian yang terkenal di seluruh daerah di Indonesia berupa tarian dan lagu daerah  yaitu tari Perang dan lagu Apuse.

>>> Halaman 115 – 119

Lirik lagu Apuse dan Papua.
Lirik lagu Apuse dan Papua. (Buku Tematik terpadu kurikulum 2013)

Apalagi yang menjadikan Papua daerah unik? Ya, Papua memiliki kesenian yang terkenal di seluruh daerah di Indonesia berupa tarian dan lagu daerah yaitu ada tari Perang dan ada lagu Apuse.

Lagu Apuse di atas dapat digunakan untuk mengiringi gerak-gerak tari kreasi. Ayo mencoba melakukan gerak tari dengan iringan lagu Apuse.

Gerak 1a : Kepala menengok ke kanan bersamaan dengan kaki kanan melangkah ke samping kanan. kedua pergelangan tangan di tekuk ke atas.

Gerak 1b : Kepala menengok ke kiri bersamaan dengan kaki kiri merapat di samping kaki kanan. kedua pergelangan tangan ditekuk ke atas.

Dilakukan sampai membentuk lingkaran. Syair lagu: Wuf lenso baninema bakibase

Gerak 3a : Kedua telapak tangan ditepukkan ke samping kanan dan kiri paha.

Gerak 3b : Tangan kanan diluruskan ke depan, tangan kiri diluruskan ke belakang.
Badan dan pandangan ke arah samping kiri.

Kedua telapak tangan ditepukkan ke samping kanan dan kiri paha.

Tangan kiri diluruskan ke depan, tangan kanan diluruskan ke belakang. Badan dan pandangan ke arah samping kanan.

Syair lagu : Apuse kokondao Yarabe Sorendoreri

Berjalan Berputar ke kiri : dilakukan sampai membentuk lingkaran. Syair lagu : Wuf lenso baninema bakipase.

Berjalan berputar ke kanan secara lambat. Dilakukan sampai membentuk lingkaran. Syair lagu : Arafabye aswara.

>>> Halaman 120

***Ayo Mencoba***

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak, tiga anak memperagakan gerak tari dan dua anak bernyanyi lagu Apuse. Peragakan satu per satu gerak tari pada gambar di depan. Kemudian, padukan dengan syair lagu Apuse. Berlatihlah sampai gerak dan iringan lagu sesuai. Setelah kelompokmu menguasai gerak tari diiringi lagu Apuse, tampilkan di depan kelas.

***Ayo Renungkan***

Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Bagaimana perasaanmu saat melakukan kegiatan secara kelompok?

Jawaban :

Yang sudah saya pelajaraipada hari ini adalah mengenal keunikan daerah Papua, membasa dan menentukan isi dari cerita Asal Usul Burung Cenderawasih, memperagakan gerak tari yang diiringi lagu apuse
Perasaan saya senang saat melakukan kegiatan secara kelompok.

>>> Halaman 121

***Kerja Sama dengan Orang Tua***

Bertanyalah kepada orang tua dan anggota keluargamu yang lain misalnya kakak, adik, kakek, dan nenek nama-nama tari daerah dan cerita rakyat yang dikenal. Tuliskan nama tari dan cerita rakyat yang dikenal oleh setiap anggota keluargamu.

 nama tari dan cerita rakyat www.simplenews.me

Jawaban :
Ayah
Nama tarian daerah yang dikenal : Tari Piring dari Sumatera Barat
Judul cerita rakyat yang dikenal : Lutung Kasarung

Ibu
Nama tarian daerah yang dikenal : Tari Jaipong dari Jawa Barat
Judul cerita rakyat yang dikenal : Sangkuriang

Kakak
Nama tarian daerah yang dikenal : Tari Kipas dari Sulawesi selatan
Judul cerita rakyat yang dikenal : Roro Jonggrang

Adik
Nama tarian daerah yang dikenal : Tari Barong Dari Bali
Judul cerita rakyat yang dikenal : Timun Emas

Kakek
Nama tarian daerah yang dikenal : Taro Tor-Tordari Sumatera Utara
Judul cerita rakyat yang dikenal : Ande-Ande Lumut

Nenek
Nama tarian daerah yang dikenal : Tari Saman dari Aceh
Judul cerita rakyat yang dikenal : Malin Kundang

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 111 112 113 114 115 116 119 120 121 Subtema 2 Pembelajaran 6, https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/25/kunci-jawaban-tema-8-kelas-4-halaman-111-112-113-114-115-116-119-120-121-subtema-2-pembelajaran-6?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari